6 Aplikasi Bimbel Online Gratis di Indonesia bisa lewat smartphone

Rekomendasi Aplikasi Bimbel Online di indonesia

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

trendingnesia.com-6 Aplikasi Bimbel Online Gratis di Indonesia, aplikasi ini bisa untuk bimbel online untuk smk, bimbel online zenius, ruang guru gratis, bimbel online cpns, bimbel online olimpiade, bimbel online akuntansi dan bimbel online untuk mahasiswa

Salah satu dampak yang diakibatkan dari pandemi corona adalah dilaksanakannya aktifitas belajar-mengajar dengan sistem daring alias belajar dari rumah. Bagi sebagian pelajar dan orang tua, materi pelajaran yang disampaikan guru melalui sistem online tersebut dirasa masih kurang sehingga butuh fasilitas belajar yang lain yaitu aplikasi bimbel daring dan tentunya yang tidak berbayar alias aplikasi bimbel online gratis.

Pilihan terhadap aplikasi bimbel online gratis tersebut cukup beralasan karena covid-19 sangat berdampak pada perekonomian masyarakat ditambah masih belum adanya kepastian kapan aktifitas belajar dari rumah akan berakhir.

Bagi Anda yang masih bingung dalam mencari aplikasi bimbel online gratis dengan kualitas yang menjanjikan, berikut beberapa rujukan aplikasi belajar online yang bisa dijadikan bahan referensi.

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar
bimbel online Rumah Belajar

Aplikasi belajar gratis dari pemerintah ini sebenarnya sudah cukup lama diluncurkan. Namun karena kurangnya sosialiasasi membuat Rumah Belajar kurang begitu dikenal.

Padahal, dari sisi konten terbilang lengkap, karena menyajikan materi belajar mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA/SMK. Begitu pula dengan kualitas materi yang disajikan, memenuhi standar belajar anak di setiap jenjangnya.

Kelebihan lain dari aplikasi bimbel gratis ini adalah dari sisi tampilannya yang formal namun tidak terkesan kaku, ditambah fitur navigasinya yang mudah untuk dioperasikan.

Pengunjung yang mengakses Rumah Belajar akan langsung disuguhi halaman utama yang menampilkan pilihan materi kelompok belajar. Sementara pada menu utama terdapat fitur  yang terdiri atas 8 kelompok konten, yaitu: Sumber Belajar, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Laboratorium Maya, Wahana Jelajah Angkasa, Peta Budaya, Kelas Maya dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Terdapat pula fitur pendukung yang terdiri atas 3 kelompok, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas dan Karya Bahasa dan Sastra.

Tentang kualitas dari materi yang disajikan oleh Aplikasi belajar gratis dari pemerintah ini sudah barang tentu tidak perlu diragukan, karena standar mutunya dijamin oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. inibudi.org

Inibudi
bimbel online Inibudi

Bagi para orang tua, nama Budi tentu sangat akrab, karena nama itulah yang dahulu dipakai dalam buku belajar calistung bersama dengan nama Wati dan Iwan. Nah kini, nama Budi tersebut dicomot untuk memberi nama aplikasi bimbel gratis yaitu Inibudi.org.

Dibangun pada tahun 2013 situs ini melibatkan partisipasi masyarakat utamanya para pendidik lewat program #TemanBelajar, #GuruBerbudi, dan #DukungBelajar. Konten-konten yang tersaji di sini dirancang dan dibuat oleh guru-guru serta mereka yang berkompeten di bidangnya tentunya dengan merujuk pada materi kurikulum nasional.

Seluruh konten yang ada di Inibudi, tersaji dalam bentuk video, karena belajar dengan menggunakan media visual dinilai lebih mudah dimengerti dan dipahami dibandingkan dengan teks.

Berbagai konten video belajar untuk semua mata pelajaran dan semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan SMA/SMK dapat diakses lewat aplikasi bimbel gratis ini, karena pembuatan video serta tenaga pengajar yang menyampaikan materi pembelajaran adalah tenaga-tenaga volunteer alias sukarelawan yang dengan senang hati menyumbangkan tenaga dan pemikiran mereka untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

3. Sibejoo

sibejoo
bimbel online sibejoo

Dilihat dari namanya, siapapun akan langsung dapat menebak jika aplikasi bimbel online gratis ini buatan vendor Indonesia. Sibejoo memang dibuat oleh vendor Indonesia dan diperuntukkan bagi pelajar Indonesia, namun khusus hanya untuk mereka yang duduk di bangku SMA.

Aplikasi bimbel gratis ini menyajikan seluruh materi pembelajaran yang disampaikan di SMA, sepertti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS serta materi pelajaran yang lain.

Teknik pembelajarannya cukup variatif, mulai dari bentuk teks hingga video pembelajaran. Terdapat pula soal-soal try out dalam bentuk pilihan ganda yang dapat dijadikan sebagai bahan latihan untuk mengukur kemampuan anak dan mengasah daya ingat.

4. DuoLingo

duolingo
bimbel online duolingo

Berbeda dari tiga aplikasi bimbel gratis sebelumnya, DuoLingo dibuat khusus bagi mereka yang ingin belajar bahasa asing. Terdapat beberapa bahasa asing yang bisa dipelajari di sini, seperti Bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Mandarin dan bahasa asing yang lain.

Karena indikatornya adalah penguasaan terhadap bahasa asing, maka tidak ada pembagian jenjang belajar bagi pengguna yang ingin memanfaatkan apk online bimbel ini. Jadi yang menentukan jenjang adalah diri pengguna sendiri dengan mengukur kemampuan diri sendiri terhadap bahasa asing yang akan dipelajari.

Belajar bahasa asing dengan menggunakan aplikasi belajar online ini menjadi sangat menarik, karena disampaikan oleh penutur asli bahasa asing tersebut lewat streaming maupun video pembelajaran. Sehingga pengguna dapat mengetahui dan menirukan secara persis bagaimana cara mengucapkan suatu kata atau kalimat serta menirukan logat penutur aslinya.

Aplikasi bimbel gratis ini juga menyediakan berbagai macam fitur, seperti fitur menerjemahkan, latihan membaca, menyimak kembali bahasa asing yang sudah dipelajari sebelumnya, serta latihan soal dalam bentuk pilihan ganda yang dilengkapi dengan penilaian langsung.

5. Zenius

zenius
bimbel online zenius

Meski baru dirilis pada 17 Maret 2019, Zenius hadir sebagai aplikasi bimbel gratis yang cukup meyakinkan dengan menyuguhkan lebih dari 80.000 video pembelajaran ditambah ratusan ribu soal latihan dari 12 mata pelajaran untuk jenjang SD hingga SMA.

Seluruh materi pembelajaran dan latihan soal yang disajikan oleh aplikasi belajar tanpa bayar ini tidak hanya lengkap tapi juga terstruktur pada setiap babnya dan telah disesuaikan dengan KTSP, Kurikulum 2013 serta K-13 revisi.

Zenius juga merupakan bimbel terbaik sbmptn karena selain menyajikan soal dan pembahasan UTS, UAS dan UNAS mulai tahun 2002 untuk jenjang SD, SMP dan SMA juga memberikan materi-materi dan soal-soal untuk tes SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dilengkapi dengan Ujian Mandiri.

Untuk dapat mengakses aplikasi bimbel gratis ini, pengguna harus menggunakan Android minimal versi 5.0 atau di atasnya dengan RAM paling rendah 1,5 GB.

6. Bintang SBMPTN

Bintang SBMPTN
bimbel online Bintang SBMPTN

Sesuai dengan namanya aplikasi bimbel gratis besutan Penerbit Bintang Wahyu ini dibuat khusus untuk para pelajar SMA/SMK yang sedang mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN.

Terdapat dua kategori yang dapat dipilih oleh pengguna begitu memasuki halaman depan aplikasi yaitu Saintek dan Soshum. Begitu mengklik salah satu kategori yang dipilih, pengguna akan disuguhi dengan try out alias latihan-latihan soal, sesuai dengan kategori  yang dipilih.

Seakan mengikuti tes SBMPTN yang sebenarnya, dalam mengerjakan soal, pengguna diberi batasan waktu. Setelah waktu berakhir, akan muncul skor yang memberikan penilaian atas try out yang telah dikerjakan oleh pengguna. Tidak hanya itu, apk bimbel gratis ini juga memberikan pembahasan terhadap soal-soal yang tidak diisi atau yang salah dalam pengerjaan.

Demikian beberapa aplikasi bimbel online gratis yang bisa dijadikan rujukan dalam memilih aplikasi belajar online terbaik yang terpampang di play store. (*)

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More