6 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah yang Jarang Diketahui

Bawang putih merupakan bumbu penting dalam masakan Indonesia. Namun, ternyata ada banyak manfaat makan bawang putih mentah tanpa mencampurnya dengan makanan.

Konsumsi bawang putih mentah, baik bagian umbi, kulit, atau keduanya, diketahui memberikan lebih banyak nutrisi karena kandungannya yang tidak berkurang atau hilang akibat proses pengolahan pada suhu tinggi seperti di atas 60°C.

Bawang putih kaya akan nutrisi penting seperti mangan, Vitamin C, selenium, serta mengandung serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, bawang putih mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh jika mengkonsumsinya secara mentah:

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah suatu zat yang penting bagi tubuh manusia. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu cara untuk mengelola kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi bawang putih, yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10-15 persen.

2. Mencegah Terkena Penyakit Jantung

Manfaat makan bawang putih mentah yang selanjutnya ini dapat digunakan untuk mencegah terkenanya penyakit jantung. Dengan mengontrol kadar kolesterol dan tekanan darah, bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kolesterol yang terjaga dapat mencegah akumulasi lemak dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Tekanan darah normal juga membantu mengurangi beban kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, bawang putih memiliki sifat mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol di arteri dan vena.

Baca juga :  6 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Mengatasi Sakit Maag

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa konsumsi suplemen bawang putih dapat membantu mencegah sakit maag. Hal ini terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori di lambung.

Allicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri yang berperan dalam manfaat ini. Namun, untuk memastikan efektivitas dan keamanannya secara lebih komprehensif, diperlukan penelitian yang melibatkan sampel yang lebih besar.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih memiliki kemampuan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Allicin yang terkandung dalam rempah ini dapat menyebabkan relaksasi pada pembuluh darah, yang membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, penting untuk menjaga berat badan ideal, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, mengelola stres, dan memastikan tidur yang cukup.

5. Meredakan Flu

Bawang putih diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus. Diklaim bermanfaat untuk pencegahan dan penanggulangan flu serta pilek.

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi untuk mengatasi COVID-19 dan mengurangi gejalanya.

Allicin, senyawa aktif dalam bawang putih, tidak hanya digunakan sebagai pengobatan alami untuk asma tetapi juga memiliki sifat antivirus yang dapat melawan virus penyebab flu, pilek, dan meredakan sakit tenggorokan.

6. Menekan Pertumbuhan Kanker

Bawang putih mengandung allicin, sebuah senyawa antioksidan yang diyakini memiliki efek antikanker. Allicin telah diketahui dapat membantu menurunkan risiko kanker lambung serta mengurangi keparahan berbagai jenis kanker lainnya, termasuk kanker payudara, usus besar, paru-paru, prostat, dan pankreas.

Itulah uraian terkait dengan beberapa manfaat makan bawang putih mentah yang bisa dirasakan. Tentunya dengan banyaknya manfaat yang terkandung ini, maka tak heran jika banyak masyarakat yang memilih untuk mengkonsumsi bawang putih secara mentah.

Baca juga :  6 Minuman yang Cocok Untuk Diet Agar Berat Badan Kembali Ideal
lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">