informasi trending topic di indonesia

Snorkeling adalah? Simak Penjelasan Beserta Tips Melakukannya!

Pernah mendengar tentang snorkeling sebelumnya? Ya, bisa dikatakan bahwa snorkeling adalah salah satu jenis olahraga air dan ide wisata air yang cukup populer, termasuk di Indonesia.

Pasalnya, Indonesia sendiri memiliki cukup banyak spot untuk melakukan snorkeling dengan pemkamungan bawah laut yang begitu menakjubkan.

Namun, meskipun cukup populer, beberapa kalangan belum begitu memahami tentang apa yang dimaksud dengan snorkeling. Bisa jadi, seluruh kegiatan menyelam di laut yang dilakukan dengan beberapa peralatan akan disebut dengan istilah snorkeling.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang apa yang dimaksud dengan snorkeling dan juga tips untuk melakukannya, terutama untuk kamu yang masih pemula. Dengan pemahaman yang dimiliki, tentu saja kamu akan mendapatkan tambahan pengetahuan dan juga tips melakukan snorkeling yang aman.

Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

snorkeling adalah

Sekilas Tentang Snorkeling 

Apa yang sebenarnya dimaksud dengan snorkeling?

Dalam pengertian yang singkat, snorkeling adalah sebagai sebuah kegiatan menyelam yang dilakukan di kedalaman lima meter yang termasuk sebagai permukaan dangkal. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menikmati keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan beragam makhluk lainnya.

Selain itu, snorkeling dilakukan dengan menggunakan beberapa alat penunjang. Penggunaan alat tersebut bertujuan untuk membantu seseorang untuk bisa menyelam dengan baik, terutama ketika menikmati keindahan bawah laut tadi. Juga, peralatan yang digunakan bisa memberikan jaminan keselamatan yang lebih baik bagi mereka.

Peralatan yang Digunakan Untuk Snorkeling

Aktivitas snorkeling bisa dilakukan oleh siapa saja dengan rentang usia yang berbeda-beda. Bahkan, seseorang yang tidak terlalu mahir berenang pun bisa melakukan snorkeling.

Hal ini dikarenakan adanya panduan untuk melakukan snorkeling dan juga beragam peralatan yang digunakan ketika memulai aktivitas snorkeling tersebut.

Nah, berbincang tentang snorkeling, ada beberapa peralatan yang akan digunakan, yakni sebagai berikut:

  • Snorkel 

Salah satu peralatan penting yang digunakan untuk melakukan snorkeling adalah snorkel. Dalam pengertiannya, snorkel sendiri merupakan sebuah alat yang berbentuk J.

Fungsi utama dari alat ini adalah sebagai tempat masuknya udara ketika seseorang bernapas di bawah permukaan air selama melakukan snorkeling.

Dengan menggunakan snorkel, maka para penyelam nantinya bisa menyusuri keindahan alam di bawah air tanpa perlu mengangkat kepala untuk mengambil oksigen. Tentu saja, hal ini akan memberikan waktu yang lebih leluasa pada penyelam untuk berada di kedalaman laut.

  • Kaki katak

Alat kedua yang digunakan untuk melakukan snorkeling adalah kaki katak. Alat ini adalah sebuah alat yang dipasang di kaki dengan fungsi untuk menambah daya dorong kaki ketika melakukan penyelaman. Bisa dikatakan bahwa kaki katak ini merupakan sepatu yang digunakan ketika melakukan snorkeling.

Kenapa disebut dengan istilah kaki katak?

Nah, alasan penyebutan istilah tersebut dikarenakan sepatu yang dipakai memiliki bentuk yang mirip dengan kaki katak. Selain memanjang, kaki katak tersebut memiliki ujung yang lebih lebar.

Perlu diketahui bahwa kaki katak tidak hanya digunakan untuk menambah daya dorong kaki saja. Fungsi lain dari alat ini adalah sebagai pelindung kaki, terutama untuk menghindari masalah yang bisa muncul terutama dari benda asing dan makhluk berbahaya yang ada di permukaan laut.

  • Masker selam

Peralatan lain yang digunakan untuk melakukan snorkeling adalah masker selam. Tentu saja, masker selam adalah alat yang sangat penting untuk digunakan guna melindungi bagian wajah. Hal ini sangat beralasan karena bagian wajah, terutama mata dan hidung harus mendapatkan perlindungan maksimal karena rentan terluka.

Alat yang satu ini dibuat dengan bagian kerangka berbahan karet atau silikon. Selain itu, ada lensa yang terbuat dari kaca pengaman. Dengan konsep tersebut, maka selain bisa memberikan perlindungan, masker selam juga bisa membantu penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut dengan leluasa.

Beberapa peralatan di atas secara umum wajib digunakan ketika melakukan snorkeling. Tentu saja, penggunaan alat tersebut sangat disarankan karena selain untuk memberikan jaminan keamanan bagi para penyelam, alat tadi juga bisa membantu penyelam yang belum mahir untuk berenang.

Tips Penting Untuk Melakukan Snorkeling

Ketika hendak melakukan snorkeling, ada beberapa tips yang cukup krusial yang harus diketahui demi kelancaran dan juga keamanan ketika melakukan snorkeling. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips penting melakukan snorkeling:

  • Cek peralatan yang hendak digunakan

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa untuk melakukan snorkeling, ada beberapa jenis peralatan yang akan digunakan sebagai penunjang. Oleh karenanya, tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek peralatan yang hendak digunakan tadi.

Pertama-tama kamu perlu memastikan kelengkapan alat yang hendak digunakan. Pastikan kamu menggunakan peralatan yang lengkap, terutama ketika kamu masih pemula dalam urusan snorkeling tersebut.

Selain itu, cek kondisi peralatan tersebut. Terkait pengecekan, pastikan jika masing-masing peralatan yang digunakan berada dalam kondisi yang prima sehingga tidak akan menimbulkan masalah ketika digunakan nantinya.

  • Pelajari teknik snorkeling

Aktivitas snorkeling tentu tidak hanya dilakukan dengan berenang saja. Memang, berenang bisa jadi menjadi porsi yang paling besar dalam aktivitas snorkeling. Namun, ada beberapa teknik lain yang cukup penting untuk dipelajari.

Nah, sebelum melakukan snorkeling, pastikan jika kamu mempelajari beragam teknik untuk melakukan snorkeling terlebih dahulu.

Selain untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan ketika snorkeling, mempelajari teknik snorkeling ini nantinya akan menghindarkan kamu dari cedera yang kemungkinan bisa terjadi.

  • Persiapkan mental dengan baik

Memiliki fisik yang baik dan prima ketika hendak melakukan aktivitas snorkeling adalah hal yang penting. Namun, di samping itu, tentu kamu juga harus mempersiapkan mental yang baik, terutama jika kamu adalah seorang pemula yang baru pertama kali akan melakukan snorkeling.

Persiapan mental tersebut cukup krusial untuk dilakukan. Pasalnya, kondisi lingkungan di bawah laut sangat berbeda dengan apa yang ada di permukaan. Juga, ada tekanan yang berasal dari air laut tersebut.

Nah, dengan persiapan mental yang baik, tentu kamu nantinya akan terhindar dari masalah yang kemungkinan muncul seperti panik atau lainnya.

  • Mempelajari spot snorkeling

Tips tambahan yang juga penting untuk dilakukan ketika hendak melakukan snorkeling adalah mempelajari spot snorkeling tersebut. Bisa jadi, masing-masing spot snorkeling memiliki karakteristik yang berbeda.

Dengan mempelajari spot snorkeling, maka kamu nantinya bisa melakukan adaptasi dengan baik. Selain itu, mempelajari spot snorkeling juga akan membantu kamu menemukan waktu yang tepat untuk melakukan snorkeling demi mendapatkan keindahan bawah laut yang maksimal.

Nah, beberapa hal di atas adalah tips penting yang perlu diperhatikan saat snorkeling. Tentu, untuk pemula, ada baiknya jika kamu mencari pemandu yang berpengalaman untuk pendampingan. Selain itu, cari spot snorkeling yang cenderung aman dan mudah terlebih dahulu agar kamu bisa terbiasa nantinya.

Dengan memahami definisi snorkeling adalah tips-tipsnya, yakin tidak tertarik dengan aktivitas bawah laut ini?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More