in

Penerapan PPKM Level 3 oleh Pemerintah di Seluruh Wilayah Indonesia – Sudah Tahukah?

PPKM Level 3

Penerapan Ppkm Level 3 Oleh Pemerintah Di Seluruh Wilayah Indonesia - Sudah Tahukah?
Penerapan PPKM Level 3 oleh Pemerintah di Seluruh Wilayah Indonesia - Sudah Tahukah?

Trendingnesia.ComPPKM Level 3 – Pemerintah segera memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

Kebijakan PPKM Level 3 tersebut akan diberlakukan saat libur hari raya Natal 2021 dan tahun baru 2022. Tepatnya dimulai pada tanggal 24 Desember 2021dan akan berakhir sampai tanggal 2 Januari 2021.

Muhadjir Effendy -Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)-, dalam percakapannya mengungkapkan bahwa selama libur Nataru (Natal dan Tahun Baru), seluruh wilayah Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3. Rabu (17/11/2021).

Beliau juga berkata jika kebijakan tersebut diberlakukan dalam upaya untuk memperketat dan membatasi pergerakan masyarakat serta mencegah kembali lonjakan C0vid 19 di Indonesia. Untuk wilayah yang sudah berstatus PPKM Level 1 dan 2 pun tetap akan diterapkan aturan PPKM Level 3.

“Sehingga ada keseragaman secara nasional. Sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa – Bali dan luar Jawa – Bali nantinya akan diseragamkan,” kata Muhadjir Effendy. Meski begitu, kebijakan ini akan diterapkan menunggu Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru dari Kemendagri.

Instruksi dari Inmendagri tersebut akan terbit selambat-lambatnya pada tanggal 22 Nopember 2021. Info lain, saat penerapan PPKM Level 3 di seluruh wilayah di Indonesia nantinya beberapa kegiatan akan dilarang pada libur natal dan tahun baru.

Larangan Kegiatan dan Pembatasan dalam Masa PPKM Level 3

Kegiatan yang dilarang saat PPKM Level 3 tersebut di antaranya seperti pesta kembang api di malam tahun baru, arak-arakan, pawai, dan lainnya yang berpotensi mengumpulkan kerumunan besar. Tentu saja kebijakan ini dimaksudkan agar mencegah lonjakan kasus c0vid 19 seperti pada libur hari raya idul fitri kemarin.

Penerapan Ppkm Level 3 Oleh Pemerintah Di Seluruh Wilayah Indonesia - Sudah Tahukah?
larangan kegiatan dan pembatasan saat masa ppkm level 3

Menko PMK Muhadjir Effendy juga menerangkan, meskipun kebijaka yang diterapkan tersebut dimaksudkan dalam rangka menghambat serta pencegahan penularan c0vid 10, ekonomi rakyat harus tetap berjalan dan bergerak.

Mengenai pelaksanaan ibadah Natal, kunjungan ke pusat perbelanjaan, wisata dan lainnya akan disesuaikan dengan kebijakan PPKM Level 3 nanti.

Bukan hanya itu, nantinya ada proses pengawasan protokol kesehatan secara ketat di beberapa tempat, seperti di gereja saat perayaan Natal, di pusat perbelanjaan, juga di berbagai wisata lokal.

Report

Written by Shalys Chan

Penulis online, baik fiksi maupun non-fiksi.
Siap Menulis untuk Website-mu

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *