5 Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berisik dan Menganggu, Paling Akurat

Ketika laptop mulai mengeluarkan suara bising dari kipas, hal ini bisa menjadi tanda bahwa perangkat memerlukan perhatian khusus. Kipas laptop yang berisik bukan hanya mengganggu, tetapi juga dapat menjadi indikasi adanya masalah pada sistem pendinginan yang dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan laptop. Sehingga banyak yang mencari tahu cara mengatasi kipas laptop yang berisik.

Suara bising ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari debu yang menumpuk di dalam perangkat, hingga kipas yang sudah aus atau rusak. Jika dibiarkan, masalah ini dapat menyebabkan overheating dan kerusakan pada komponen penting lainnya.

Pada uraian ini akan dibahas mengenai cara mengatasi kipas laptop yang berisik. Bagi yang penasaran maka langsung saja simak dibawah ini:

1. Mengubah Pengaturan Daya Laptop

Cara mengatasi kipas laptop yang berisik yang pertama adalah dengan mengubah pengaturan daya laptop. Langkah pertama untuk mengatasi kipas laptop yang berisik saat dinyalakan adalah dengan menyesuaikan pengaturan daya perangkat.

Langkah ini dapat membantu meningkatkan performa laptop pengguna. Berikut adalah tahapan untuk mengubah pengaturan daya laptop:

  • Mulailah dengan membuka Control Panel melalui menu Start, lalu pilih Power Option.
  • Selanjutnya, pilih menu Change Plan Setting, dan kemudian buka opsi Change Advanced Power Settings.
  • Di sini, pilih opsi Power Saver dan kurangi durasi pada bagian Sleep After serta Hibernate After.
  • Setelah semua pengaturan selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan yang telah pengguna lakukan.

2. Memeriksa Suhu Laptop

Cara lain untuk mengatasi kipas laptop yang berisik adalah dengan memantau suhu perangkat. Kipas yang berisik bisa jadi disebabkan oleh suhu yang terlalu tinggi.

Pastikan suhu laptop pengguna berada pada kondisi yang normal dan stabil. pengguna dapat memanfaatkan aplikasi seperti RealTemp untuk mengecek apakah suhu prosesor berada dalam kondisi normal atau tidak.

Jika hasil pemantauan menunjukkan bahwa suhu laptop mencapai 100%, maka ini menpenggunakan bahwa perangkat lunak dan keras pada laptop pengguna perlu ditingkatkan.

3. Menaikkan Sistem Operasi

Salah satu alasan mengapa kipas laptop pengguna mungkin mengeluarkan suara berisik adalah karena penggunaan sistem operasi yang sudah lama atau belum diperbarui. Sistem operasi yang usang seringkali tidak dioptimalkan untuk perangkat keras terbaru, sehingga bisa menyebabkan beban kerja yang lebih berat pada komponen laptop, termasuk kipas pendingin.

Sistem operasi yang tidak diperbarui juga mungkin tidak memiliki patch keamanan atau pembaruan kinerja yang penting, yang dapat menyebabkan laptop bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Hal ini bisa berdampak langsung pada peningkatan panas dan pada akhirnya membuat kipas bekerja lebih keras dan lebih berisik untuk menjaga suhu laptop tetap stabil.

4. Memperlambat Kecepatan Laptop

Cara mengatasi kipas laptop yang berisik yang selanjutnya dengan memperlambat kecepatan laptop. Proses ini dikenal sebagai defragmentasi atau defrag pada hard drive. Defrag adalah proses pengaturan ulang data pada hard drive sehingga file-file yang terpecah-pecah diorganisir ulang agar lebih mudah diakses.

Dengan melakukan defrag, beban kerja laptop dapat dikurangi, yang pada akhirnya juga mengurangi kebutuhan kipas untuk bekerja keras.Untuk melakukan defrag pada laptop, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka menu pencarian di Windows dan ketik defrag.
  • Dari hasil pencarian, pilih opsi Defragment and Optimize Drives. Opsi ini akan membawa pengguna ke menu yang menampilkan semua drive yang ada di laptop pengguna.
  • Di menu tersebut, pilih drive yang ingin pengguna defrag, misalnya drive C: yang biasanya digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan file penting lainnya. Setelah memilih drive, klik tombol Optimize untuk memulai proses defragmentasi.

5. Memeriksa Software yang Bermasalah

Langkah berikutnya untuk mengatasi kipas laptop yang berisik adalah dengan memeriksa apakah ada software yang menyebabkan masalah pada perangkat pengguna. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard laptop pengguna.
  • Setelah itu, pilih opsi Task Manager dan klik More Details untuk melihat informasi yang lebih lengkap.
  • Di menu Processes, klik pada kolom CPU untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan penggunaan CPU yang paling tinggi.
  • Jika pengguna menemukan aplikasi yang terlihat mencurigakan atau menggunakan terlalu banyak sumber daya, pengguna bisa langsung mengakhirinya dengan mengklik End Task

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengatasi kipas laptop yang berisik. Pada penjelasan di atas tadi terdapat lima cara yang dapat digunakan untuk mengatasi ketika kipas laptop yang berbunyi berisik.

kipaslaptopstart