5 Cara Mengatasi Password Wifi Sudah Benar Tapi Tidak Bisa Connect di Android

Kesulitan saat hendak menggunakan WiFi seringkali dirasakan oleh pengguna, dan penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satu masalah yang sering muncul adalah password wifi sudah benar tapi tidak bisa connect di android, hal ini tentunya menyebalkan bagi pengguna.

Ini bisa terjadi karena jarak antara router dan perangkat Android terlalu jauh, sehingga menyebabkan gangguan koneksi. Selain itu, masalah juga bisa disebabkan oleh adanya cache yang bermasalah pada perangkat Android. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Setting Tanggal dan Waktu

Cara mengatasi password wifi sudah benar tapi tidak bisa connect di android yang pertama ini adalah dengan cara setting tanggal dan waktu. Meski kata sandi WiFi telah disetel dengan benar, namun terjalinnya koneksi pada perangkat Android seringkali terganjal oleh penyelarasan yang tak sejalan pada jam dan tanggal.

Kala waktu serta hari tidak seirama dengan keberlangsungan alaminya, kemampuan internet pun terbata-bata. Insiden serupa cenderung menimpa perangkat berbasis laptop atau PC, terutama yang sudah berusia. Akan tetapi, permasalahan semacam ini tak jarang juga mampir ke perangkat Android.

Pada hakikatnya, setiap gadget telah disuguhkan fitur pengaturan tanggal serta waktu otomatis, namun berbagai gangguan mungkin merintangi fungsi ini. Oleh karena itu, perlu bagi pengguna untuk mengecek dan menyetel pengaturan berikut ini:

  • Telusuri menu pengaturan pada perangkat Android.
  • Carilah opsi tambahan yang berlabel setelan lanjutan dan ketuk opsi tersebut.
  • Lalu, lanjutkan dengan mencari opsi tanggal dan waktu dan sesuaikan dengan tepat.
Baca juga :  News App Privategram, Cara Mudah Melihat Akun Instagram yang Dikunci

2. Lupakan Jaringan

Perangkat yang terlalu banyak menyimpan jejak koneksi WiFi, terutama ketika berada di lokasi publik, dapat menyulitkan proses akses jaringan. Rangkaian WiFi yang berlimpah bisa mengganggu upaya perangkat dalam menyinkronkan dengan jaringan.

Kendala semacam ini terkadang muncul ketika jaringan WiFi yang sebelumnya tersambung telah mengalami perubahan pada kata sandinya. Jika begitu adanya, koneksi harus diinisiasi kembali dengan langkah-langkah berikut:

  • Sentuh ikon WiFi pada perangkat, lalu pilih jaringan yang diinginkan dan ketuk opsi lupakan atau hapus jaringan.
  • Mematikan kemudian menyalakan kembali WiFi, lalu cari jaringan yang telah dihapus tadi dan pilihnya. Pastikan untuk meminta kata sandi baru kepada pihak terkait dan masukkan dengan benar.
  • Setelah berhasil, pengguna Android dapat tersambung kembali dengan jaringan WiFi tersebut.

3. Hapus Cache WiFi di Android

Sebagaimana telah dijabarkan sebelumnya, satu dari persoalan tersebut mungkin disebabkan oleh sisa-sisa jaringan WiFi yang tersimpan. Tentu, solusi yang paling tepat adalah menghapus jejak-jejak tersebut dengan langkah-langkah berikut:

  • Mematikan koneksi WiFi dan navigasilah menu pengaturan pada perangkat Anda.
  • Temukan daftar aplikasi yang terpasang, baik yang sedang diunduh, bawaan, maupun yang aktif.
  • Di dalam daftar tersebut, carilah opsi pengaturan untuk WiFi, lalu ketuk untuk mengaksesnya. Cari pilihan untuk menghapus sisa-sisa jaringan (cache). Tunggu hingga proses penghapusan selesai.
  • Aktifkan kembali koneksi WiFi setelah selesai.

4. Cek Notifikasi Wifi Limited

Ketika akan menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi, mungkin saja muncul pesan WiFi limited, yang mengindikasikan bahwa koneksi tidak dapat dilakukan. Hal ini bisa disebabkan oleh sinyal yang terlalu lemah atau karena jumlah pengguna yang terbatas.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat mencoba untuk berpindah tempat ke lokasi dengan sinyal yang lebih baik. Jika kendala terkait batasan jumlah pengguna, maka tidak ada pilihan selain menunggu hingga salah satu pengguna melepaskan koneksi.

Baca juga :  Cara Melihat Email Sendiri di Smartphone

5. Restart Android dan Router

Jika kendala atau solusi-solusi di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memulai ulang perangkat. Terkadang, cara yang paling sederhana seperti ini bisa menjadi yang paling efektif dibandingkan solusi yang lainnya.

Demikianlah lima cara mengatasi password wifi sudah benar tapi tidak bisa connect di android dengan mudah. Biasanya, mencoba satu cara yang dianggap paling sesuai sudah cukup untuk menyelesaikan masalah ini.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">