6 Minuman yang Cocok Untuk Diet Agar Berat Badan Kembali Ideal

Tidak hanya makanan, tapi minuman juga berperan penting dalam mendukung keberhasilan diet. Beberapa minuman yang cocok untuk diet telah terbukti efektif dalam mengurangi lemak dan membantu penurunan berat badan secara efektif.

Pilihan minuman sehat untuk menurunkan berat badan meliputi jus sayuran dan buah, teh hijau, serta air putih. Minuman ini rendah gula dan kalori, kaya akan nutrisi, dan tinggi serat, sehingga dapat memberikan efek kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Selain mengonsumsi makanan tinggi serat dan berolahraga secara teratur untuk mencapai berat badan ideal, mengkonsumsi minuman sehat juga merupakan langkah yang dapat diambil. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis minuman  yang cocok untuk program diet:

1. Jus Sayuran

Jus sayuran merupakan pilihan minuman sehat untuk mendukung penurunan berat badan. Kandungan gizinya setara dengan jus buah, namun dengan kalori yang lebih rendah.

Sebagai contoh, secangkir jus tomat mengandung sekitar 40 kalori, sementara secangkir jus jeruk memiliki sekitar 120 kalori. Selain itu, jus sayuran kaya akan serat yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

2. Jus Buah

Meskipun jus buah memiliki kalori lebih tinggi daripada jus sayuran, tetap dapat menjadi pilihan minuman yang cocok untuk diet.

Namun, disarankan untuk menghindari jus buah kemasan yang sering kali mengandung tambahan gula, pemanis buatan, dan pengawet.

Lebih baik untuk membuat jus sendiri dengan menggunakan blender atau juicer, serta pastikan tidak menambahkan gula atau susu kental manis pada jus buah yang Anda konsumsi.

3. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman sehat yang rendah kalori dan kaya akan antioksidan. Selain membantu dalam pengurangan berat badan, antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi risiko berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit hati, dan penyakit jantung.

Untuk memperoleh manfaat optimal, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau dua kali sehari. Jika Anda menyukai rasa manis, disarankan untuk menghindari gula dan menggunakan madu sebagai penggantinya.

4. Air Putih

Air putih bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga merupakan minuman yang paling praktis dan mudah dikonsumsi. Berbeda dengan minuman lainnya, air putih tidak mengandung kalori atau gula yang dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1,5 liter air putih setiap hari selama 8 minggu dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, air putih juga dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Untuk memanfaatkan manfaat air putih sebagai minuman sehat penurun berat badan, disarankan untuk minum 2 gelas air putih sebelum makan agar memberikan rasa kenyang dan mengurangi kemungkinan makan dengan porsi yang berlebihan. Jika merasa bosan dengan rasa air putih yang tawar, alternatifnya adalah dengan menambahkan irisan lemon atau mencoba infused water.

5. Air Kelapa

Anda dapat mencoba air kelapa sebagai minuman sehat penurun berat badan. Dalam satu porsi sekitar 250 ml, minuman pelepas dahaga ini hanya mengandung sekitar 60 kalori.

Selain rendah kalori, air kelapa kaya akan elektrolit dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Pastikan untuk mengkonsumsinya dalam bentuk aslinya tanpa tambahan gula untuk mendapatkan manfaat maksimal.

6. Smoothies

Anda dapat menciptakan smoothie sehat untuk mendukung penurunan berat badan dengan mencampurkan buah-buahan seperti stroberi, pisang, dan blueberry.

Susu rendah lemak bisa ditambahkan untuk memberi tekstur yang kental. Penting untuk menghindari smoothie dalam kemasan karena seringkali mengandung tambahan pemanis dan es krim yang tinggi kalori.

Itulah uraian terkait dengan beberapa minuman yang cocok untuk diet. Tentunya dengan mengkonsumsi salah satu minuman yang telah disebutkan dengan rutin, maka berat badan akan bisa cepat turun dan mencapai berat yang ideal.

berat badandietminuman