informasi trending topic di indonesia

Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh dengan Mobil Agar Aman dan Tetap Tenang

Bayi adalah sosok yang selalu dinantikan kehadirannya oleh suatu keluarga. Ketika hendak bepergian, bayi harus dipastikan selalu lekat digendongan seorang ibu. Bukan hanya bepergian jarak dekat saja, namun saat bepergian jauh seperti mudik lebaran pun bayi selalu ikut serta.

Bukan masalah sepele, namun bayi memang sudah seharusnya bergantung kepada orang tua dan ikut kemanapun sang ibu pergi. Akan tetapi, namanya juga anak-anak dan bahkan bayi maka ia akan menangis ketika minta susu dan juga mengantuk.

Oleh karena itu, ada beberapa tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil supaya lebih aman dan bayi tidak rewel. Kira-kira bagaimana saja tipsnya? simak di bawah ini.

Tips Membawa Bayi Perjalanan Mobil dengan Mobil Agar Tetap Tenang

Buat Jadwal Lengkap dengan Plan B

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah membuat jadwal perjalanan yang lengkap dengan plan B jika ada hal lain diluar jadwal utama. Untuk waktu pemberangkatan usahakan untuk siap-siap lebih awal, karena perjalanan dengan membawa bayi akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Selain itu kamu juga tidak boleh melewatkan waktu istirahat dan mengganti popok si bayi. Kemudian sebisa mungkin jaga mood bayi supaya tetap happy dan tidak rewel ataupun mabuk perjalanan. Jadi, buatlah jadwal yang fleksibel dan sediakan juga plan B jika di perjalanan tiba-tiba ada perubahan mendadak.

Sounding Lebih Awal

Mengkomunikasikan perjalanan dengan bayi juga merupakan hal yang penting. Beritahu bayi beberapa hari sebelum keberangkatan, meskipun bayi tidak mengerti apa yang dikatakan. Namun, hal tersebut akan membentuk mental alam bawah sadar bayi saat waktu mudik tiba.

Dengan begitu, bayi tidak akan kaget dan bisa beradaptasi dengan suasana saat berkemas hingga nantinya mulai perjalanan dan sampai di tempat tujuan. Dalam hal ini kamu juga memerlukan trik khusus lho.

Katakan semuanya dengan runtut, lengkap dan jelas. Berikan juga beberapa peraturan dan sanjungan kepada si bayi. Misalnya:

“Sayang, besok minggu kita akan berlibur ke tempat nenek selama 3 hari ya. Kita naik mobil, kamu boleh membawa mainan mobil kesayangan, namun kamu tetap tenang dan tidak rewel. Ibu dan ayah pasti akan sangat senang dan bangga padamu.” lengkapi dengan cium peluk juga ya.

Pastikan Bayi dalam Keadaan Sehat

Selain membuat jadwal perencanaan mudik atau perjalanan jauh untuk keperluan lainnya, kamu juga harus memastikan kesehatan bayi terlebih dahulu. Saat bayi dalam keadaan sehat maka kemungkinan bayi rewel akan semakin kecil.

Sediakan Car Seat

Kursi pada sebuah mobil memang dirancang untuk orang dewasa dan tidak pas jika digunakan oleh si kecil. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyediakan baby car seat supaya sang buah hati tetap nyaman dan aman selama perjalanan nantinya.

Di samping itu, jika menggunakan car seat maka tidak perlu dipangku sehingga sang ibu juga menjadi lebih nyaman serta relax. Kemudian, kursi bayi tersebut juga berfungsi untuk menahan gerakan aktif si bayi.

Ciptakan Suasana Nyaman untuk Sikecil

Biasa bayi akan merasa lebih cepat bosan dan alhasil menangis saat di perjalanan. Hindari buru-buru dan khawatir berlebih yang justru akan membuat kamu sebagai orang tua cepat capek sebelum sampai di tempat tujuan.

Bayi juga biasanya akan merasa jenuh karena harus berada dalam mobil dalam waktu yang lama sementara ruang gerak bayi sangat terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat menghiburnya dengan membawa mainan kesayangan dan ciptakan suasana yang menyenangkan.

Agar bayi merasa nyaman, kamu juga tetap harus memperhatikan jam tidur bayi dan jangan sampai dilewatkan ya. Karena bayi akan rewel ketika dirinya merasa mengantuk namun tidak dapat tidur dengan nyaman.

Tetap Tenang

Seperti yang disinggung sebelumnya, sebagai orang tua yang sangat berpengaruh pada suasana perjalanan kamu dituntut untuk tetap tenang dalam segala kondisi. Jangan lupa untuk tidak khawatir berlebih karena hal tersebut akan menguras pikiran dan tenaga kamu bahkan sebelum perjalanan dimulai.

Melakukan perjalanan jauh bersama bayi memang membutuhkan kesabaran, tenaga dan waktu yang lebih banyak jika dibandingkan saat kamu bepergian seorang diri atau hanya bersama pasangan.

Bawa Perlengkapan Bayi

Tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil selanjutnya adalah membuat daftar perlengkapan bayi yang harus dibawa. Pastikan semua perlengkapan bayi yang diperlukan masuk dalam satu tas khusus bayi supaya lebih mudah dalam membawa dan mengambil perlengkapannya ketika dibutuhkan.

Adapun beberapa kebutuhan pokok bayi yang tidak boleh dilupakan seperti popok, susu, botol susu, pakaian ganti, tisu basah, tisu kering, perlengkapan mandi, alat makan bayi, makanan bayi hingga cemilan ringan.

Jangan lupa kamu juga harus membawa perlengkapan darurat yang meliputi obat obatan bayi, kompres, thermometer, obat penurun panas, obat luka dan juga krim pelembab kulit bayi. Ceklist satu persatu daftar yang sudah kamu masukkan ke dalam tas untuk menghindari barang tertinggal.

Sediakan Waktu Istirahat

Ketika melakukan perjalanan jauh pasti akan merasa lelah, tubuh kaku dan juga sesekali memerlukan ruang gerak yang lebih luas dan udara yang lebih segar untuk bernafas. Tidak hanya untuk bayi namun kamu juga sang ayah juga memerlukannya lho.

Jadi sesekali sediakan waktu untuk beristirahat sejenak meskipun sekedar merenggangkan otot atau mengajak sang buah hati bermain ringan. Disamping itu, suasana hati bayi juga seakan akan recharge kembali setelah melemaskan otot dengan bermain walau hanya sebentar.

Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

Memilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan juga bisa menjadi tips jitu bagi kamu yang akan bepergian jauh dengan bayi. Malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat lho, kenapa? karena malam hari memang waktu sang bayi untuk tidur dan beristirahat sehingga si kecil bisa lebih tenang di dalam mobil tanpa rasa rewel karena ingin bermain.

Akan tetapi jika kamu tidak menggunakan bantuan supir maka pastikan kamu sudah tidur siang dan menyiapkan tenaga yang prima. Ibu bisa ikut tidur saat sang buah hati terlelap sehingga tetap bisa menemani si kecil bermain ketika sampai di tempat tujuan.

Memilih waktu malam untuk perjalanan juga bisa membuat kamu terhindar dari macet dan panasnya terik matahari di siang hari. Hindari melakukan perjalanan saat akhir pekan karena berpotensi macet dan akan membuat bayi badmood sepanjang jalan.

Santai dan Nikmati Perjalanan

Pastikan kamu tidak melakukan perjalanan yang terburu-buru jika bersama bayi. Santai dan nikmatilah perjalanan, hindari melaju dengan kecepatan tinggi karena akan membuat tubuh bayi tidak nyaman dan berpotensi mabuk perjalanan.

Jika terjadi kemacetan panjang kamu bisa menepi dan istirahat sebentar, sementara jika terlalu parah lebih baik menginap di hotel terdekat dan memulai perjalanan saat jalanan senggang seperti malam hari.

Jadi itulah beberapa tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa untuk memastikan kebersihan dan kondisi mobil sebelum memulai perjalanan ya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More