Cara Membuka Protected View Excel dan Fungsinya yang Jarang Diketahui

Di dalam dokumen MS. Excel, sering kali hanya mungkin untuk dipandang saja, ini dikarenakan oleh fitur Tampilan Terlindungi yang ada dalam Excel. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara membuka protected view excel dalam Tampilan Terlindungi agar pengguna dapat membuka file tersebut.

Tampilan Terlindungi sering ditemui dalam dokumen Microsoft, bukan hanya dalam Excel, tetapi juga dalam Word dan Power Point. Fitur ini diciptakan agar pengguna hanya dapat melihat dokumen tanpa memiliki kemampuan untuk mengubahnya. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Membuka Protected View Excel

Dalam seluruh aplikasi Microsoft seperti Excel, Word, dan Power Point, terdapat sebuah fitur yang disebut Protected View. Fitur ini mengharuskan pengguna untuk membuka dokumen dalam mode Protected View, jika tidak, pengguna hanya bisa melihat atau membaca dokumen tersebut tanpa dapat mengubahnya.

Untuk melakukan perubahan atau pengeditan pada file Excel, pengguna harus membuka Protected View terlebih dahulu. Namun, tidak perlu cemas, karena membuka fitur ini sangatlah mudah. Berikut adalah dua cara untuk membuka Protected View Excel:

1. Membuka Melalui Properties Excel

Cara pertama adalah dengan menyesuaikan pengaturan pada properties file Excel. Metode ini tergolong praktis dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Temukan file Excel yang ingin dibuka.
  • Klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Properties.
  • Di menu General, cari opsi “Unblock” di bagian pojok kanan bawah.
  • Setelah itu, Protected View Excel akan terbuka dan siap digunakan.

2. Membuka Via Trust Center

Untuk membuka Protected View Excel, langkah selanjutnya terletak pada akses Trust Center. Di sana, tak hanya membuka Protected View Excel, tapi juga file Word serta Power Point. Berikut adalah instruksi lebih lengkapnya:

  • Buka aplikasi MS. Excel di laptop pengguna.
  • Pilih opsi Options di pojok kiri bawah.
  • Klik pada opsi Trust Center di bagian bawah halaman.
  • Lanjutkan dengan memilih Trust Center Settings.
  • Pada menu yang muncul, fokuskan perhatian pada bagian Protected View, dan hilangkan semua tanda centang di sana.
  • Setelah selesai, klik Ok.
  • Sekarang, Protected View di Excel sudah dapat diakses.
Baca juga :  Perbedaan Google Chrome dengan Chromium, Mana yang Terbaik?

Namun, setelah mengetahui cara membukanya, penting bagi pengguna untuk memahami fungsi dari Protected View Excel. Apakah itu hanya fitur tambahan tanpa manfaat yang jelas, atau memang ada tujuannya?

Fungsi Protected View Excel

Rupanya, kemampuan Protected View di Excel memiliki nilai yang signifikan, terutama dalam menjaga keamanan dokumen dan perangkat komputasi. Fitur ini bertindak sebagai pagar pertahanan, melindungi pengguna dari ancaman berbagai jenis virus, malware, dan worm yang mungkin tersemat dalam file tersebut.

Selain itu, fitur ini menjadi andalan bagi pengguna Windows yang hanya ingin melihat dokumen dalam mode Baca Saja (Read Only). Ketika ingin mengedit, mereka dapat beralih ke mode proteksi, sehingga tetap terjaga keamanannya.

Secara umum, fitur Protected View di Excel sering kali muncul saat mengunduh file dari internet, seperti melalui email, WhatsApp, Telegram, dan sebagainya. Pesan peringatan juga disertakan untuk mengingatkan pengguna akan potensi bahaya saat membuka file tersebut.

Jelaslah, bahwa kehadiran Protected View di Excel bukanlah kebetulan semata, melainkan merupakan hasil sengaja dari upaya Microsoft. Tujuannya tak lain adalah untuk melindungi perangkat pengguna dari ancaman virus yang mengintai.

Demikianlah cara membuka protected view excel. Ikutilah langkah-langkah dengan cermat agar proses membuka file Excel dalam mode Protected View dapat dilakukan dengan lancar dan efisien.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">