trendingnesia.com
situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Inilah 4 Cara Mengamankan WhatsApp dari Penyadapan

Cara Mengamankan whatsapp

Trendingnesia – Inilah 4 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Penyadapan – WhatsApp atau WA merupakan aplikasi chatting yang hingga saat ini banyak digunakan oleh sebagian masyarakat khususnya di Indonesia. Banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi ini sehingga mayoritas masyarakat lebih memilih aplikasi ini. Bahkan, bisa dikatakan bahwa WA menempati posisi pertama sebagai aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi.

Meskipun begitu, aplikasi ini tetap memiliki potensi untuk terkena pembajakan atau penyadapan oleh orang lain. Apalagi, saat ini sudah banyak orang yang bisa dengan mudah melakukan hal tersebut.

Jika WA berhasil diretas atau dibajak, maka kemungkinan berbagai isi percakapan hingga data yang bersifat sensitif bisa saja bocor. Untuk mengamankan WhatsApp dari penyadapan, Anda bisa menggunakan cara khusus agar kebutuhan privasi Anda bisa lebih terlindungi.

 

Cara Mengamankan Akun Whatsapp

Penasaran bagaimana caranya? Berikut uraiannya.

1. Menggunakan Aplikasi Whatslock

Whatslock bisa Anda gunakan untuk menghindari peretasan whatsapp. Aplikasi ini akan mengharuskan Anda untuk menggunakan password atau kode khusus yang cukup rumit, sehingga cukup sulit diakses oleh sembarangan orang. Kode tersebut hanya bisa diketahui oleh Anda saja, sehingga orang lain akan sulit membuka aplikasi WA.

Inilah 4 Cara Mengamankan WhatsApp dari Penyadapan
Aplikasi Whatslock untuk melindungi whatsapp dari penyadapan

Cara ini cukup ampuh untuk mengamankan aplikasi yang Anda gunakan, terutama WhatsApp. Sebab, jika penyadapan dilakukan maka Anda lah yang mengalami kerugian paling besar. Untuk itu, pastikan kode tersebut Anda catat dan ingat dengan baik.

 

2. Membuka WhatsApp Web

Untuk bisa mengamankan WhatsApp dari penyadapan, Anda juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Web melalui perangkat PC. Bukalah aplikasi ini untuk mengetahui apakah WA yang biasa Anda gunakan sudah disadap orang lain atau tidak. Jika aplikasi ini bisa dibuka tanpa scan kode maka artinya WA tersebut sudah diretas.

Baca Juga : Kelemahan Menggunakan Whatsapp Web di Komputer

Pada dasarnya, cara kerja web ini sama seperti peretasan yang dilakukan oleh oknum tersebut. Dengan membuka web ini, Anda tetap bisa membuka aplikasi ini dan memastikan isi didalamnya tetap di bawah kendali Anda langsung.

 

3. Logout WhatsApp Web

Jika WhatsApp Web bisa Anda akses tanpa scan kode, maka Anda perlu berhati-hati karena aplikasi ini tentu sudah dibuka dan aktif pada perangkat lain. Selanjutnya, untuk mengamankan WhatsApp dari penyadapan bisa melakukan logout atau keluar dari web tersebut.

Pilih menu “Logout from all device” agar otomatis aplikasi ini keluar dari penggunaan yang sedang berjalan.

Selain itu, jika Anda lupa tidak keluar dari web ini maka peluang terjadinya penyadapan sangat besar. Untuk itu, usahakan selalu membiasakan diri untuk keluar dari web ini jika sudah selesai menggunakannya.

 

4. Aktifkan Two Step Verification

Untuk mengamankan WhatsApp dari penyadapan melalui fitur ini, Anda akan melakukan verifikasi dengan menggunakan nomor ponsel. Selain itu, Anda perlu membuat 6 digit kode khusus. Jika ada orang lain yang berusaha masuk pada aplikasi WA, maka mereka akan kesulitan karena perlu memasukkan kode tadi yang hanya diketahui oleh Anda saja.

Cara ini sangat efektif karena cukup membatasi akses dari orang lain yang ingin menggunakan aplikasi yang Anda gunakan. Anda bisa menggunakan fitur ini agar aplikasi Anda tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Itulah beberapa cara mengamankan WhatsApp dari penyadapan yang cukup mudah. Anda bisa memilih salah satu atau lebih dari beberapa cara tersebut. Hal ini bisa menjaga data serta privasi Anda yang biasanya tersimpan pada aplikasi ini. Jika hal ini sudah terjadi, maka Anda akan merasa kesulitan, bukan? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda