trendingnesia.com
trendingnesia.com adalah situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Mudah di Kelola

Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Mudah di Kelola

pixbay.com
0 61

trendingnesia.com Bisnis Sampingan Modal Kecil yang Mudah di Kelola – Semua orang pasti menginginkan usaha yang bisa menghasilkan banyak uang. Tapi tidak sedikit orang yang bingung harus memulainya dari mana, alasannya beragam mulai dari tidak ada ide hingga modal yang terbatas.Tapi di era digital saat ini, ada banyak sekali usaha sampingan yang memiliki modal kecil dan bahkan bisa di kelola dengan mudah.

Usaha sampingan sendiri berarti usaha tambahan yang menguntungkan di samping pekerjaan utama. Jika di pikir hanya mengandalkan uang hasil dari pekerjaan utama saja di rasa masih belum cukup, maka dari itu kita membutuhkan usaha sampingan yang bisa menghasilkan banyak uang. Jadi sembari kita melakukan pekerjaan utama, kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha sampingan yang kita buat.

Mengapa Harus Membuka Usaha Sampingan?

A.Setiap Orang Butuh Piknik

Bekerja setiap hari tanpa henti tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga pikiran, maka dari itu setiap orang butuh piknik. Tentu saja untuk mengadakan piknik bersama keluarga kita membutuhkan uang tambahan.

Apalagi kebanyakan orang memilih liburan untuk pergi ke luar kota atau ke luar negeri, tentu saja ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Meskipun kita bisa menabung untuk mengumpulkan dana untuk liburan, namun cara ini bukanlah yang paling tepat. Kenapa bisa? penjelasannya ada di poin berikutnya.

B.Inflasi

Tidak ada yang berapa persen kenaikan harga bahan pokok dan juga harga barang di tahun-tahun mendatang. Biaya pendidikan saja selalu naik setiap tahunnya, apakah kamu sudah berpikir berapa dana yang harus kamu keluarkan untuk biaya pendidikan buah hati.

Maka dari itu, kita membutuhkan bisnis sampingan agar tidak hanya mengandalkan gaji kantoran. Selain itu, gaji sebagai karyawan kantoran juga biasanya tidak seberapa, apalagi jika jabatanmu masih rendah alias masih sebgai karyawan baru.Tentu saja hanya mengandalkan gaji saja tidaklah cukup.

Jenis-Jenis Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Jika berbicara soal usaha sampingan, sejatinya ada banyak sekali usaha sampingan yang kita bisa lakukan. Apapun bisa kita jual, mulai dari produk berbentuk barang, jasa atau apapun asal tidak melanggar hukum.

Akan tetapi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kemampuan kita dalam menjalankan usaha sampingan ini. Beda profesi tentu saja beda pula tingkat kesibukannya, itu artinya usaha sampingan yang di geluti untuk menambah pundu-pundi tentu berbeda juga.

Biar kamu tidak bingung, pada artikel kali ini Trensingnesia sudah punya beberapa daftar usaha sampingan yang menguntungkan di tahun ini yang bisa di sesuaikan dengan profesi kamu. Tidak perlu khawatir, karena peluang usaha ini memiliki modal yang tergolong kecil. Nah, daripada kamu penasaran langsung saja simak daftar bisnis sampingan modal kecil yang menguntungkan di bawah ini.

A.Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Meskipun tidak memiliki penghasilan tetap, tetapi ibu rumah tangga itu kerjaannya hampir 24 jam. Bayangkan saja, bukan hanya rumah yang harus di urus tapi juga isinya juga harus di urus. Nah, berikut ini ada beberapa usaha sampingan yang bisa di lakukan oleh ibu rumah tangga.

1.Jasa Jahit Non Obras

Ada banyak orang yang jual mesin jahit bekas dengan harga yang terjangkau, di tambah dengan beberapa bahan lain seperti jarum dan benang paling tida modal yang di keluarkan adalah Rp. 2.500.000.00.

Buat kamu yang belum bisa menjahit, bisa mengikuti workshop yang di selenggarakan secara online. Bisa juga belajar lewat tutorial di situs-situs pendidikan atau lewat tutorial video di YouTube. Jadi tidak ada alasan untuk kamu tidak bisa menjahit.

2.Katering

Kamu suka memasak, kalau begitu usaha katering ini bisa jadi bisnis sampingan yang sangat menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Katering juga bisa di lakukan secara pre-order, dengan modal yang hanya 2 jutaan sudah banyak resep makanan yang bisa di buat.

3.Jual Jajanan Pasar

Selain memasak, tidak sedikit juga ibu rumah tangga yang gemar membuat berbagai kue seperti risoles, pasta dan lain sebagainya. Bagaimana jika kamu menjual jajanan itu kembali? Sudah pasti tidak ada yang bisa menolak kelezatannya.

4.Warung Sarapan

Sesuai dengan judulnya bisnis warung sarapan ini menjual makanan untuk sarapan seperti nasi uduk, nasi pecel atau nasi kuning beberta laup pauk sederhananya. Hanya dengan bermodalkan sebuah etalase dan juga meja kamu sudah bisa membuka bisnis warung yang satu ini di depan rumah.

5.Toko Kelontong

Jual jajanan ringan seperti snack, roti, kopi dan juga air mineral mungkin modalnya tidak lebih dari Rp. 3 juta. Nantinya setelah sudah mendapatkan laba yang lumayan besar kamu bisa mengembangkan usaha ini menjadi toko sembako.

6.Waralaba Makanan dan Minuman

Kenapa usaha waralaba harus di pilih? Karena usaha jenis ini hanya perlu menjual makanan yang sudah ada brand dan target konsumennya. Bahkan dengan modal tidak sampai Rp 3 juta kamu sudah bisa membuka usaha sampingan seperti ini.

7.Jualan Sayur

Sebelum subuh tiba tentu harus pergi ke pasar untuk membeli berbagai sayuran. Langkah selanjutnya tinggal membuka lapak di depan rumah. Tetangga di sekita rumahmu tentu akan sangat terbantu dengan usaha yang kamu lakukan ini karena mereka tidak perlu repot pergi ke pasar.

B.Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Berbeda dengan ibu rumah tangga, karyawan sudah pasti memiliki gaji tetap dari dia bekerja di perusahaan. Jika memang ingin menambah penghasilan, lebih baik mencari peluang usaha yang tidak ribet dan bisa di kelola di luar jam kerja dan juga memiliki modal yang tidak terlalu besar.

Nah, berikut ini bebrapa bisnis sampingan modal kecil yang bisa di lakukan oleh para karyawan.

1.Pembuatan Konten

Jasa pembuat konten ini jadi salah satu usaha yang sering di tawarkan oleh para freelancer, jadi tingkat persaingan untuk usaha jenis ini cukup tinggi, tetapi kalau kamu merasa sanggup mengapa harus ragu. Modalnya juga cukup PC atau Laptop serta kuota internet saja.

Pembuatan konten tentu ada banyak jenisnya, tapi yang paling sering adalah pembuatan konten artikel untuk website. Pembuatan konten untuk media dan website tentu sangat berbeda di butuhkan sebuah tekhnik yang namanya SEO. Tujuan dari tekhnik SEO ini adalah agar konten yang di buat mudah di temukan di mesin pencari seperti Google dan Bing.

2.Jasa Penerjemah

Kalau jasa yang satu ini bisa di bilang tanpa modal sama sekali dan kamu bisa mengerjakannya di luar jam kerja. Untuk mendapatkan klient kamu bisa mendaftarkan diri di situs-situs freelancer yang ada.

3.Kursus Online

Kamu ahli di bidang pemasaran, sales atau digital marketing? Mungkin kamu bisa mencoba usaha kursus online berbasis webinar yang bisa di lakukan di luar jam kerja. Seru kan bisa berbagi ilmu ke orang lain sekaligus mendapatkan uang tambahan.

4.Jasa Pembayaran Online

Peluang seorang karyawan untuk bisa membuat kartu kredit di bank umumnya jauh lebih besar ketimbang seorang pengusaha. Nah, untuk itulah jika kartu kredit sudah berhasil di buat, manfaatkan saja untuk membuka usaha pembayaran online dan tawarkan ke rekan kerjamu.

5.Jasa Desain Grafis dan Multimedia

Sebenarnya jasa yang satu ini hampir serupa dengan jasa pembuatan konten. Hanya saja konten yang di buat berupa video, foto, gambar atau konten multimedia lainnya. Jadi untuk membuka jasa jenis ini kamu harus mahir untuk menggunakan beberapa software editing.

C.Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Sama seperti ibu rumah tangga, seorang mahasiswa juga tidak memiliki penghasilan tetap oleh karena itu untuk mendapatkan penghasilan mereka bisa mencoba beberapa bisnis sampingan modal kecil. Sebenarnya mencari usaha sampingan untuk para mahasiswa tidak terlalu sulit.

Dengan waktu yang lebih fleksibel dan juga biasanya mahasiswa sangat update soal trend terkini, maka dari itu untuk mencari peluang usaha sampingan tidaklah sulit. Nah, berikut ini sudah ada beberapa contoh peluang bisnis sampingan dengan modal kecil yang bisa di coba oleh para mahasiswa.

1.Influencer

Hampir semua mahasiswa saat ini tidak bisa jauh dari yang namanya media sosial. Kenapa hal ini tidak di jadikan sebagai peluang usaha saja, misalnya menjadi seorang influencer. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari endorsement. Tapi syaratnya akun sosial media kamu harus rapi dan juga memiliki banyak pengikut.

2.Jasa Titip

Karyawan sering membuka jasa titip ini, namun karena waktu yang kurang fleksibel membuat usahanya kurang efektif. Nah, kamu yang seorang mahasiswa dan punya waktu yang lebih fleksibel bisa melirik usaha yang satu ini. Jasa titip yang satu ini tidak selalu berbau barang luar negeri, bisa juga jasa titip barang di outlet-outlet ritel atau pun pameran,

3.Instruktur Olahraga

Punya badan atletis, hobi olahraga dan punya banyak waktu untuk latihan dan beristirahat. Daripada menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas yang tidak ada manfaatnya lebih baik mengisinya dengan membuka peluang usaha. Kamu bisa membuka jasa instruktur olahraga dengan hanya bermodalkan pakaian olahraga yang mumpuni agar calon klien bisa percaya kalau kamu seorang instruktur profesional.

4.Sewa Kamar

Kamu punya kamar yang tidak terpakai di rumah orang tua? Minta izin saja untuk menyewaan kamar tersebut ke teman kamu, atau kamu bisa mencoba mendaftarkan kamar kamu ke situs booking kamar seperti Airbnb atau Airy Room. Sebagai seorang mahasiswa tentu punya banyak waktu untuk membereskan kamar yang di sewakan.

5.Reseller Pakaian

Sekali lagi, sebagai seorang mahasiswa tentu punya waktu yang cukup untuk pergi ke toko pakaian untuk mencari pakaian yang nantinya bisa di jual kembali. Tidak perlu pakaian mahal, busana muslim, kaos oblong atau baju batik yang setidaknya menarik bisa kamu jual kembali dengan selisih harga yang bisa kamu atur sendiri.

6.Agency SPG

Kamu punya banyak teman wanita yang cantik-cantik dan mau kerja sampingan? Kamu bisa buka jasa agency SPG, jangan salah jasa yang satu ini masih cukup di minati terutama untuk event atau pameran. Kalau bisa kamu juga bisa membuka jasa paket MC atau Kru event.

Tips Supaya Bisnis Sampingan Sukses

Jika sudah mengetahui bisnis sampingan apa yang cocok buat kamu. Tentu saja langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membuat bisnis yang sudah di kembangkan menjadi lebih besar dan sukses. Do bawah ini sudah ada tips supaya usaha sampingan kamu bisa sukses.

1.Jangan Malas

Sampai kapanpun juga rasa malas ini akan tetap menjadi penyakit yang paling mematikan. Oleh karena itu, jjika seseorang sudah terjangkit penyakit malas ini, mustahil dia akan melakukan apa yang harus dia lakukan untuk menambah pundi-pundi uang.

Penyakit malas seperti malas gerak ini tidak hanya melanda para manula saja, bahkan para anak muda yang masih produktif saja sudah banyak yang terjangkit penyakit malas ini. Kalau malas ya jangan berharap punya banyak uang dan sukses di usia muda.

2.Jangan Puas Dengan Seribu Pelanggan

Jika seribu pelanggan saja masih belum cukup bagaimana dengan kamu yang hanya mendapatkan satu pelanggan setiap harinya? Itu artinya usaha sampingan yang kamu jalani tidak menghasilkan apa-apa.

Cobalah untuk menerapkan strategi jemput bola jangan hanya menunggu pelanggan datang saja. Karena mendatangi calon pelanggan jauh lebih efektif mendatangkan uang ketimbang hanya menunggu pelanggan datang saja.

3.Jangan Terlalu Boros

Ketika kamu mulai berbisnis skill pertama yang harus kamu miliki adalah manajemen keuangan. Kamu harus bisa mengatur antara pemasukan dan juga pengeluaran, modal dan keuntungan yang akan di dapatkan dan lain sebagainya. Semuanya harus kamu perhitungkan jangan sampai kamu boros dan malah menghabiskan keuntungan yang telah di peroleh.

Nah, itu tadi adalah beberapa peluang bisnis sampingan dengan modal kecil dan sudah di sesuaikan dengan jenis profesi yang kamu tekuni. Jadi tidak ada lagi alasan bingung mencari bisnis yang cocok untuk kamu, semua sudah di jelaskan di artikel ini.  Tapi tetap di ingat, meski ini adalah usaha sampingan namun tetap di lakukan dengan sepenuh hati agar usaha yang di buat nantinya bisa sukses kedepannya.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda