bahaya dan cara mengurangi dampak buruk radiasi handphone ‘HP’

Tahukah kamu? di balik manfaat positif ponsel, ternyata ada juga sisi negatif ponsel

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

trendingnesia.com bahaya dan cara mengurangi dampak buruk radiasi handphone ‘HP’ – Ponsel pintar atau Smartphone menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan umat manusia di dunia dalam kegiatan sehari-harinya. Di zaman modern ini, tekonologi digital semakin canggih, banyak manfaat positif yang dapat dirasakan oleh manusia.

Tahukah kamu? di balik manfaat positif ponsel, ternyata ada juga sisi negatif ponsel bagi kesehatan manusia, apabila digunakan secara terus menerus. Pancaran gelombang elektromagnetik yang dihasilkan Handphone dapat berdampak buruk bagi kesehatan apabila digunakan secara terus menerus tanpa ada batasan waktu.

Disini, admin akanmemberikan beberpa informasi mengenai 7 Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan Tubuh. Penasaran? Yuk! simak dalam penjelasan berikut ini.

Bahaya Radiasi Smartphone Bagi Kesehatan

7. Menyebabkan Katarak

Jika seorang pengguna yang secara terus menerus menatap layar ponsel tanpa adanya batasan waktu, maka radiasi yang di pancarkan ponsel dapat menyebabkan katarak.

Hal itu dikarenakan radiasi yang di hasilkan dapat memadatkan kabut yang akan menghalangi kornea mata dan secara perlahan akan menyebabkan katarak. Katarak sendiri merupakan suatu penyakit kebutaan mata.

6, Menyebabkan Kerusakan Pada Otak

Gelombang elektromagnetik yang mengandung radiasi kuat mampu menyebabkan kerusakan otak manusia. Gelombang radiasi tersebut mampu menembus ruang hampa dan bahkan menembus jaringan otak seseorang.

Jika terjadi secara terus menerus, besar kemungkinan gelombang radiasi itu dapat menyebabkan glikoma dan terjadi nya kerusakan pada otak.

5. Mengakibatkan Pening

Pancaran radiasi yang di hasilkan ponsel kamu dapat menyebabkan pening yang luar biasa dan berlarut cukup lama. Hal itu beisa terjadi jika ponsel kamu diletakan berada dekat dengan kepala atau kamu terlalu lama menatap layar smartphone kamu dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa adanya jeda waktu.

Oleh sebab itu, berilah jeda dan gunakan ponsel dengan bijak dan pada saat di perlukan saja.

4. Menyebabkan Kanker Kulit

Tidak dapat menyebabkan pening, pancaran radiasi yang di hasilkan ponsel ternyata dpat menyebabkan kanker kulit juga loh!. Secara tidak langsung gelombang radiasi itu dapat meningkatkan suhu pada permukaan kulit dan merubah reaksi pigmentasi.

Jika terjadi secara terus menerus dan dibiarkan begitu saja, hal ini dapat memicu sel tubuh dan mengalami perubahan karakter yang menyebabkan kanker.

3. Depresi

Jika seorang pengguna yang telah mengalami kecanduan berat terhadap gadget, termasuk ponsel. Hal itu dapat menyebabkan terjadi nya depresi pada pengguna itu apabila secara tiba-tiba ia di jauhkan dari ponselnya.

2. Membahayakan Ginjal

Jika kamu termasuk seseorang yang suka menyimpan smartphone pada saku celana, maka berhati-hatilah!. Hal tersebut ternyata dapat membahayakan ginjal kamu. Karena pancara sinar radiasi yang di hasilkan ponsel secara tidak langsung dapat masuk ke pembuluh darah ginjal yang memiliki fungsi untuk menyaring cairan tubuh.

Jika telah masuk kedalam pembuluh darah itu, secara tidak langsung fungsi nya akan tersendat, dan besar kemungkinan akan membahayakan ginjal kamu.

1. Membahayakan Janin Pada Ibu Hamil

Jika kamu merupakan seorang ibu yang sedang mengandung, maka kurangilah aktifitas kamu yang berkaitan dengan ponse, jika hal buruk tidak ingin menimpa kamu.

Radiasi yang di pancarkan mampu menembus jaringan janin dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi kesehatan organ tubuh janin yang sedang dalam proses pembentukan.

✔ berikut cara mengurangi Radiasi Handphone

untuk mengurangi Radiasi Handphone berikut kami berikan sedikt info yang mungkin bermanfaat, radiasi ponsel akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal RF yang artinya saat dalam mode online ponsel akan mengeluarkan lebih banyak radiasi.

1.Gunakan headset saat menelepon Ketika sedang menelepon
mengunakan headset saat menelpon mengurangi pengaruh radiasi langsung yang di tanggkap hp, saat menelpon handphone bekerja lebih keras untuk menstabilkan sinyal.jika saat menelpon mengunakan headset artinya antena sinyal di hp tidak terhubung langsung dengan kulit kita

2. Berkomunikasi lewat teks
dengan perkembangan ponsel sekarang berbicara atau berkomunikasi tidak mesti harus lewat percakapan telpon, manfaatkan fitus teks dalam hal ini sms dan whatsapp atau apk lainnya

3. Hindari mengantongi ponsel
mengantongi hp juga berpengaruh kuat radiasi terpapar ke tubuh kita, artinya ketika lagi santai hp sebaiknya di keluarkan dari saku celana

4. Jangan gunakan ponsel saat lemah sinyal
Saat sinyal lemah ponsel bekerja mencari sumber sinyal, silahkan bedakan suhu ponsel saat sinyal kuat dan lemah sebaiknya di jadikan mode offline terkecuali saat di butuhkan

5. Kurangi penggunaan ponsel di kendaraan
saat berkendara ponsel akan berusaha mencari sinyal dari tower ke tower

6. Musik dan video offline

7. Jangan letakkan ponsel dekat kepala saat tidur

8. Lepas headset bluetooth

9. kurangi penggunaan ponsel dengan mode online

intinya mengurangi radiasi hp kurangi penggunaan langsung atau terpapar langsung dengan tubuh terutama saat tidak digunakan

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini, semoga dengan adanya artikel kali ini, kamu dapat mengontrol dan cerdas dalam menggunakan gadget kamu.

Memang tidak ada salahnya jika kita menggunakan gadget, tetapi jika di lakukan secara terus menerus tanpa mengingat waktu, maka hal buruk seperti di atas akan menimpa kamu!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda