5 Cara Mengobati Sariawan Selain Dengan Obat

Sariawan adalah luka yang muncul di dalam mulut dan seringkali menyebabkan rasa perih yang cukup intens. Sensasi nyeri ini bisa mengganggu, terutama ketika sedang makan atau berbicara. Tentunya ada cara mengobati sariawan.

Penyebab sariawan bermacam-macam, namun yang paling umum terjadi adalah akibat gigitan tidak sengaja pada bagian dalam mulut. Biasanya, luka ini akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu satu hingga dua minggu.

Namun, kebanyakan orang berharap sariawan bisa sembuh lebih cepat agar bisa kembali menikmati makanan dengan nyaman. Tak harus selalu mengandalkan obat-obatan, kamu bisa mencoba pengobatan alami untuk sariawan yang juga efektif dalam meredakan rasa nyeri. Berikut cara mengobati sariawan selain dengan obat.

1. Konsumsi Yogurt

Sariawan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Menurut penelitian berjudul The Anti-Helicobacter pylori Effects of Lactobacillus acidophilus, L. plantarum, and L. rhamnosus in Stomach Tissue of C57BL/6 Mice yang diterbitkan di Visceral Medicine, ditemukan bahwa kultur probiotik hidup seperti Lactobacillus dalam yoghurt dapat membantu melawan infeksi H. pylori.

Dengan demikian, yoghurt berpotensi membantu mempercepat penyembuhan sariawan yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan efek tersebut.

2. Kumur Dengan Air Garam

Menggunakan garam sebagai obat alami untuk sariawan sebenarnya cukup efektif dalam meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Cara membuat larutan garam ini pun sederhana.

Cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat, lalu aduk hingga garam benar-benar larut. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama sekitar 15 hingga 30 detik, lalu buang.

Proses ini bisa diulang setiap beberapa jam sesuai kebutuhan untuk membantu meringankan rasa sakit dan mempercepat pemulihan.

3. Oles Madu

Cara mengobati sariawan juga bisa dengan madu. Madu telah lama dikenal karena sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dimilikinya. Berdasarkan penelitian yang berjudul Honey in Wound Healing: An Updated Review yang diterbitkan dalam jurnal Open Life Sciences, madu terbukti efektif dalam mengurangi rasa nyeri, ukuran, serta kemerahan pada sariawan.

Selain itu, madu juga mampu mencegah terjadinya infeksi sekunder. Penggunaan madu sebagai obat alami sariawan sangat mudah. Cukup oleskan madu pada area yang terkena sariawan sebanyak empat kali sehari. Namun, pastikan menggunakan madu murni yang belum melalui proses pasteurisasi atau dicampur dengan bahan lain agar khasiatnya tetap terjaga.

4. Oles Minyak Kelapa

Sebuah studi berjudul Measuring the Antimicrobial Activity of Lauric Acid Against Various Bacteria in Human Gut Microbiota Using a New Method, yang diterbitkan dalam jurnal Cell Transplantation, mengungkap bahwa minyak kelapa memiliki sifat antibakteri berkat kandungan asam laurat di dalamnya.

Berkat sifat ini, minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat sariawan yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung sifat anti inflamasi alami yang membantu meredakan kemerahan dan nyeri pada sariawan. Cara penggunaannya pun cukup sederhana, cukup oleskan minyak kelapa pada luka beberapa kali sehari hingga sariawan sembuh.

5. Kumur Dengan Cuka Sari Apel

Asam yang terkandung dalam cuka apel diyakini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi pada luka sariawan. Meskipun demikian, metode pengobatan ini masih menimbulkan perdebatan.

Hal ini karena makanan yang bersifat asam dapat memicu atau memperparah sariawan pada sebagian orang. Oleh karena itu, penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati. Cara mengaplikasikannya cukup sederhana, yaitu campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan satu cangkir air.

Gunakan campuran tersebut untuk berkumur selama 30 detik hingga satu menit, kemudian keluarkan dan bilas mulut hingga bersih. Proses ini bisa diulang setiap hari untuk hasil yang optimal.

Itulah 5 cara mengobati sariawan. Jadi cara-cara tersebut dapat menjadi alternatif untuk menyembuhkan sariawan yang tentunya membuat tidak nyaman apalagi saat makan.

caramengobatisariawan