5 Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan dengan Mudah

Layar pada ponsel pintar, terutama yang menggunakan teknologi layar sentuh, memiliki peran yang sangat penting. Semua kendali dan navigasi dilakukan langsung melalui layar ponsel pintar tersebut. Ketidakmampuan dalam layar dapat menghambat pengguna untuk mengoperasikan ponsel pintar dengan efisien. Namun jangan khawatir karena ada cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh dan dimatikan.

Layar HP tidak responsif dan sulit dimatikan merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memahami langkah-langkah mengatasi kendala tersebut guna memastikan kinerja ponsel tetap optimal.

Menghadapi masalah layar HP yang tidak responsif dan sulit dimatikan dapat diselesaikan dengan berbagai cara, tergantung pada penyebab spesifik masalah tersebut. Pengguna memiliki beberapa opsi untuk mengatasi kendala ini dan memulihkan fungsi layar HP dengan efektif. Simak berikut di bawah ini penjelasannya lebih lanjut:

1. Lakukan Force Restart

Ketika ponsel mengalami masalah ketidakresponsifan seperti tidak dapat disentuh atau dimatikan, pengguna dapat mengatasi dengan melakukan restart paksa. Metode ini bervariasi tergantung pada jenis ponsel yang digunakan.

Sebagai contoh, pada kebanyakan ponsel Android Samsung, untuk melakukan restart paksa, pengguna dapat menekan dan menahan tombol power bersamaan dengan tombol volume turun selama tujuh detik hingga ponsel memulai proses reboot.

Untuk iPhone, pengguna dapat melakukan restart paksa dengan langkah-langkah tekan tombol volume naik, kemudian tombol volume turun. Selanjutnya, tahan tombol power hingga muncul logo Apple.

Baca juga :  ukuran besar cara kirim video ke wa agar tidak terpotong

Setelah iPhone mati, tekan tombol power lagi untuk menghidupkannya kembali. Melakukan force restart atau restart paksa dapat membantu memperbarui sistem HP yang mengalami gangguan, yang bisa berdampak pada responsivitas layar sentuh.

2. Membersihkan Layar

Alternatif kedua untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak responsif adalah dengan membersihkan layarnya dari cairan atau debu yang menempel.

Kehadiran cairan atau debu dapat mengganggu responsivitas sentuhan pada layar HP. Agar terhindar dari masalah debu atau cairan, pengguna disarankan untuk membersihkan layar HP menggunakan kain lembut yang tidak bersifat korosif.

3. Melepas Screen Guard

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh dan dimatikan yang berikutnya adalah dengan melepaskan pelindung layar atau screen guard yang terpasang. Screen guard ini berfungsi untuk melindungi layar HP dari goresan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan layar.

Namun, di sisi lain, penggunaan screen guard yang terlalu tebal dapat mengakibatkan layar HP menjadi tidak responsif. Oleh karena itu, ketika mengalami masalah ketidakresponsifan pada layar HP, sebaiknya pengguna mencoba untuk melepaskan screen guard yang terpasang di layar tersebut.

4. Cek Daya Baterai, Jika Low Segera Sambungkan dengan Charger

Ketidak Responsif atau keterbatasan layar HP bisa disebabkan oleh tingkat daya baterai yang rendah, khususnya saat baterai HP tersisa di bawah 10 persen. Pada kondisi ini, layar sering kali menjadi kurang responsif, bahkan mungkin bergerak sendiri atau tidak merespons sentuhan dengan baik.

Jadi, ketika baterai HP sedang low dan layar menjadi tidak responsif tiba-tiba, langkah yang bisa diambil pengguna adalah mengisi daya dengan menghubungkan HP ke charger. Setelah proses pengisian selesai, coba lagi untuk menggunakan layar HP.

Baca juga :  5 Aplikasi Pembuat CV Gratis, Bisa Desain Sesuai dengan Keinginan

5. Lakukan Factory Reset

Pengguna dapat mencoba melakukan factory reset pada HP untuk mengembalikan sistem perangkat ke pengaturan awal pabrik. Langkah ini bermanfaat untuk memulihkan sistem perangkat ke kondisi semula dan menghilangkan gangguan yang mungkin menjadi penyebab layar HP tidak responsif.

Metode ini berguna untuk mengembalikan sistem perangkat ke kondisi awal dan menghilangkan gangguan yang dapat menyebabkan layar HP tidak responsif. Untuk melakukan factory reset, langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada jenis HP yang digunakan.

Contohnya, pada HP Android Xiaomi, pengguna dapat membuka menu Setelan, lalu pilih Tentang Telepon. Setelah itu, cari opsi Setel Ulang Pabrik dan kemudian Hapus Data.

Itulah cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh dan dimatikan. Jadi jika suatu saat hal tersebut terjadi maka cara-cara yang disebutkan diatas bisa dipraktekkan.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">