Wifi Tidak Bisa Tersambung di HP? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Wifi tidak bisa tersambung di hp terlebih ponsel android adalah masalah yang sering ditemui. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memahami cara mengatasi masalah ini sebagai langkah pencegahan.

Kondisi di mana WiFi tidak dapat terhubung di HP Android dapat timbul kapan saja. Ketika hal ini terjadi, pengguna mungkin merasa khawatir dan kesulitan mengakses internet melalui WiFi di HP Android. Untuk lebih jelasnya maka bisa simak dibawah ini mengenai penyebab hingga cara mengatasinya:

Penyebab WiFi Tidak Bisa Connect di HP Android

Ada beberapa alasan mengapa koneksi WiFi tidak dapat terhubung di HP Android yang perlu diperhatikan. Salah satu faktor yang sering terjadi adalah penggunaan password WiFi yang salah. Selain itu, masalah koneksi juga dapat disebabkan oleh gangguan pada sistem perangkat HP. Selanjutnya, kegagalan koneksi WiFi di HP Android bisa juga disebabkan oleh permasalahan pada router yang digunakan.

Secara umum, gangguan-gangguan seperti ini dapat diselesaikan sendiri jika mengalami kendala koneksi WiFi di HP Android.

Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung di HP

Terdapat beberapa langkah untuk menangani masalah koneksi WiFi yang bermasalah pada HP Android. Salah satunya adalah dengan memeriksa kembali password WiFi yang telah dimasukkan. Jika terjadi gangguan pada router, pengguna dapat mencoba merestart perangkat tersebut.

Baca juga :  Perbedaan Google Chrome dengan Chromium, Mana yang Terbaik?

Selain itu, terdapat juga metode lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala koneksi WiFi pada HP Android. Berikut ini adalah penjelasan lebih mendetail mengenai cara mengatasi masalah WiFi yang tidak dapat terhubung pada HP Android:

1. Periksa Kembali Password WiFi yang Dimasukkan

Untuk memulai, apabila pengguna mengalami kesulitan koneksi WiFi pada perangkat HP Android, pastikan untuk memeriksa ulang kecocokan kata sandi yang telah dimasukkan.

Pastikan juga untuk memperhatikan penulisan huruf kapital dan kecil pada kata sandi yang digunakan. Jika kata sandi WiFi mengandung kombinasi huruf besar dan kecil, pastikan untuk menginputnya dengan benar.

2. Pastikan Koneksi WiFi di HP Android Sudah Aktif

Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa fitur WiFi pada perangkat HP Android sudah aktif. Tanpa aktivasi ini, perangkat HP Android tidak dapat mendeteksi atau menerima sinyal WiFi yang disebarkan oleh router.

3. Dekatkan HP Android Dengan Router

Solusi lain untuk mengatasi masalah koneksi WiFi yang tidak stabil pada perangkat HP Android adalah dengan mendekatkan perangkat HP ke arah router.

Jarak yang terlalu jauh antara HP Android dan router dapat mengakibatkan kualitas sinyal WiFi yang buruk, sehingga menghambat koneksi yang lancar.

4. Matikan dan Hubungkan Kembali WiFi pada HP Android

Untuk mengatasi masalah ketidakmampuan koneksi WiFi pada HP Android, pengguna dapat mencoba untuk mematikan dan menghubungkan kembali WiFi. Langkah pertama adalah mematikan sementara WiFi di HP Android.

Setelah itu, tunggu beberapa saat sebelum mengaktifkannya kembali. Setelah WiFi aktif kembali, cobalah untuk menghubungkan kembali HP dengan router.

5. Lupakan WiFi dan Disambungkan Kembali

Langkah lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melupakan atau menghapus koneksi WiFi yang tersimpan di HP Android, lalu menyambungkannya kembali. Untuk melakukannya, buka menu pengaturan WiFi di HP Android.

Baca juga :  4+ Rahasia Menambah Like dan Komentar di Status Facebook

Temukan nama jaringan WiFi yang mengalami masalah koneksi. Pilih opsi yang bertuliskan Forget this network atau Lupakan jaringan ini. Setelah itu, juga bisa mencoba untuk menyambungkan kembali HP Android ke jaringan WiFi tersebut dengan memasukkan kembali password yang sesuai.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dari wifi tidak bisa tersambung di hp bagi pengguna android. Pada penjelasan di atas tadi juga disebutkan tentang cara mengatasinya supaya wifi dapat tersambung kembali di hp.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">