in

5+ Cara Merawat Ponsel Android dengan Baik Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Ponsel Android

5+ Cara Merawat Ponsel Android Dengan Baik Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak
5+ Cara Merawat Ponsel Android dengan Baik Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Trendingnesia.ComCara Merawat Ponsel Android – Seperti yang sudah kita lihat sehari-hari, rata-rata semua orang mempunyai ponsel android. Kehadiran HP ini tentu bertujuan untuk memudahkan kegiatan dan pekerjaan sehari-hari.

Apakah mereka semua tahu bagaimana cara merawat ponsel android dengan baik?

Tidak semua orang yang menggunakan HP mengerti cara merawat ponsel android mereka dengan baik. Tak jarang belum ada satu tahun pembelian, HP androidnya sudah bermasalah bahkan rusak total. Hal ini menandakan perlu adanya bekal untuk mengetahui bagaimana cara merawat HP agar awet.

Bagaimana Cara Merawat Ponsel Android Agar Awet dan Tahan Lama?

Banyak sekali tips tips di internet seputar cara merawat hp android agar tidak cepat rusak, tapi nyatanya banyak juga orang yang mengeluh ponselnya rusak. Entah itu speakernya, LCD, atau yang lainnya.

Oleh karena itu, Trendingnesia kali ini akan membahas lagi seputar tutorial merawat ponsel android dengan baik agar awet dan tentu bisa menghemat uangmu untuk service hp maupun beli ponsel baru. Apa saja cara-caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pakailah Softcase atau Hardcase Agar Ponselmu Terlindungi

Tips tersimple dalam cara merawat ponsel Android adalah dengan memakaikan softcase atau hardcase pada HP mu. Terlihat sepele memang, tapi dengan cara ini ternyata cukup manjur untuk mencegah benturan atau goresan ketika HP jatuh atau tergores apapun.

Contohnya seperti terkena goresan uang koin di dompet atau celana. Tidak usah gengsi pakai softcase atau hardcase hanya karena merek ponsel android mu tertutupi dan tidak bisa pamer. Bukankah yang paling penting adalah werawat ponsel android agar tidak rusak ketika jatuh?

 

2. Memasang Anti Gores Pada Layar HP Android

Tips merawat ponsel android selanjutnya adalah dengan memasang anti gores pada layar ponsel. Meskipun ponsel android keluaran baru sudah difasilitasi dengan anti gores bawaan, tetaplah pasang anti gores tambahan sebagai upaya proteksi agar layar ponselmu bebas goresan.

Cara Merawat Ponsel Android
cara merawat ponsel android dengan memasang anti gores

Harga anti gores juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan keselamatan ponsel android milikmu. Dengan memakai anti gores tambahan, kamu sudah berupaya melindungi anti gores orisinilnya. Jika anti gores tambahan rusak, setidaknya anti gores bawaan hp tetap terselamatkan.

 

3. Usahakan Ponsel untuk Tidak Terkena Air

Cara merawat ponsel android satu ini adalah untuk kamu yang tidak memakai ponsel waterpoof. komponen dalam ponsel dan barang elektronik lainnya sangat sensitif pada air. Oleh karena itu usahakan ponsel tidak terkena air.

Jika kena air, otomatis ponsel akan bermasalah. Konsleting komponen ponsel yang terkena air mengakibatkan HP bisa bermasalah, mati total dan mungkin tidak bisa lagi dihidupkan. So, jagalah ponselmu agar tidak terkena air.

 

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting di Ponsel Android

Hal lain yang bisa kamu gunakan sebagai cara merawat ponsel android agar awet tahan lama adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan. Kamu harus sering memperhatikan aplikasi mana yang benar-benar penting dan aplikasi mana yang hanya digunakan sebulan sekali.

Cara Merawat Ponsel Android
cara merawat ponsel android dengan menghapus aplikasi yang kurang penting

handphone bisa mengalami perlambatan jika di dalam hp tersebut terdapat banyak aplikasi. Kenapa? Karena aplikasi-aplikasi tersebut sudah membuat memory hp penuh yang mengakibatkan daya kerja CPU menurun. Jangan lupa juga hapus foto dan video yang tidak penting agar memori tidak full.

 

5. Cara Merawat Ponsel Android dengan Mengistirahatkannya Sejenak

Seperti halnya manusia. Jika ia bekerja terus pasti akan lelah atau sakit. Begitu pula dengan ponsel android. Jika digunakan terus menerus dalam waktu yang lama pasti ponsel juga akan panas dan mengakibatkan kerusakan ponsel.

Hp otomatis akan menurun kinerja dan performanya. Jika kamu biarkan lama-lama ponsel android ini pun akan rusak. Oleh karena itu, cara merawat hp agar awet dan tahan lama usahakan ponsel beristirahat beberapa jam sebelum kamu gunakan kembali.

 

6. Jangan Biasakan Menggunakan Ponsel Saat Di-Charge

Tutorial merawat ponsel android agar tidak mudah rusak selanjutnya adalah dengan menghindari pemakaian ponsel saat di-charge. Suhu ponsel akan naik drastis saat kamu nekat memainkan ponsel saat di-carge.

Cara Merawat Ponsel Android
cara merawat ponsel android dengan tidak menggunakannya saat di-charge

Bukan hanya itu saja, batrai ponsel pun akan semakin boros dan kinerja hp akan menurun. Jika kalian melakukannya terus menerus, jangan heran kalo ponsel android milikmu batrainya akan drop dan tidak tahan lama.

Bagaimana? Sudah paham kan beberapa cara merawat ponsel android dengan baik agar tetap awet dan tahan lama? Dengan melakukan tips-tips di atas akan membuat hp androidmu tidak mudah rusak dan yang pastinya tidak akan lambat jika digunakan. Bukankah menggunakan hp yang lemot sangat menjengkelkan?

Report

Written by Shalys Chan

Penulis online, baik fiksi maupun non-fiksi.
Siap Menulis untuk Website-mu

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *