in ,

Social Media Break – Yuk Ikuti 5 Cara Ini untuk Istirahat dari Media Sosial Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Social Media Break

Social Media Break - Yuk Ikuti 5 Cara Ini Untuk Istirahat Dari Media Sosial Demi Kesehatan Fisik Dan Mental
Social Media Break - Yuk Ikuti 5 Cara Ini untuk Istirahat dari Media Sosial Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Trendingnesia.ComSocial Media Break – Sosial media seakan sudah menjadi candu bagi beberapa lapisan manusia di muka bumi ini, Tua, muda, pengangguran, sampai pada orang yang terlihat sibuk pun kerap kali tidak bisa lepas dari jaringan internet, khususnya social media.

Dari yang awalnya iseng ingin tahu, mencoba posting, sampai pada tahap kecanduan dan tidak bisa melepaskan diri dari gadget. Setiap menit selalu memeriksa notifikasi ponselnya, seakan tidak ada hal lain yang perlu dikerjakan. Akibatnya, otak akan selalu merespon hal tersebut sampai berujung depresi.

Bukan hanya penyakit mental, fisik pun akan terserang. Mata menjadi kabur akibat pantulan sinar ponsel, jari kebas dan kaku, kepala pusing, sakit pundak serta leher, dan lain sebagainya.

Jika dilanjutkan terus menerus, imun tubuh otomatis akan menurun. Pekerjaan dan produktifitasmu pun akan menurun. Bagaimana tidak menurun, jika berjam-jam kamu hanya menatap ponsel dan berharap ada notifikasi yang muncul.

Mau hal itu terjadi? Sebelum penyakit mental dan fisik tadi menyerangmu, alangkah baiknya jika kita pandai mengatur waktu dalam bermedia sosial. Lakukanlah social media break atau menghilang sejenak dari sosial media untuk menghindari dan me-reset dampak buruk dari sosial media.

Lakukan Social Media Break untuk Kesehatan Jiwa dan Ragamu

Upaya untuk istirahat dari sosial media disebut dengan social media break. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memulihkan penyakit fisik yang telanjur menyerang. Juga penyakit mental seperti gangguan kecemasan, merasa rendah diri, ketagihan buka sosmed, merasa harga diri rendah dan lainnya.

Nah, bagaimana cara menjauh dari media sosial, sedangkan kita tidak bisa hidup tanpa ponsel? Berikut Trendingnesia ungkapkan bagaimana melakukan social media break yang benar agar mental dan fisikmu kembali sehat tanpa harus menderita.

1. Matikan Notifikasi Social Media pada Ponselmu

Like dan komentar yang mampir di status kita akan membawa rasa bahagia tersendiri. Tak heran bila ada notifikasi masuk kita menjadi senang dan ingin segera untuk membukanya. Setelah membuka tentu kita akan berusaha membalasnya, dan begitu seterusnya sampai kamu mensia-siakan waktumu.

Social Media Break - Yuk Ikuti 5 Cara Ini Untuk Istirahat Dari Media Sosial Demi Kesehatan Fisik Dan Mental
matikan notifikasi sosmed sebagai cara social media break

Rasa senang yang bergejolak ini tentu tidaklah baik. Kamu akan ketagihan untuk selalu menikmatinya. Jika tidak diputus rantai berbalas komentar ini, seharian penuh pasti kamu akan terus membuka media sosial. Jika sudah seperti ini, segera matikan notifikasi medsos sebagai wujud social media break.

 

2. Jauhkan Ponsel dari Jangkauanmu

Cara menjauh dari sosial media atau social media break yang ke dua adalah dengan menjauhkan ponsel dari jangkauanmu. Mustahil bagi kita untuk mematikan ponsel, karena memang ponsel sudah menjadi kebutuhan wajib bagi kita. Semua pekerjaan sepertinya terhubung dengan ponsel.

Dengan menjauhkan ponsel dari jangkauanmu itu sudah menjadi upaya untuk tidak ketergantungan sosmed. Kamu hanya boleh mengambil ponsel jika memang benar-benar butuh. Bedakan pula antara nada notifikasi social media dengan notifikasi aplikasi chat yang memang penting untuk pekerjaanmu.

 

3. Melakukan Social  Media Break dengan Mencari Kesibukan Offline

Seberapa perlukah media sosial bagimu? Jika ditimbang, berat mana antara kebutuhan bermedia sosial dengan kebutuhan aktivitas offline? Cucian numpuk, meja kerja berantakan dan banyak hal yain yang tak terurus akibat kamu yang hidup di media sosial.

Social Media Break - Yuk Ikuti 5 Cara Ini Untuk Istirahat Dari Media Sosial Demi Kesehatan Fisik Dan Mental
melakukan social  media break dengan mencari kesibukan offline

Segeralah cari cara menjauh dari dari sosial media / social media break dengan mencari kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan ponsel. Tentunya aktivitas yang berguna dan menyenangkan. Bersih-bersih rumah, memasak, membaca buku, olahraga ringan dan sebagainya bisa menjadi alternatifnya.

 

4. Tetapkan Hari Bebas Sosmed untuk Social Media Break

Cara istirahan dari media sosial selanjutnya adalah dengan menetapkan hari bebas sosmed. Dalam tujuh hari pilihlah hari di mana kamu benar-benar tidak akan membuka sosial media. Ganti hari tersebut dengan aktivitas lain, misalnya memasak, berkebun, dan lainya.

Bagaimana jika ternyata kamu gagal menerapkan social media break point ini? Sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah berbicara dengan diri sendiri termasuk soal hukuman bila gagal. Jika memang gagal terimalah konsekuensi yang sudah kamu buat sebelumnya.

 

5. Hapus Aplikasi Sosial Media Sebaga Cara Menjauh dari Sosial Media

Satu lagi, upaya social media break atau istirahat dari sosial media adalah dengan menghapus aplikasi medsosmu. Ini adalah cara menjauh dari sosial media atau social media break yang terampuh. Kalau media sosial sudah terhapus, kamu tidak akan bisa lagi mengintip akun sosmedmu.

Social Media Break - Yuk Ikuti 5 Cara Ini Untuk Istirahat Dari Media Sosial Demi Kesehatan Fisik Dan Mental
hapus aplikasi sosial media sebaga cara menjauh dari sosial media

Sebenarnya masih bisa untuk instal ulang aplikasi, namun bukankah yang sebenarnya dalam hatimu adalah ingin istirahat dari sosial media? Jika kamu tidak bisa berkompromi dengan diri sendiri, buat apa kamu mencari cara social media break yang ampuh?

 

Penutup

Itulah tadi beberapa tips social media break atau istirahat dari media sosial sementara waktu. Kehadiran media sosial memang sangat membantu kita. Namun, sesuatu yang berlebihan yang akan membawa kecanduan tidaklah baik untuk kita. Termasuk bermain di sosial media.

Kamu harus benar-benar membulatkan tekad dalam memulai social media break sebelum penyakit mental dan fisik menyerangmu. Menepilah sejenak guna me-refresh tubuh dan pikiran. Memang tidak mudah untuk menghilang dari media sosial meski untuk sementara. akan tetapi jika kamu berusaha, tidaklah tidak mungkin kamu akan terbebas dari toxic media sosial.

Report

Written by Shalys Chan

Penulis online, baik fiksi maupun non-fiksi.
Siap Menulis untuk Website-mu

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *