Cara Mudah Kompres PDF Sampai 100kb di HP

Saat hendak melamar atau mendaftar pekerjaan, perkuliahan hingga beasiswa, biasanya kamu akan membutuhkan file yang sudah dikompres. Nah, beruntungnya kini banyak cara mudah kompres PDF melalui HP.

Ya, setelah pandemi, aktivitas-aktivitas tersebut kini serba dilakukan via online untuk mempermudah para kandidat dalam menjalani proses perekrutan, mulai dari pemberkasan hingga wawancara.

Supaya lolos dalam seleksi, kandidat terdaftar harus jeli dalam memenuhi semua persyaratan yang diminta. Termasuk salah satunya yaitu perihal ukuran file PDF kurang dari 1 MB. Bahkan, ada yang menyebutkan secara spesifik agar file yang diunggah tidak melebihi ukuran 100 KB.

Hal tersebut bukanlah suatu hal yang mustahil selama kamu menerapkan tutorial yang diberikan di bawah ini. Caranya sangat mudah serta bisa langsung diaplikasikan hanya dengan menggunakan ponsel.

Cara Mudah Kompres PDF Sampai 100kb Melalui Situs Online

Diperlukan alat bantu terbaik jika kamu ingin mengkompres sebuah file PDF berukuran besar hingga berukuran sangat ringan. Situs online ilovepdf merupakan salah satu pilihan terbaik yang memungkinkan file PDF menjadi 100 kb saja tanpa perlu kompres PDF berkali-kali.

Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tutorial di bawah ini.

  • Buka Situs ilovepdf

Gunakan browser HP untuk membuka ilovepdf. Kemudian ketik “ilovepdf”. Klik link yang paling atas atau ilovepdf.com yang muncul di halaman pencarian.

  • Pilih Compress PDF

Jika sudah berada di laman web ilovepdf, berikutnya pilih menu Compress PDF. Tak lama akan muncul tombol Select Files. Klik tombol tersebut untuk memilih file PDF yang ingin diperkecil ukurannya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan file lainnya dari Penyimpanan Komputer ataupun Cloud Storage. Fungsi tersebut memungkinkan kamu memperkecil beberapa file PDF sekaligus.

  • Pilih opsi Extreme Compression
Baca juga :  Cara Restart HP OPPO Mudah dan Cepat, Dengan atau Tanpa Tombol Fisik

Sebelum klik tombol Compress PDF, pilih opsi kompres Extreme di sebelah kanan supaya file tersebut berukuran sangat kecil. Jika sudah, klik Compress PDF di kanan bawah untuk memulai proses kompresi PDF.

  • Tunggu Proses Mengkompres File Selesai

Proses memperkecil ukuran PDF menggunakan ilovepdf akan berlangsung singkat. Dalam waktu beberapa detik saja, file PDF baru dengan berukuran ringan siap diunduh.

  • Download File PDF

Jika muncul Download File, artinya file PDF yang baru sudah jadi. Setelah klik tombol tersebut, tak lama kemudian file PDF akan terunduh dan tersimpan di folder Download. Ekstrak file tersebut terlebih dahulu, kemudian buka file untuk memeriksanya.

Cara Mudah Kompres PDF Sampai 100kb Tanpa Mengurangi Kualitas

Selain menggunakan ilovepdf, kamu bisa menggunakan tool lainnya yang juga dapat memperkecil ukuran file PDF menjadi 100 KB atau lebih kecil lagi. Yaitu menggunakan situs online PDF24 yang terkenal dapat memperkecil ukuran PDF sesuai keinginan.

  • Cari PDF24

PDF24 bisa kamu akses dengan mudah melalui situs online. Ketik saja “pdf24” di kotak pencarian. Pilih domain dengan nama “tools.pdf24.org”.

  • Mulai Kompres PDF

Jika sudah masuk ke dalam laman web PDF24, berikutnya pilih menu Kompres PDF. Kemudian klik tulisan “Pilih file-file”. Pilih PDF yang tersimpan di Penyimpanan Utama dari HP, Cloud, dan lain-lain.

  • Tentukan DPI dan Kualitas Gambar

Nah, inilah keunikan sekaligus kelebihan dari PD24. Kamu dapat mengatur DPI dan kualitas gambar yang nantinya dapat menentukan ukuran file. Jika ingin hasil PDF berukuran kurang dari 100kb, ubah angkanya lebih kecil.

  • Tekan Kompres

Apabila sudah menentukan angka DPI dan kualitas gambar, kamu hanya perlu menekan tombol Kompres pada bagian bawah untuk memulai proses konversi.

  • Unduh File Jadi
Baca juga :  7 Aplikasi Belajar Offline SMP yang Sangat Berguna

Bila file sudah jadi, klik Download untuk mengunduh file. File PDF baru dengan ukuran ringan sudah jadi dan siap dikirim.

Cara Mudah Kompres PDF Sampai 100kb Menggunakan Aplikasi

Bagi kamu yang sedang aktif melamar pekerjaan, beasiswa, dan sebagainya, sebaiknya gunakan aplikasi PDF compressor karena lebih simple dan praktis.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Xodo PDF Reader & Editor dari Xodo Technologies, Inc. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Play Store Android secara gratis.

Yuk, langsung saja simak bagaimana cara memperkecil PDF hingga 100 kb.

  • Unduh Aplikasi di Play Store

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan aplikasi PDF compressor di Play Store.

  • Buka Aplikasi dan Nyalakan Semua Perizinan

Jika sudah berhasil menginstall, buka aplikasi dan izinkan semua permintaan izin yang muncul.

  • Unggah, Kompres, Download

Mengunggah file PDF sedikit berbeda dengan dua cara sebelumnya.

  • Klik ikon garis tiga di sebelah kiri atas
  • Pilih File untuk mengunggah PDF
  • Klik ikon garis tiga di kanan atas
  • Pilih Save Copy, kemudian pilih Reduce File Size Copy
  • Tekan Higher Quality, kemudian pilih OK
  • Pilih tempat penyimpanan compres PDFSelesai

Itulah cara mudah kompres PDF yang memungkinkan kamu mendapatkan file PDF ringan, namun berkuaitas bagus. Segera unduh hasil PDF untuk melihat hasilnya, lalu kirim untuk segera memenuhi persyaratan mendaftar lowongan kerja dan lainnya.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">