trendingnesia.com
situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

desa ini menerapkan posyandu keliling kampung ditengah corona

kader posyandu dan bidan desa gunung raja lubai optimalkan sasaran posyandu

trendingnesia.com-dengan cekatan kader posyandu dan bidan desa  turun dari mobil ambulance, menyusuri lorong setiap kampung yang ada di desa gunung raja kecamatan lubai kabupaten muara enim.

sempat terkejut melihat video dan foto yang di share di status wahatsapp, seperti petugas kesehatan yang akan menjemput pasien, maklum saja ditengah pandemic corona saat ini melihat mobil amulance dan petugas dengan membawa alat, tebakan pasti jemput pasien corona.

tetapi tebakan saya salah ” kegiatan ini merupakan kegiatan rutin di desa yaitu posyandu” namun caranya tidak seperti biasanya konfirmasi read

posyandu bides dan kader memeriksa kesehatan bayi dan anak
bides dan kader memeriksa kesehatan bayi dan anak

 

ternyata kegiatan ini tidak hanya fokus pada balita dan ibu hamil, namun juga sasarannya penduduk rentan sosial kesehatan.

sedikit berbeda apa yang saya lihat tentang kegiatan posyandu, karena biasanya posyandu di selenggarakan di poskedes atau polindes desa, ini mengapa harus menyusuri dengan susah payah menemui warga atau katakanlah anggota posyandu.

posyandu balita
posyandu balita cek rutin buku posyandu

tanya kenapa? ternyata kegiatan posyandu keliling kampung, ini tidak lain adalah tetap menjalankan fungsi posyandu dalam menjalankan tugas baik kader dan bides, untuk menemui sasaran posyandu dan memastikan kesehatan masyarakat desa terjamin dan tetap mengikuti prosedur kesehatan physical distancing ditengah corona.

menjaga jarak bukan berarti pelayanan kesehatan mati suri dengan alasan tidak boleh ada yang sakit atau berobat. karena menurut penulis memastikan kesehatan masyarakat adalah tugas wajib pemerintah dan elemen penunjangnya.

kader posyandu
kader posyandu

dengan kegiatan posyandu dapat Mendukung perilaku hidup bersih dan sehat yang saat ini sangatlah penting ditengah serangan virus corona.

seperti yang kita tahu kasus corona saat ini di indonesia terkomfirmasi 7775 dengan penambahan 357 kasus dalam perawatan 6168 dengan pasien sembuh 960 dan meninggal 647 (psbb-palembang)

dilihat dalam grafik

terjadi penurunan kasus meninggal 8.3 % dalam artian banyak yang sembuh, namun terdapat peningkatan kasus dalam perhari. sama sama berdoa agar virus ini terkendali dan tetap mengikuti anjuran pemerintah.

dikutip dari dinkes.acehprov.go.id pengertian dan fungsi posyandu :

apa ya posyandu?

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama
masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan

terus sasaran sasaran posyandu ?

Sasaran Posyandu adalah seluruh masyarakat/keluarga, utamanya adalah bayi baru lahir, bayi, anak balita, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, PUS, remaja dan Lanjut Usia (Lansia)

fungsi dan manfaat posyandu

  1. Mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi dan kesehatan keluarga
  2. Mendukung perilaku hidup bersih dan sehat
  3. Mendukung pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan dan penyakit yang dapat dicegah dengan immunisasi
  4. Mendukung pelayanan Keluarga Berencana, sehingga Pasangan Usia Subur (PUS)
  5. Mendukung pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam penganekaragaman pangan melalui pemanfaatan pekarangan untuk memotivasi kelompok dasa wisma berperan aktif

tentu lebih banyak lagi apa itu posyandu, kriteria posyandu,posyandu balita, posyandu lansia

[wp-embedder-pack width=”100%” height=”400px” download=”all” download-text=”” attachment_id=”2743″ /]

penutup

alhamdulliah terima kasih penghargaan setingi tingginya terhadap para garda terdepan covid 19, melalui posyandu keliling diatas tentu sangat bermanfaat bagi kami.

simpan halaman penting ini untuk informasi akurat di sumsel dan muara enim terkait coronavirus

1. covid19.go.id (pusat)

2. corona.sumselprov.go.id (Sumatera Selatan Tanggap COVID-19)

3. corona.muaraenimkab.go.id (Kabupaten Muara Enim)

sekian artikel posyandu keliling kampung desa gunung raja lubai ditengah corona, semoga bermanfaat dan jaga kesehatan

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda