Cara mudah Memanfaatkan Gmail untuk Email Marketing

tujuan email marketing

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

trendingnesia.com-Cara Memanfaatkan Gmail untuk Email Marketing dan tujuannya Alamat email dalam kehidupan nyata bisa diibaratkan sebagai alamat rumah. Semakin banyak alamat rumah yang kita miliki, akan semakin mudah

untuk menawarkan sesuatu pada pemilik rumah tersebut. Begitu juga dengan alamat email, semakin banyak alamat email yang kita kumpulkan,

akan semakin mudah pula untuk melakukan penawaran kepada pemilik email.Perbedaannya, jika kita datang

dari rumah ke rumah, maka akan butuh waktu yang lama. Tapi dengan

melakukan penawaran melalui email, cukup dengan satu klik, penawaran yang kita lakukan sudah tersebar

luas ke ratusan bahkan ribuan alamat email.

Sehingga jauh lebih efektif dan efisien. Melakukan penawaran lewat email untuk menawarkan produk dan

jasa, dikenal dengan email marketing,

dan cara tersebut akan semakin efektif dengan memanfaatkan gmail, sebagai salah satu vendor penyedia layanan email.

Memanfaatkan Gmail untuk tujuan email marketing

tujuan email marketing
tujuan email marketing

Cara mendapatkan uang dari Email Gmail dengan menjadikannya sebagai email marketing, langkah pertama yang harus dilakukan adalah

menentukan produk yang akan dijual serta membuatkan blog atau situs website untuk memperkenalkan produk tersebut.

Produk yang dijual bisa berupa produk sendiri atau produk milik dropshipper, sehingga kita hanya mempromosikan agar bisa mendapatkan

imbalan berupa prosentase dari nilai harga jual yang dibayar customer yang membeli barang melalui link yang kita perkenalkan.

Setelah langkah tersebut dilalui, saatnya mengoptimalkan gmail sebagai fasilitas email marketing, dengan cara sebagai berikut:

1. Bangun list email dengan mengumpulkan alamat-alamat email dari orang-orang yang memiliki minat terhadap produk-produk yang akan kita pasarkan. Semakin banyak alamat email yang terkumpul, akan semakin besar prospek dari produk yang kita pasarkan, karena mereka yang membaca penawaran kita juga semakin banyak.

2. Untuk dapat mengumpulkan alamat-alamat email, banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan software yang dapat mengcopy alamat-alamat email yang tersebar di sosial media. Namun cara ini kurang seberapa efektif, karena meskipun email yang terkumpul sangat banyak, namun tidak semuanya tertarget atau memiliki minat terhadap produk yang kita pasarkan.

3. Cara paling efektif dalam mengumpulkan alamat email tertarget adalah dengan mengenalkan produk yang kita pasarkan secara global dan berikan iming-iming sebagai pancingan, misalnya dengan memberikan ebook berkualitas secara gratis, menyelenggarakan kuis berhadiah, memberikan ilmu atau informasi berharga lewat email, atau jika kita memiliki blog/website dengan menyediakan kolom berlangganan artikel.

4. Setelah alamat email tertarget dikumpulkan, kelompokkan alamat tersebut berdasarkan minat, dan untuk alamat email yang memiliki minat sesuai dengan produk yang kita pasarkan, tindaklanjuti dengan mengirim email marketing berupa penawaran produk. Lakukan evaluasi dengan melihat statistik untuk mengetahui alamat email mana yang membuka pesan yang kita kirim dan alamat email mana yang langsung menghapus pesan tanpa terlebih dahulu membacanya. Untuk alamat email yang langsung menghapus pesan yang kita kirimkan, perlu dipertimbangkan untuk dihapus dari daftar list.

Dengan menggunakan metode email marketing, besar kemungkinan Anda akan kebanjiran order, karena dengan langkah yang cepat dan mudah, Anda bisa melakukan penawaran ke ratusan bahkan ribuan orang.

Kelebihan Gmail sebagai Email Marketing

kelebihan Email Marketing
kelebihan Email Marketing

Untuk hasil yang lebih maksimal dalam menggunakan metode email marketing, sangat disarankan untuk memanfaatkan gmail, karena penyedia layanan email milik raksasa search engine ini memiliki beberapa fitur istimewah yang tidak dimiliki penyedia layanan email yang lain. Beberapa fitur istimewah yang dapat dimanfaatkan tersebut antara lain:

1. Priority Inbox

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan email yang paling mendesak pada bagian atas. Sehingga dari sekian banyak email yang masuk, gmail secara otomatis akan menyeleksi dan menempatkan beberapa email yang penting di urutan teratas, tentunya dengan terlebih dahulu melakukan setting.

2. To-do list dan Kalender

Bisnis erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan sehari-hari, dan mail akan membantu mengingatkan pemilik email akan agenda penting yang harus dikerjakan pada hari itu lewat fitur to-do list dan kalender.

3. Kirim File Berukuran Besar

Untuk pengguna yang membutuhkan fasilitas pengiriman file berukuran besar, seperti mereka yang menjalankan bisnis menjual produk-produk digital, akan sangat terbantu jika memanfaatkan layanan gmail lewat fasilitas Google Drive yang dimilikinya.

4. Canned Response

Fitur ini akan membantu pengguna untuk menjawab secara otomatis pertanyaan-pertanyaan sama yang seringkali diajukan oleh calon customer, sehingga dapat menghemat waktu pengguna karena tidak harus menjawab seluruh email yang masuk satu persatu.

5. Kelola Inbox dari Satu Akun

Bagi seorang pebisnis, memiliki alamat email lebih dari satu merupakan hal yang wajar, karena selain alamat email pribadi juga email perusahaan. Belum lagi jika bisnis yang dijalankannya lebih dari satu. Dengan memanfaatkan gmail, dari sekian banyak alamat email yang dimiliki dapat dikelola hanya dari satu akun utama, sehingga tidak ribet harus membuka alamat email satu persatu.

6. Alamat Email Profesional

Karena untuk kepentingan bisnis, kesan professional harus ditunjukkan pada alamat email dengan tidak lagi menggunakan layanan email gratis

contoh email marketing

yang menggunakan alamat: namaAnda@gmail.com melainkan memakai layanan email berbayar dengan alamat yang member kesan professional, yaitu: namaAnda@namaperusahaan.com.

Untuk dapat memiliki alamat email professional tersebut, pengguna harus berlangganan melalui Google Apps for Business dengan membayar biaya berlangganan sebesar $50 pertahun. (*)

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More