6 Tips Menjaga Kadar Gula Darah Pada Normalnya

perlu menjaga kadar gula darah pada normalnya

Kadar Gula Darah Normal
tips agar gula darah pada normalnya

Menjaga kadar gula darah normal agar tidak terkena sakit gula alias diabetes. Normalnya, gula darah Anda berkisar antara 70 hingga 130 desiliter per miligram.

saat belum makan. Ketika kadar gula darah tinggi, maka akan membahayakan tubuh.

Pentingnya menjaga kesehatan, Ketika terjadi luka kecil di tubuh maka akan susah sembuh. Lantas bagaimana menjaga kadar gula darah dalam tubuh, agar tidak terkena diabetes? Anda harus tenang dan pelan-pelan mengganti makanan dan minuman di dapur menjadi healthy food.

Kemudian, rajinlah berolahraga dan berpikir optimis. Gula darah wajib dikontrol, terutama pada laki-laki, karena jika kadar gula darah tinggi bisa menurunkan kejantanan (wow ).

Agar Kadar Gula Darah pada Normalnya, Perlu upaya Mengendalikannya mudah-mudahan kita terhindar dari gula darah tinggi penyakit diabetes

Cek Gula Darah
cek kadar gula darah pada normalnya secara teratur

Berikut ini beberapa cara agar Kadar Gula Darah pada Normalnya, terkendali dan tubuh menjadi sehat:

1. Kurangi Minum yang Manis

Apakah Anda wajib minum teh manis atau kopi susu tiap sore? Hentikan kebiasaan ini jika ingin mengendalikan kadar gula darah pada normalnya.

Minuman manis memang nikmat, tapi jika berlebihan akan berbahaya, karena glukosa akan menumpuk pada tubuh.

Pada tahap awal, kurangi gula, misalnya jadi setengah sendok makan saja, agar Anda terbiasa dan akhirnya tak menggunakannya sama sekali.

Saat ini banyak minuman pengganti yang diklaim rendah glukosa. Gantilah susu Anda dengan yang tinggi kalsium tapi minim gula. Gula pasir yang terbuat dari tebu juga bisa diganti dengan yang terbuat dari jagung.

Iringi dengan konsumsi air putih minimal 2 liter sehari, sehingga Anda terbiasa minum air tawar dan tidak mencari-cari gula.

2. Ganti Makanan Pokok dengan Nasi Merah

Nasi putih terlihat biasa saja, namun ternyata kadar gulanya cukup tinggi. Untuk menjaga kadar gula darah pada normalnya, maka ganti beras putih dengan beras merah.

Beras merah lebih rendah kadar gulanya dan baik untuk Anda yang sedang diet. Sebagai alternatif, bisa sesekali diganti dengan beras coklat atau beras hitam.

Namun beras merah teksturnya cenderung lebih keras daripada beras putih. Jadi, akali dengan menambahkan sedikit beras putih saat menanak nasi.

misalnya perbandingan 4 banding 1. Masak beras merah di pressure cooker agar cepat matang dan lunak. Dampingi nasi merah dengan sayur berkuah agar lebih kaya rasa.

3. Pilih Roti Gandum daripada Roti Putih

Apakah Anda terbiasa sarapan dengan roti bakar atau sandwich tiap pagi? Rasanya memang enak, namun roti putih memiliki glukosa yang tinggi, apalagi ada gluten dari tepung terigu.

Untuk lebih amannya, ganti dengan roti gandum yang berserat tinggi dan bergluten rendah. Sehingga lebih sehat dan aman bagi Anda yang kadar gula darahnya tinggi.

4. Cek Kadar Gula Darah pada Normalnya Secara Teratur

Untuk mengontrol gula darah, maka cek secara teratur di laboratorium terpercaya. Periksa minimal sebulan sekali, agar Anda bisa mengendalikan kadarnya dan mengontrol makan dan minum.
Jika gula darah masih tinggi, maka konsultasi dengan ahli gizi dan dokter, agar mendapat rekomendasi menu yang boleh dikonsumsi.

5. Beli Alat Cek Gula Darah Pribadi

Ketika laboratorium terlalu jauh, maka belilah alat pengecek kadar gula darah pada normalnya. Alat ini bisa didapatkan di toko medis terpercaya.

Dengan alat itu, maka Anda bisa memeriksa berapa kadar glukosa dalam tubuh. Sehingga menjadi pengingat agar tidak makan sembarangan dan mentaati anjuran dokter.

6. Olahraga Minimal 2 Kali dalam Sepekan

Untuk mengendalikan kadar gula darah, selain mengontrol makan dan minum, harus diiringi dengan olahraga teratur.

Lakukan jalan pagi atau sore sampai berkeringat, minimal sepekan 2 kali. Jenis olahraga lain yang bisa Anda coba di rumah adalah pilates, yoga, atau lari di treadmill.

Sehingga bisa mengeluarkan keringat dan lebih sehat, walau sehari-hari hanya mendekam dalam hunian.

Untuk mengendalikan kadar gula darah pada normalnya dan tidak terkena diabetes yang parah, maka butuh kedisiplinan.

Selalu jaga agar tidak mengkonsumsi minuman manis, juga kendalikan keinginan makan Anda. pilih nasi merah atau nasi coklat daripada nasi putih dan ganti roti putih dengan roti gandum.
Berolahragalah agar tubuh makin bugar, postur tegak, dan terhindar dari diabetes.

sekian Tips kadar gula darah normal dan cara menurunkannya agar terhindar dari penyakit Diabetes, semoga bermanfaat.

Report

Veteran

Written by admin

Jika tanganmu tidak mampu membalas suatu kebaikan maka perbanyaklah lisanmu dengan ucapan terimakasih.” (Imam Ali bin Abi Thalib ra )

menekuni dunia online dan menulis informasi yang baik demi kemajuan trendingnesia.com

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Hqdefault

Gus Miftah berduka atas meninggalnya Ustaz Maaher

H. Nasrun Umar - Hnu

Mengenal sosok H. Nasrun Umar Sekretariat daerah Sumatera Selatan menjabat plh Bupati muara enim