trendingnesia.com
situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Resep Odading Manis Enak dan Empuk Ala Mang Oleh

Resep Odading Manis

Trendingnesia – Ingin Odading Manis Ala Mang Oleh Tanpa Antre? Simak Resepnya Di Sini – Indonesia kaya akan kuliner dan makanan yang beragam serta memiliki keunikan masing-masing. Salah satunya datang dari tanah Parahyangan.

Ya, makanan ini ialah kue Odading. Kue odading adalah makanan sejenis roti goreng dengan taburan wijen di atasnya. Berkat kepiawaian sang pembuat -Mang Oleh- dalam video promosinya, membuat kue odading ini viral di seluruh Indonesia.

Odading Mang Oleh Daerah Mana?

Odading kini semakin membuat orang penasaran, terutama mereka yang berasal dari luar Jawa Barat. Berkat videonya yang viral beberapa waktu lalu, roti goreng yang satu ini kini menjadi makanan yang cukup dicari. Penjual dari makanan yang sedang viral ini pun kebanjiran pelanggan dari berbagai daerah.

Odading manis ini sudah ada sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah, makanan ini sering disebut dengan kue bantal, karena bentuknya yang mirip bantal. Teksturnya hampir sama dengan roti pada umumnya. Perbedaannya terletak pada komposisi bahan dan cara pembuatannya yang lebih sederhana.

Jika ingin mencoba makanan ini, Anda perlu mendatangi penjualnya dan tentu saja harus mengantre terlebih dahulu. Nah, agar tak perlu mengantre, Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan resep odading bantal manis ini.

Cara Membuat Kue Odading

Anda ingin tahu cara bikin odading? Gampang sekali. Pertama, persiapkan dahulu alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Odading manis ini.

Untuk alat yang diperlukan ialah wadah untuk membuat adonan, loyang atau nampan, wajan, sendok, saringan dan talenan. Pastikan alat tersebut dalam keadaan bersih dan kering. Alat-alat yang sederhana ini tentunya sudah tersedia di dapur Anda.

Resep Odading Empuk dan Enak

Resep Odading
Bahan Odading Bantal

Setelah alat yang dibutuhkan sudah siap, berikutnya siapkan bahan untuk membuatnya. Bahan-bahan tersebut terdiri dari :

  • Tepung terigu 500 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Ragi instan 2 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng
  • Air hangat 200 ml
  • Biji wijen putih

Bahan-bahan tadi sangat mudah Anda temukan di warung atau minimarket di sekitar Anda. Jika dihitung, modal yang perlu Anda keluarkan tidak terlalu besar untuk membeli bahan tersebut. Belilah bahan dari resep odading tadi sesuai kebutuhan dan dengan kualitas yang baik.

Berikutnya, untuk proses pembuatan Odading manis, Anda membutuhkan ketelatenan. Sebab, jika tidak berhati-hati maka hasilnya tidak akan mengembang.

Cara Membuat Odading

  1. Siapkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan garam. Campur semua bahan tersebut dalam satu wadah dengan merata menggunakan spatula atau dengan tangan langsung.
  2. Kocok telur dalam wadah terpisah. Masukkan campuran tepung tadi sedikit demi sedikit pada kocokan telur. Aduk campuran tersebut hingga merata dan tercampur semua bagiannya.
  3. Tuangkan air hangat ke dalam adonan lalu uleni adonan tangan hingga kalis.
    Pastikan adonan Odading manis ini sudah tercampur rata dan tidak terlalu lembek.
  4. Diamkan sampai 30 menit hingga adonan mengembang.
  5. Jika sudah mengembang, cetak adonan dengan bentuk persegi dan agak tebal, kemudian taburi dengan biji wijen.
  6. Jika ingin bentuk dan ukuran yang seragam, Anda bisa menimbang satu persatu adonan tersebut lalu mencetaknya menggunakan alat yang sama. Anda perlu memperhatikan hal ini agar hasilnya lebih menarik dan seragam.
  7. Sembari mencetak, siapkan wajan yang berisi minyak goreng. Panaskan minyak untuk menggoreng adonan tersebut.
  8. Goreng adonan hingga kuning kecoklatan.
  9. Angkat odading dari wajan dan tiriskan.
  10. Odading manis ala Mang Oleh siap dihidangkan.

Tidak sulit, kan, untuk membuat kue odading sendiri di rumah? Dengan bermodal resep odading di atas, Anda tak perlu repot mengantre di penjualnya langsung. Selamat menikmati.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda