6 Cara Menaikkan Tensi Darah dengan Cepat, Cocok Untuk Penderita Anemia

Tekanan darah rendah, atau hipotensi, terjadi ketika tekanan darah berada di bawah tingkat normal yang diterima. Terdapat beberapa cara menaikkan tensi darah dengan cepat yang bisa dilakukan.

Normalnya, tekanan darah yang sehat adalah sekitar 120/80 mm Hg. Meskipun angka ini dapat sedikit bervariasi sepanjang hari, kondisi ini tidak selalu menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Jika seseorang mengalami hipotensi, langkah pertama yang disarankan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan evaluasi yang mencakup riwayat medis, gaya hidup, dan faktor-faktor lainnya untuk menentukan penyebabnya.

Berdasarkan evaluasi ini, dokter mungkin akan merekomendasikan perubahan pengobatan atau gaya hidup yang sesuai untuk menangani masalah tekanan darah rendah tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan tekanan darah:

1. Tambah Asupan Garam

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan tensi darah dengan cepat adalah dengan meningkatkan asupan garam dalam makanan. Menurut para ahli jantung, semakin banyak natrium yang dikonsumsi melalui garam, semakin tinggi tekanan darah seseorang bisa menjadi.

Oleh karena itu, daripada memilih makanan manis, disarankan untuk memilih makanan yang memiliki rasa asin. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi garam secara berlebihan tetap tidak disarankan.

2. Cukupi Asupan Air Putih

Dehidrasi kadang-kadang dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Beberapa individu mungkin mengalami hipotensi bahkan dalam kondisi dehidrasi ringan.

Dehidrasi juga dapat terjadi karena kehilangan cairan yang terlalu cepat, misalnya melalui muntah, diare parah, demam, aktivitas fisik yang intens, dan keringat berlebihan.

Baca juga :  8 Manfaat Dari Kopi Hitam Selain Mencegah Kantuk, Bisa Untuk Diet Juga Loh!

Penggunaan diuretik juga dapat memicu dehidrasi. Disarankan untuk meningkatkan asupan air dengan menggunakan botol air portabel dan mengatur alarm atau timer untuk mengingatkan agar minum lebih sering.

3. Konsumsi Makanan Seimbang

Tekanan darah rendah dan dampak lainnya dapat timbul ketika kekurangan asupan nutrisi.

Kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi dapat menyebabkan anemia, kondisi di mana tubuh tidak dapat menghasilkan cukup darah, yang berpotensi menyebabkan tekanan darah rendah.

Untuk cara menaikkan tensi darah dengan cepat ini, dokter sering merekomendasikan penyesuaian pola makan dan penggunaan suplemen sebagai bagian dari perawatan.

4. Makan Makanan Kecil

Setelah makan besar, kita mungkin mengalami tekanan darah rendah, terutama umumnya dialami oleh lansia. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang meningkat ke saluran pencernaan setelah makan, yang dapat menyebabkan detak jantung meningkat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.

Untuk mencegah tekanan darah rendah, disarankan untuk makan dalam porsi kecil dan membatasi asupan karbohidrat untuk menjaga stabilitas tekanan darah pasca makan.

5. Hindari Konsumsi Alkohol

Minum minuman beralkohol dapat mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh. Selain itu, alkohol dapat berinteraksi dengan obat-obatan dan menyebabkan penurunan tekanan darah.

6. GunakanĀ  Stoking Kompresi

Menggunakan stoking elastis atau kaus kaki kompresi dapat membantu mengurangi risiko penumpukan darah di kaki. Ini bermanfaat dalam mengatasi hipotensi ortostatik, yaitu tekanan darah rendah yang terjadi ketika seseorang berdiri, berbaring, atau duduk dalam waktu yang lama.

Orang yang beristirahat di tempat tidur mungkin perlu menggunakan kaus kaki kompresi untuk membantu memperlancar aliran darah dari kaki.

Hipotensi ortostatik lebih umum terjadi pada orang lanjut usia, mempengaruhi sekitar 11% orang paruh baya dan 30% dari populasi lansia.

Baca juga :  4 Ciri-Ciri Alergi Makanan dan Cara Mengatasinya yang Harus Diketahui

Itulah beberapa cara menaikkan tensi darah dengan cepat yang bisa dilakukan. Tentunya beberapa metode tersebut dapat dilakukan secara mandiri dirumah atau hanya mengubah pola hidup dan juga kebiasaan yang sering dilakukan.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">