trendingnesia.com
situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

15 Oktober Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 “Hand Hygiene For All”

tema hari cuci tangan sedunia 2020

0

trendingnesia.com – 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia atau Global Handwashing Day (GHD). Peringatan tersebut bukan sekedar kampanye biasa karena didalamnya terdapat makna serta tujuan yang cukup mulia.

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 “Hand Hygiene For All”

Dengan tema kebersihan tangan untuk semua ini maka diharapkan aktivitas mencuci tangan bisa dilaksanakan secara menyeluruh di seluruh dunia.

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 ini disampaikan langsung oleh badan kesehatan dunia atau WHO. Sebelumnya tidak banyak orang yang mengetahui tentang tanggal 15 Oktober ini.

Tema ini diambil karena WHO telah menemukan hingga 40% warga dunia yang tidak memiliki tempat untuk cuci tangan dengan sabun di rumahnya.

Hal tersebut oleh faktor utama yaitu mereka hidup di negara miskin. Jika hal ini dibiarkan terjadi maka risiko mudahnya tertular penyakit akan lebih besar.

Lantas, apa sajakah yang perlu dilakukan? Anda bisa berpartisipasi langsung pada hari GHD ini dengan mengikuti beberapa cara berikut.

Aktif Mengkampanyekan Cara Cuci Tangan yang Baik

Di tengah adanya pandemi virus covid-19 ini masyarakat nampaknya sudah tidak asing lagi dengan gerakan cuci tangan yang benar.

Dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia ini, Anda bisa mengunggah gambar atau video di media sosial dan menyertakan #GlobalHandWashingDay dan #HandHygieneForAll.

Bentuk partisipasi ini bukan hanya untuk mengingatkan akan bahayanya virus covid-19 yang saat ini masih mewabah, akan tetapi, hal tersebut bersifat lebih luas sebagai bentuk dukungan terhadap peringatan hari ini.

Selalu Menerapkan Cuci Tangan 6 langkah

Dimanapun Anda berada, Anda harus mulai menerapkan cuci tangan 6 langkah sebagai bentuk partisipasi dalam peringatan hari cuci tangan sedunia.

Jika Anda belum begitu mengetahui tentang langkah tersebut, simak uraiannya berikut ini:

  • Basahi telapak tangan lalu tuang sabun biasa atau antibakteri secukupnya. Gosok kedua telapak tangan.
  • Gosok bagian punggung tangan.
  • Sela-sela jari.
  • Masukkan jari jempol pada telapak tangan dan gosok memutar.
  • Kuncupkan jari dan gosok dengan diputar.
  • Gosok pergelangan tangan dan pastikan sabun merata.

Lakukan proses cuci tangan ini selama 20 detik. Kemudian bilas dan bersihkan menggunakan air lalu keringkan dengan lap bersih atau tisu.

Ingat, bersihkan di bawah air yang mengalir agar kuman bisa bersih lebih maksimal.

Membuat Tempat Cuci Tangan Khusus

Jika Anda belum memiliki tempat cuci tangan khusus, Anda bisa segera membuatnya sebagai bentuk partisipasi hari GHD.

Tak perlu menggunakan bahan dan alat yang terlalu mahal. Anda juga bisa membuatnya dari bahan seadanya.

Yang terpenting pastikan Anda menggunakan air yang mengalir untuk menggunakan tempat cuci tangan ini.

Dengan melakukan hal ini Anda sudah membantu WHO untuk mengurangi jumlah warga dunia yang masih belum menggunakan tempat cuci tangan khusus.

Otomatis risiko penularan penyakit bisa lebih diminimalisir. Tak hanya virus covid-19, tetapi virus dan bakteri lainnya bisa lebih dikurangi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk partisipasi pada hari cuci tangan sedunia. Hari GHD ini bukan berarti berlaku untuk 15 Oktober saja.

Anda tentunya harus bisa konsisten untuk melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Ayo mulai wujudkan “Hand Hygiene For All” mulai dari sekarang.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda