5 Aplikasi Perekam Layar di Laptop, Untuk Memudahkan Konten Kreator

Saat ini, tidak hanya ponsel yang memiliki kemampuan merekam layar, tetapi juga laptop dengan aplikasi perekam layar di laptop yang memungkinkannya. Beragam aplikasi perekam layar pada laptop dapat dimanfaatkan untuk keperluan seperti pembuatan tutorial video dan lainnya.

Banyak orang kini beralih ke profesi konten kreator, sehingga membutuhkan aplikasi perekam layar untuk pekerjaan mereka. Ada pilihan aplikasi yang dapat digunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut beberapa contohnya:

1. OBS Studio

Suatu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk merekam aktivitas layar pada laptop adalah OBS Studio. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kemudahan penggunaan serta hasil rekaman yang berkualitas tinggi. Melalui OBS Studio, pengguna dapat merekam berbagai aktivitas layar, termasuk streaming acara langsung atau aktivitas lainnya.

Salah satu keunggulannya adalah kemampuannya untuk menyajikan gambar yang jernih dan audio yang berkualitas tinggi, tidak mengecewakan seperti beberapa aplikasi serupa.

OBS Studio menyertakan dua jenis fitur perekaman layar, yakni perekaman layar penuh dan perekaman area terbatas. Hasil rekaman disimpan dalam format FLV di galeri, dan bisa diputar menggunakan pemutar video yang mendukung format tersebut.

2. VideoProc

Rekaman layar tanpa batasan waktu kini dapat dengan mudah dilakukan melalui VideoProc, yang tersedia untuk pengguna Windows dan Mac. Alat ini bermanfaat untuk beragam aktivitas, seperti live streaming, webinar, dan pembuatan konten untuk platform YouTube.

Aplikasi perekam layar pada laptop ini menawarkan rekaman yang stabil dengan meminimalkan penggunaan CPU, berkat teknologi akselerasi GPU yang digunakannya. Pengguna juga memiliki fleksibilitas untuk merekam seluruh layar atau hanya area tertentu sesuai keinginan.

Baca juga :  2 Cara Mendownload Lagu dari Youtube Ke Musik Tanpa Aplikasi

3. Movavi

Diberi nama Movavi Screen Recorder Studio, aplikasi perekam layar di laptop ini menyajikan beragam fitur menarik, termasuk perekam video dan editor. Kehadirannya bukan sekadar berguna, tetapi juga memberi kemudahan. Aplikasi ini memiliki kemampuan merekam sebagian atau seluruh layar laptop, menjadikannya sangat fleksibel.

Fitur tambahan yang memperkaya pengalaman merekam adalah seperti crop, trim, flip, dan kemampuan menambahkan watermark. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menangkap layar dan merekam video menggunakan webcam. Semua fitur ini dapat ditemukan dalam Movavi Screen Recorder Studio.

4. Screenpresso

Salah satu aplikasi berikutnya adalah Screenpresso, yang terbagi menjadi dua jenis yaitu mode gratis dan mode premium. Pilihan untuk menggunakan mode premium akan memberikan akses penuh ke fitur-fitur lengkap yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Namun untuk mereka yang ingin berhemat, pilihan mode gratis dapat memenuhi kebutuhan dengan baik. Dalam mode ini, pengguna dapat menikmati pengalaman tanpa adanya watermark. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan kemampuan untuk berbagi tangkapan layar langsung ke berbagai platform media sosial.

5. Camtasia

Dikembangkan dengan tujuan membantu pengguna komputer merekam layar dan mendokumentasikan aktivitasnya, Camtasia hadir sebagai solusi yang tepat. Menonjol dengan fitur-fitur canggih, aplikasi ini memberikan keunggulan, khususnya dalam merekam rapat atau pertemuan, yang tidak ditemukan pada aplikasi perekam layar biasa.

Camtasia menonjol dengan kemampuan eliminasi noise dan penggunaan green screen sebagai keunggulan utamanya. Dengan kapasitas rekaman video hingga 4 gigabyte, Camtasia memberikan fleksibilitas yang cukup besar bagi penggunanya.

Namun, untuk menikmati semua fitur dan layanan yang disediakan, pengguna harus berlangganan paket berbayar yang memiliki harga yang cukup tinggi setelah periode uji coba selesai.

Baca juga :  7 Aplikasi Pemulihan Foto yang Terhapus Permanen, Solusi Untuk Mengembalikan Kenangan

Itulah daftar aplikasi perekam layar di laptop yang bisa dicoba untuk digunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut memang ada yang tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Namun untuk fungsi dasar, dalam hal ini maksudnya hanya merekam layar saja, versi gratis juga sudah cukup.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">