Gili Trawangan Lombok, Destinasi Wisata Layaknya Kepingan Surga

Gili Trawangan Lombok adalah destinasi yang sudah terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak pengunjung Bali yang juga menyempatkan diri untuk singgah ke tempat ini, karena akses menuju Gili Trawangan cukup mudah.

Terletak di barat laut Lombok, Gili Trawangan merupakan pulau yang paling besar di antara tiga gili yang ada di kawasan ini, yaitu Gili Meno dan Gili Air. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang destinasi wisata layaknya surga ini, yuk simak sedikit informasinya berikut.

Alamat Lengkap Lokasi Dan Akses Menuju Ke Destinasi Wisata Gili Trawangan Lombok

Secara administratif, Gili Trawangan termasuk dalam wilayah Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Untuk mencapai pulau ini dengan cepat dan mudah, opsi terbaik adalah menggunakan fast boat atau speed boat dari Bali.

Perahu-perahu ini bisa dinaiki dari beberapa lokasi di Bali, seperti Padang Bai, Tanjung Benoa, Pulau Serangan, atau Sanur. Biaya untuk perjalanan sekali jalan berkisar antara 500 hingga 800 ribu per orang.

Atau untuk lebih hematnya bisa melalui rute Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara di Lombok. Dengan rute ini, perjalanan dimulai dengan penerbangan ke Lombok dan mendarat di Bandara Internasional Lombok.

Setelah tiba, langkah selanjutnya adalah menuju Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara untuk menyeberang ke Gili Trawangan Lombok.

Pelabuhan Bangsal adalah pelabuhan umum, di mana tersedia perahu kayu dengan tarif sekitar Rp 15.000 per orang, serta perahu cepat dengan harga Rp 85.000 per orang.

Sementara itu, penyeberangan dari Teluk Nara menggunakan kapal cepat sewaan, dengan biaya sekitar Rp 350.000 untuk satu perjalanan menggunakan speed boat.

Rekomendasi Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Saat berwisata, sering kali muncul pertanyaan tentang tempat-tempat favorit dan aktivitas yang bisa dilakukan di suatu lokasi. Di Gili Trawangan Lombok, terdapat banyak hal menarik yang bisa dinikmati.

Berikut adalah beberapa kegiatan dan tempat yang wajib dikunjungi di Gili Trawangan agar liburan menjadi lebih memuaskan.

1. Menikmati Keindahan Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan Lombok, menawarkan pasir putih dan air laut yang sangat jernih, menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri.

Di pulau ini, menikmati matahari terbenam dan terbit sangatlah mudah. Suasana sunset dan sunrise di Gili Trawangan sudah dikenal luas, tak kalah cantik dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal lainnya. Momen ini dapat dinikmati sambil bersantai di berbagai kafe dan bar yang tersedia di sekitarnya.

Selain itu, berenang di pantai juga merupakan pilihan yang menyenangkan. Namun, penting untuk memperhatikan batasan keselamatan yang ada. Arus di sekitar pulau, terutama di antara gili-gili lainnya, bisa cukup kuat. Pastikan selalu memperhatikan petunjuk dan area aman untuk berenang.

2. Snorkeling dan Diving

Dua aktivitas ini menjadi salah satu daya tarik utama di Gili Trawangan. Dengan biota laut yang terjaga dan air laut yang jernih, pengunjung pasti tergoda untuk mencoba snorkeling.

Beberapa spot snorkeling yang direkomendasikan meliputi area sekitar Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Pengunjung dapat melakukan island hopping dengan base di Gili Trawangan, baik melalui tur yang tersedia maupun dengan menyewa perahu sendiri.

Sewa perahu sendiri tentu akan memerlukan biaya lebih. Banyak penyedia layanan yang bisa dipilih di sini.

Bagi yang memiliki lisensi diving, bisa bergabung dengan pusat penyelaman yang banyak terdapat di pulau ini. Bagi pemula yang ingin mencoba diving, tersedia pelatihan singkat selama dua jam, di mana peserta akan diajari dasar-dasar diving, baik teori maupun praktik.

Itulah sedikit informasi tentang Gili Trawangan Lombok, destinasi wisata kepingan surga yang tentunya sangat layak untuk dikunjungi. Selain aktivitas-aktivitas yang telah disebutkan tentunya masih banyak lagi aktivitas lain yang juga tidak kalah serunya seperti bersepeda keliling pulau, melihat tempat konservasi penyu dan lain sebagainya.

GiliLombokTrawangan