informasi trending topic di indonesia

Perkembangan Teknologi di Bidang Pendidikan, Manfaat Serta Contoh-Contohnya

Teknologi di bidang pendidikan

Dunia pendidikan tidak terlepas dari berbagai upaya modernisasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk inovasi, agar dunia pendidikan bisa lebih maju. Salah satu yang bisa terlihat jelas, yaitu adanya dominasi teknologi di bidang pendidikan.

Karena seperti diketahui, di era digitalasi seperti saat ini, peran teknologi menjadi sangat penting. Khususnya pada dunia pendidikan ini. Meskipun demikian, tetap saja, diperlukan sebuah ketelitian dalam memilih mengenai teknologi mana, yang bisa diterapkan pada dunia pendidikan ini.

Manfaat Adanya Teknologi di Bidang Pendidikan

 

Manfaat dari teknologi dalam dunia pendidikan
manfaat dari teknologi dalam dunia pendidikan

 

Tak bisa dipungkiri, adanya teknologi dalam dunia pendidikan, secara lamgsung bisa memberikan beragam manfaat. Baik itu manfaat yang bisa dirasakan oleh siswa, maupun oleh tenaga pengajar itu sendiri.

Beragam manfaat dari teknologi dalam dunia pendidikan ini diantaranya :

1. Bisa Memotivasi Siswa

Secara tidak langsung, adanya teknologi dalam dunia pendidikan, bisa memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti materi pelajaran. Diharapkan, jika sebelumnya siswa merasa malas untuk mengikuti pelajaran, dengan penmggunaan teknologi pada dunia pendidikan ini, siswa bisa lebih termotivasi.

2. Bisa Memudahkan dalam Mendalami Materi Pelajaran

Manfaat lainnya dari adanya teknologi di dalam bidang pendidikan yaitu bisa memudahkan dalam mendalami materi pelajaran. Dengan adanya pemanfaatan teknologi ini, materi pelajaran bisa disajikan dengan lebih menarik, dan juga lebih mudah dipahami.

3. Mengenalkan Siswa Pada Belajar Virtual

Jika sebelumnya, siswa hanya mengenal metode pembelajaran dengan sistem tatap muka. Kini dengan adanya teknologi di bidang pendidikan ini, sistem pembelajaran online sudah mulai bisa diikuti oleh berbagai institusi pendidikan. Terbukti bahwa sistem pembelajaran online (e-learning) ini, sama menariknya dengan pembelajaran dengan sistem tatap muka.

Bahkan, dengan adanya sistem belajar virtual ini, tanpa disadari, telah banyak memunculkan berbagai aplikasi belajar. Dimana dengan adanya aplikasi ini, akan lebih memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Meskipun tidak dilakukan dengan melalui proses belajar tatap muka di sekolah.

4. Memberikan Akses untuk Mencari Informasi ke Sumbernya Langsung

Jika dulu, para siswa hanya mengenal materi pelajaran hingga informasi mengenai pendidikan hanya dari guru ataupun buku pelajaran saja. Maka setelah teknologi mulai diperkenalkan dalam bidang pendidikan ini, siswa bisa langsung mencari informasi sendiri, ke sumbernya langsung. Dengan melalui jejaring internet.

5. Memungkinkan Siswa Lebih Kreatif dan Inovatif

Dengan adanya pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan, diharapkan hal ini bisa membuat siswa lebih kreatif dan juga inovatif. Terutama dalam mencari sumber-sumber informasi dan juga materi pelajaran, tanpa harus selalu bergantung kepada tenaga pendiidik yang memberikan pelajaran.

6. Mempersiapkan Siswa Agar Menjadi Lebih Siap Memasuki Dunia Kerja

Dengan adanya teknologi ini, secara tidak langsung bisa memudahkan tenaga pendidik, dalam mempersiapkan siswa, agar lebih siap saat memasuki dunia kerja. Karena dengan berbagai materi dan juga keterampilan yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi ini, bisa membuat siswa memiliki kemampuan untuk memasuki dunia kerja.

7. Membentuk Kerjasama Antara Guru dan Siswa

Teknologi pendidikan memungkinkan proses pembelajaran tidak berlangsung secara pasif. Dimana hanya guru saja yang mendominasi. Sementara siswa diharuskan untuk mendengarkan saja. Kini, setelah teknologi pendidikan sudah mulai banyak diterapkan.
Memungkinkan pemahaman sistem belajar dengan metode pasif ini berangsur-angsur digantikan dengan metode belajar aktif. Dimana antara guru dan siswa terjalin komunikasi yang baik, yang menimbulkan kerjasama yang saling menguntungkan, dalam proses belajar mengajar.

Contoh-Contoh Teknologi yang Bisa Digunakan pada Bidang Pendidikan

Dari penjelasan diatas sudah bisa ditarik kesimpulan, bahwa teknologi memiliki peran yang cukup penting dalam dunia pendidikan. Karena dengan adanya teknologi ini, memungkinkan siswa bisa lebih kreatif, inovatif hingga mandiri.

Sedangkan bagi tenaga pendidik, teknologi diibaratkan sebuah solusi untuk membuat sistem pembelajaran menjadi lebih menarik, tidak membosankan, serta bisa dilakukan dengan lebih mudah. Adapun beberapa contoh dari pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan ini diantaranya :

1.Sistem Pembelajaran Berbasis Komputer

Salah satu contoh teknologi dalam dunia pendidikan yang paling awal, yaitu dengan menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis komputer. Bahkan, komputer bisa digunakan dalam pendalaman materi pembelajaran, hingga penyimpanan data sekolah.
Beberapa sistem pembelajaran yang berbasis komputetr ini diantaranya Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Education (CBE), Computer Based Training (CBT), serta Computer Based Instruction (CBI).

2. Penerapan E-Learning

Sistem e-learning merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komputer dan juga internet. Sistem ini memungkinkan siswa bisa mencari sumber informasi yang sesuai dengan materi pelajaran ke sumber informasinya secara langsung. Maupun melalui berbagai aplikasi belajar.
Sistem e-learning biasanya digunakan untuk metode pembelajaran online, dengan memanfaatkan internet. Bisa dibilang, e-learning adalah salah satu solusi jitu untuk mengikuti pelajaran, tanpa harus melakukan pembelajaran tatap muka.

3. Blended Earning

Berbeda dengan e-learning yang menggunakan pembelajaran secara online saja. Maka blended earning adalah perpaduan antara keduanya. Dimana guru akan memeberikan materi secara bertatap muka dengan siswa.

Namun tidak dilakukan dalam satu ruangan yang sama. Dalam arti, siswa bisa mengikuti pelajaran tersebut dimanapun, selama ada jangkauan internet. Sementara guru/tenaga pengajar akan memberikan materi pelajaran melalui phone conference, video conference mapun chating online.
Bukan hanya itu saja, pada sistem pembelajaran ini juga akan ada sesi tanya jawab. Sehingga seolah-olah, proses belajar mengajar ini dilakukan secara bertatap muka, dan berlangsung di tempat/ruangan yang sama.

4. Penggunaan Alat Pendukung Berbasis Teknologi

Contoh lainnya dari adanya pemanfaatan teknologi pada dunia pendidikan ini yaitu dengan digunakannya beberapa alat pendukung yang berbasis teknologi. Dimana alat-alat pendukung tersebut digunakan untuk membuat proses belajar mengajar bisa dengan mudah dilakukan.

Misalnya penggunaan video, penjelasan mengenai materi pelajaran denagn menggunakan gambar/foto yang diambil dari laptop, maupun materi pelajaran yang diberikan dengan metode presentasi, yang dilakukan pada sebuah proyektor.

5. Adanya Perpusatakaan Digital

Contoh lainnya yang bisa terlihat dengan adanya penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan ini yaitu berdirinya beberapa perpustakaan digital. Pengertian dari perpusatakaan digital ini yaitu sebuah perpustakaan, yang mana semua buku-buku yang disediakan merupakan buku-buku berbasis digital.

Sehingga untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu menggunakan jaringan internet. Bahkan untuk mengaksesnya sendiri, Anda tidak perlu datang langsung ke perpustakaan tersebut secara langsung. Layaknya pada perpustakaan konvensional.

Demikian penjelasan mengenai manfaat hingga contoh-contoh perkembangan teknologi di bidang pendidikan ini. Karena seperti yang diketahui, di era digitalisasi ini, hampir semua bidang tidak lupout dari adanya penggunaan teknologi.

Termasuk dalam dunia pendidikan ini. Selain memberikan manfaat, penggunaan teknologi yang tidak terkendali dan tanpa pengawasan, mungkin saja akan berdampak buruk bagi siswa itu sendiri. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan pengawasan dan juga bimbingan, agar siswa bisa memahami mengenai teknologi yang digunakan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More