7 Cara Edit Video Tiktok yang Sudah di Post, Tanpa Harus Posting Ulang

Memperbaiki video TikTok yang sudah diposting bisa menjadi langkah penting bagi para kreator untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik konten mereka. Dengan jutaan video diunggah setiap hari, kemampuan mengedit video TikTok setelah diposting bisa menjadi keunggulan tersendiri. Namun banyak juga yang belum paham mengenai cara edit video tiktok yang sudah di post ini.

Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas secara detail dan lengkap mengenai caranya. Untuk lebih jelasnya maka simak dibawah ini:

1. Unduh Video TikTok

Cara edit video tiktok yang sudah di post yang pertama sudah pasti untuk mengunduh videonya di aplikasi tiktok tersebut. Untuk mengunduh video dari TikTok, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi TikTok di perangkat pengguna.

Setelah itu, cari video yang ingin pengguna edit atau simpan ke perangkat. Ketika video yang diinginkan sudah ditemukan, tap pada video tersebut untuk membukanya. Di samping video, akan terdapat ikon berbagi, biasanya berbentuk panah atau pengguna titik tiga. Ketuk ikon tersebut untuk melihat opsi berbagi.

Dalam opsi tersebut, pilih Simpan Video atau Unduh untuk menyimpan video ke perangkat pengguna. Proses ini memungkinkan pengguna untuk memiliki salinan video TikTok yang bisa disunting lebih lanjut menggunakan aplikasi penyunting video.

2. Pilih Aplikasi Video Editing

Setelah berhasil mengunduh video TikTok yang ingin pengguna edit, langkah berikutnya adalah memilih aplikasi penyunting video yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Di pasar aplikasi, terdapat berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan tingkat keahlian dan fitur yang diinginkan.

Baca juga :  Pusing Kepala Depan dan Mual? Ini Penyebab Serta Cara Mengatasinya

Beberapa aplikasi populer seperti CapCut, InShot, Kinemaster, Adobe Premiere Rush, atau iMovie (untuk pengguna iPhone) menawarkan berbagai fitur penyuntingan yang memungkinkan pengguna untuk mengolah video secara kreatif sesuai dengan preferensi dan keinginan.

3. Impor Video

Setelah memilih aplikasi penyunting video yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengimpor video TikTok yang telah diunduh ke dalam proyek editor aplikasi tersebut.
Proses ini umumnya dilakukan dengan cara membuka aplikasi penyunting video, lalu mencari opsi untuk mengimpor atau menambahkan video baru ke dalam proyek pengeditan.

Dengan mengimpor video TikTok yang sudah diunduh, pengguna dapat mulai mengedit dan mengatur konten video sesuai dengan tujuan penyuntingan yang pengguna miliki.

4. Potong dan Edit

Setelah video TikTok berhasil diimpor ke dalam aplikasi penyunting video, pengguna dapat mulai memotong bagian-bagian yang tidak diinginkan dari video, menambahkan efek visual atau transisi, menyisipkan teks atau subtitle, serta memasukkan musik atau suara latar sesuai dengan tema yang diinginkan.

Proses ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan konten visual dan audio agar sesuai dengan gaya yang pengguna inginkan, menjadikan video lebih menarik dan bermakna bagi audiens yang dituju.

5. Optimalkan Video

Sebelum menyelesaikan proses penyuntingan, penting untuk memastikan bahwa kualitas video sesuai dengan standar yang diharapkan.

Hal ini termasuk memeriksa kecerahan, kontras, keseimbangan warna, serta kualitas suara agar video terlihat dan terdengar optimal. Proses penyesuaian ini membantu memastikan bahwa pesan visual yang ingin disampaikan melalui video dapat diterima dengan baik oleh penonton yang dituju.

6. Preview dan Koreksi

Setelah selesai mengedit video, langkah selanjutnya adalah melakukan pratinjau terhadap hasil editan pengguna. Proses pratinjau ini memungkinkan pengguna untuk melihat secara keseluruhan bagaimana video akan terlihat setelah selesai diedit, serta memastikan bahwa semua elemen konten (seperti efek visual, teks, dan musik) terintegrasi dengan baik.

Baca juga :  5 Aplikasi Translate Video Youtube, Solusi Untuk Menonton Channel Luar Negeri

Jika diperlukan, pengguna dapat melakukan koreksi atau penyesuaian terakhir untuk memastikan bahwa video mencapai hasil akhir yang memuaskan dan sesuai dengan visi kreatif yang telah ditetapkan sebelumnya.

7. Simpan dan Bagikan

Langkah terakhir dalam proses penyuntingan video TikTok adalah menyimpan video hasil editan pengguna dalam kualitas terbaik yang tersedia dari aplikasi penyunting video yang pengguna pilih. Setelah menyimpan video, pengguna dapat membagikannya kembali ke platform TikTok atau platform media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, atau YouTube.

Bagikan video dengan audiens pengguna untuk memperoleh respons dan tanggapan yang positif terhadap karya kreatif yang telah pengguna buat.

Itulah penjelasan mengenai cara edit video tiktok yang sudah di post. Pada penjelasan di atas terdapat tujuh langkah yang dapat diterapkan untuk mengedit video tiktok yang sudah terpublish.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">