6 Obat Asam Urat Tradisional Yang Terbukti Ampuh

Atasi Asam Urat Dengan Bahan Alami

Banyak gejala yang ditimbulkan oleh asam urat atau biasa di kenal dengan encok. Salah satu yang paling umumnya ialah radang sendi asam urat atau gout arthritis. 

Biasanya seseorang yang mengalami penyakit asam urat akan mengalami sakit yang luar biasa pada sendinya. Seperti sendi di lutut, sendi pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku dan tulang belakang. Tak jarang bagi penderita asam urat juga mengalami pembengkakan dan sendi yang berubah menjadi warna kemerahan akibat peradangan.

Saat ini, sudah banyak obat alami atau tradisional yang terbukti ampuh untuk mencegah dan mengatasi asam urat pada tubuh. Agar kamu tidak bingung dan salah pilih obat, berikut aneka obat tradisional untuk asam urat yang telah Trendingnesia rangkum untuk kalian.

Aneka Obat Tradisional Untuk Asam Urat\

6. Jahe

Jahe
Jahe bubuk dan batangan ( Sumber: Pixabay/Ajale )

Jahe merupakan rempah sekaligus obat tradisional yang kaya akan khasiat nya untuk tubuh manusia salah satu nya dipercaya dapat menyembuhkan asam urat.

Berdasarkan studi dalam jurnlan Annals of Biological Research yang mengatakan bahwa, jahe memiliki sifat anti peradangan yang terbukti efektif untuk mengurangi gejala asam urat.

Gingerols dan Shogaol, salah satu zat anti peradangan yang terdapat pada jahe dan terbukti ampuh untuk mengatasi gejala asam urat kamu.

5. Jus Lemon

Jus Lemon Segar
Segelas jus lemon ( Sumber: Pexels/PhotoMIX Ltd. )

Tidak hanya rasanya yang segar dan menyehatkan, ternyata Jus Lemon juga terbukti ampuh untuk mengatasi asam urat loh!. Jus lemon mampu menetralkan kadar asam urat yang berlebihan pada aliran darah.

Disamping itu, kamu bisa mencampur jus lemon segar dengan tambahan sedikit baking soda untuk mendapatkan hasil yang baik. Selain jus lemon, kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

4. Apel

Buah apel segar
Buah apel ( Sumber: Unsplash/Aarón Blanco Tejedor )

Rasanya yang manis dan sedap untuk dimakan, apel juga memiliki kandungan yang dipercaya dapat mengatasi asam urat. Disamping itu apel juga sering kali digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit loh.

Berdasarkan jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005 lalu. Vitamin C yang terkandung dalam apel sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri yang di akibatkan dari asam urat. Disamping itu, dengan mengkonsumsi 2 hingga 4 buah apel segar terbukti dapat mengatasi asam urat.

3. Air Dingin

Secangkir es batu ( Sumber: Unsplash/Should Wang )

Mau yang sederhana dan mudah ditemukan? Kamu bisa menggunakan air dingin untuk mengatasi asam urat. Air dingin ( dicampur dengan es batu ) mampu mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada sendi yang di akibatkan asalm urat.

Cukup rendam atau kompres sendi yag mengalami pembekakan selama 10 hingga 15 menit. Ulangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Baking Soda

Baking soda ( Sumber: Pixabay/evita-ochel )

Baking soda, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, baking soda ampuh untuk menurunkan kadar asam urat pada aliran darah. Terlebih lagi dengan campuran jus lemon tadi.

Cara nya cukup mudah, cukup campurkan setengah sendok teh baking soda dengan segelas air putih biasa. Minum secara teratur 4 kali dalam sehari. Lakukan hingga 2 minggu untuk merasakan hasilnya.

1. Seledri

Sayuran dan Jus Seledri ( Sumber: Pixabay/pelambung )

Seledri, salah satu sayuran yang kerap di campurkan dalam bahan makanan, seperti bubur ayam yang paling identik. Kamu bisa menggunakan seledri untuk mengobati asam urat. Kandungan yang terdapat pada ekstrak biji seledri terbukti ampuh untuk mengobati asam urat.

Menurut beberapa penelitian yang mengatakan bahwa seledri mampu mengatasi peradangan pada sendi jika di konsumsi secara rutin. Kamu bisa mengkonsumsi nya secara mentah atau diolah dengan jus. Cuci dahulu ya sebelum mengkonsumsinya.

Akhir Kata.

Nah berikut pembahasan 6 Obat Asam Urat Tradisional Yang Terbukti Ampuh yang telah Trendingnesia siapkan untuk kalian. Konsumsi secara rutin dan jangan makan makanan yang dapat menaikan kadar asam urat pada aliran darah. Semoga bermanfaat.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda