informasi trending topic di indonesia

Cara Melihat Email Sendiri di Smartphone

 

Email dulunya memang digunakan sebagai media berkirim surat secara elektronik yang hanya sedikit orang menggunakannya. Namun, bisa dikatakan bahwa saat ini email menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, email digunakan sebagai syarat untuk bisa menggunakan beragam fitur smartphone secara leluasa.

Nah, berbincang tentang email, ada beberapa cara melihat email sendiri di smartphone yang kamu gunakan. Barangkali, kamu menilai bahwa hal tersebut sangat sepele. Namun, faktanya, cukup banyak pengguna smartphone yang belum mengetahui cara untuk melihat email yang mereka gunakan.

Penasaran dengan bagaimana cara untuk melihat email yang digunakan di smartphone yang dimiliki? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Alamat Email

Dalam pengertian singkat, alamat email adalah sebuah ID online atau alamat yang bisa digunakan untuk mengirimkan data digital ke akun email yang digunakan. Oleh karenanya, ketika kamu melakukan pendaftaran akun media sosial, maka alamat email tersebut diperlukan selain sebagai alamat media sosial juga sebagai sarana verifikasi agar akun kamu dianggap valid.

Saat ini, ada cukup banyak penyedia alamat email yang bisa digunakan. Salah satu yang terbesar dan banyak digunakan adalah Gmail, yang merupakan produk email dari Google.

Cara Melihat Alamat Email Sendiri di Smartphone

Berbincang tentang cara melihat email sendiri di smartphone, kamu akan menemukan adanya beberapa cara yang bisa diaplikasikan. Tentu saja, semua cara yang tersedia sangat mudah digunakan tanpa perlunya langkah khusus.

Adapun beberapa cara untuk melihat alamat email sendiri di smartphone adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan aplikasi Gmail

Untuk melihat alamat email yang kamu gunakan di smartphone, cara mudah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengakses aplikasi Gmail. Tentu saja, aplikasi Gmail pasti ada di smartphone kamu karena merupakan aplikasi bawaan.

Nah, cara untuk melihat email menggunakan aplikasi Gmail adalah sebagai berikut:

  • Cari dan buka aplikasi Gmail yang sudah terinstal di smartphone yang kamu gunakan
  • Jika aplikasi Gmail tersebut sudah terbuka, maka klik pada foto profil Gmail tersebut yang berada di bagian kanan atas
  • Nah, kamu akan menemukan alamat email yang kamu gunakan dalam aplikasi tersebut. Jika kamu memiliki beberapa alamat email, maka semuanya akan muncul
  • Selesai

Hanya dengan beberapa langkah di atas, kamu bisa menemukan alamat email yang kamu gunakan. Tentu, selanjutnya, kamu bisa memilih mana alamat email yang kamu cari dan menyalinnya untuk digunakan pada keperluan lain.

  • Melalui pengaturan smartphone

Cara lain yang bisa digunakan untuk melihat alamat email sendiri di smartphone adalah dengan menggunakan peraturan smartphone tersebut. Untuk menggunakan cara ini, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah. Bahkan, cara ini pun bisa diaplikasikan tanpa perlu menggunakan sambungan internet.

Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk melihat alamat email melalui pengaturan smartphone adalah:

  • Cari dan masuk ke menu pengaturan smartphone yang kamu gunakan
  • Jika sudah, scroll dan klik menu Google yang ada di dalamnya
  • Temukan alamat email yang kamu gunakan
  • Selesai

Dengan beberapa langkah di atas, akun email yang kamu gunakan akan muncul di layar dan bisa diketahui dengan mudah. Apabila kamu menggunakan beberapa akun email dan ingin mencari alamat email lainnya, maka kamu hanya tinggal klik ikon arah ke bawah. Nah, alamat email yang kamu gunakan akan muncul semua.

  • Melalui browser yang digunakan

Untuk melihat alamat email sendiri, kamu juga bisa melihatnya melalui browser yang digunakan. Ini adalah cara yang sangat mudah. Hanya saja, kamu perlu memastikan jika smartphone kamu terhubung dengan jaringan internet.

Tentu, cara yang satu ini juga bisa diaplikasikan pada beberapa browser yang berbeda, seperti Google Chrome, Opera Mini, UC Browser dan lainnya.

Adapun langkah untuk melihat alamat email sendiri melalui browser adalah:

  • Pastikan smartphone terhubung dengan jaringan internet
  • Jika sudah, buka browser yang digunakan, misalnya Google Chrome
  • Kemudian, kunjungi situs Gmail melalui browser Chrome yang digunakan tersebut
  • Nah, apabila sudah terhubung, maka alamat email yang kamu gunakan akan muncul di bagian atas
  • Selesai

Berbekal langkah yang singkat, kamu akan mengetahui alamat email yang digunakan dengan mudah. Tentu, cara di atas bisa diaplikasikan ke jenis browser lainnya. Selain itu, jika kamu ingin melihat alamat email lain yang digunakan, tinggal klik panah ke arah bawah yang tertera.

Beberapa hal di atas adalah tiga cara melihat alamat email sendiri yang digunakan pada smartphone. Hanya dengan beberapa langkah simple saja, alamat email yang dicari akan didapatkan dan bisa digunakan untuk beragam keperluan lainnya.

Pengguna yang menggunakan beberapa alamat email dalam ponselnya pun bisa sekaligus mengetahui semua alamat email yang dimiliki. Sangat mudah, bukan?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More