7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Agar Kulit Kembali Bersih

Komedo merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Sebenarnya cara menghilangkan komedo secara alami ini bisa dilakukan dengan mudah.

Seperti yang telah diketahui bahwa, komedo adalah tonjolan yang timbul di dalam pori-pori kulit. Mereka dapat berwarna hitam atau putih dan sering menjadi tanda awal jerawat. Masalah ini biasanya terjadi di area wajah.

Oleh karenanya, agar tidak menjadi masalah yang lebih buruk lagi, sebaiknya segera atasi komedo tersebut dengan menggunakan bahan yang alami. Sebenarnya pemilihan bahan alami ini bisa memungkinkan efek yang ditimbulkan akan lebih sedikit dan tidak beresiko.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo namun dengan menggunakan cara yang alami? Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Memanfaatkan Gula dan Minyak Zaitun

Anda dapat menghilangkan komedo secara alami dengan mencampur 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak zaitun, kacang almond, atau jojoba. Aplikasikan campuran ini secara merata ke seluruh wajah sebagai scrub, dan lakukan perawatan ini sekali seminggu untuk hasil terbaik.

2. Menggunakan Kayu Manis dan Lemon

Pengguna dapat memanfaatkan kayu manis sebagai solusi alami untuk mengatasi komedo. Kayu manis membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merapatkan pori-pori kulit.

Sementara itu, lemon mengandung sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

Baca juga :  6 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Untuk membuatnya, campurkan 2 sendok teh bubuk kayu manis dengan air perasan lemon. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Menggunakan Tomat

Salah satucara menghilangkan komedo secara alami adalah dengan menggunakan tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi, yang dapat membantu menyempitkan pori-pori, mempercerah kulit, serta menyerap kelebihan minyak. Caranya, hancurkan satu buah tomat dan oleskan secara merata ke seluruh wajah. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air.

4. Menggunakan Bubuk Kopi

Gunakan bubuk kopi sebagai masker wajah dapat membantu mengatasi komedo secara efektif. Langkahnya cukup mudah, campurkan setengah cangkir bubuk kopi dengan setengah cangkir minyak kelapa, aduk hingga menjadi pasta, dan aplikasikan pada kulit wajah.

Diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Namun, penting untuk memeriksa apakah kulit Anda rentan terhadap alergi terhadap kopi sebelum mencoba metode ini. Jika perlu, dikonsultasikan dengan dokter mengenai opsi perawatan alami lain yang cocok untuk jenis kulit Anda.

5. Melakukan Scrub Wajah dengan Lemon, Garam dan Madu

Memanfaatkan campuran lemon, garam, dan madu sebagai scrub wajah terbukti ampuh dalam membersihkan pori-pori dan mengurangi komedo yang mengganggu pada kulit wajah. Komposisi alami dari ketiga bahan tersebut berperan secara efektif dalam mengurangi kelebihan minyak serta membunuh bakteri penyebab berbagai masalah kulit.

6. Menggunakan Putih Telur dan Air Perasan Lemon

Untuk mengatasi masalah komedo, salah satu metodenya adalah dengan menggunakan masker yang terbuat dari putih telur. Campurkan putih telur dengan 2 sendok makan air perasan lemon untuk membuatnya. Oleskan campuran tersebut secara merata ke wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum kemudian membilasnya hingga bersih.

Baca juga :  7 Tips Diet Pemula yang Mudah Diterapkan dan Dijamin Berhasil

7. Manfaatkan Teh Hijau

Teh hijau memiliki properti antioksidan yang dapat mengurangi peradangan kulit serta membantu membersihkan komedo. Untuk penggunaannya, seduhlah teh hijau dan biarkan hingga suhu menjadi dingin. Kemudian, aplikasikan ke wajah dengan cara disemprotkan atau dioleskan secara perlahan menggunakan kapas.

Itulah uraian terkait dengan cara menghilangkan komedo secara alami. Sehingga dengan menggunakan beberapa cara tersebut, kulit akan kembali sehat dan juga bersih seperti sedia kala.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">