Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll Dengan Mudah, Cek di Sini!

Pernahkah kamu menemukan pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang muncul ketika membuka game atau aplikasi di laptop dengan OS Windows? Nah, masalah tersebut memang kerap terjadi dan tidak jarang membuat seseorang menjadi panik.

Hanya saja, sebenarnya kamu tidak perlu panik ketika mendapati adanya pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang muncul secara terus menerus. Pasalnya, hal tersebut adalah sesuatu yang biasa dan bisa diatasi dengan cukup mudah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang muncul pada pesan error tersebut? Penasaran bagaimana saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini? Simak ulasannya!

Penyebab Munculnya Pesan Error Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll

Sebelum membahas tentang cara mengatasi pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah ini. Nah, jika disimak, pada pesan error tersebut terdapat ekstensi dll yang merupakan kepanjangan dari dynamic link libraries.

Perlu diketahui bahwa dll tersebut merupakan sebuah shared library yang ada di Windows. Hal tersebut adalah kode yang sudah dikompilasi dan juga bisa dipakai untuk program lain.

Nah, terkait pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang muncul, ada beberapa hal yang menjadi sebab mendasar. Adapun beberapa sebab tersebut diantaranya adalah:

  • Adanya file yang hilang dari aplikasi atau program yang hendak dibuka tersebut
  • Adanya kerusakan pada file misalnya seperti file yang corrupt atau lainnya
  • Instalasi program atau aplikasi tidak dilakukan secara sempurna
  • Versi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll tidak sesuai dengan apa yang diperlukan oleh program tersebut

Dengan adanya beberapa penyebab munculnya pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll, maka bisa disadari bahwa hal ini sebenarnya wajar. Hanya saja, tentu kamu perlu mencari solusi yang tepat sesuai dengan penyebab masalah tersebut.

Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll is MissingĀ 

Ketika pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Tentu saja, cara yang dimaksud cukup mudah dan sebenarnya juga tidak memerlukan pengetahuan khusus.

Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing diantaranya adalah:

  1. Memasang file dll secara manual

Solusi pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul adalah dengan cara memasang file manual. Tentu, cara ini sangat efektif karena pesan error tersebut muncul dikarenakan file dll yang hilang.

Nah, untuk memasang file dll secara manual, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Pertama, buka situs unduhan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll terlebih dahulu. kamu bisa mencarinya di mesin pencari Google
  • Kemudian, pilih file dll yang memiliki versi paling baru. Umumnya file tersebut berada di urutan paling atas
  • Pilih file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang sesuai dengan spesifikasi OS Windows yang kamu gunakan, misalnya ketika kamu menggunakan OS Windows 64-bit, maka kamu harus menggunakan file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll untuk 64-bit juga
  • Unduh file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll tersebut
  • Setelah itu, ekstrak file dengan cara klik kanan dan pilih opsi ekstrak di sini
  • Jika proses ekstraksi sudah selesai, salin file tersebut dan paste ke folder instalasi program atau aplikasi yang mengalami masalah
  • Selesai
Baca juga :  5 Tips Posting TikTok Agar FYP dan Jadwalnya, Cocok Untuk Kreator Pemula

Dengan cara di atas, kamu sudah berhasil menambahkan file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll secara manual. Nah, cek apakah program yang tadinya error sudah bisa digunakan atau belum. Jika belum, coba lakukan restart dan kemudian coba operasikan program yang sama sekali lagi.

  1. Instal Visual C++

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul adalah dengan menginstal Visual C++. Perlu diketahui, Microsoft Visual C++ merupakan ekosistem yang digunakan para developer untuk membuat program dengan menggunakan bahasa C, C++, dan juga C++/CLI.

Nah, dalam ekosistem tersebut, developer yang menggunakannya akan mendapatkan akses kode library yang sudah siap dipakai. Kode inilah yang nantinya bisa dijadikan solusi untuk mengatasi pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul tiba-tiba.

Lantas, bagaimana panduan untuk menginstal Visual C++ ini?

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk menginstal Visual C++ ini, yaitu:

  • Pertama, kunjungi situs Visual Studio
  • Jika sudah, scroll ke bawah di halaman berkamu dan klik other tools
  • Setelah itu, unduh Visual C++ sesuai dengan arsitektur Windows yang digunakan yaitu 32-bit atau 64-bit
  • Apabila proses unduhan sudah selesai, maka buka program yang sudah selesai diunduh tersebut
  • Klik dua kali dan centang pada bagian persetujuan
  • Klik instal
  • Tunggu proses instalasi hingga selesai

Dengan cara ini, pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing tentu akan bisa diatasi. Nah, setelah proses instalasi selesai, akan muncul jendela baru dan sebaiknya kamu menyalakan ulang laptop tersebut untuk memastikan perubahan sistem.

  1. Melakukan instal ulang aplikasi

Seperti yang disinggung di awal, salah satu penyebab dari munculnya pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul adalah proses instalasi yang tidak sempurna. Bisa jadi, program terinstal tetapi ada bagian file yang hilang.

Baca juga :  Cara Mengubah Foto ke JPG Online Tanpa Aplikasi 1 Menit Jadi

Nah, untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan instal ulang pada aplikasi atau program yang error tersebut. Ini merupakan solusi yang cukup efektif dan tentu saja bisa diandalkan.

Dengan melakukan instal ulang, minimal kamu bisa memastikan bahwa program tersebut akan terinstal dengan lebih baik dan lebih sempurna. Hanya saja, sebelum melakukan instal ulang aplikasi, tentu kamu perlu menghapus aplikasi hasil instalasi lama melalui menu control panel.

  1. Melakukan update OS Windows

Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul adalah dengan melakukan update pada OS Windows di perangkat yang kamu gunakan.

Sebenarnya, ketika kamu menginstal Visual C++, pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing seharusnya tidak akan muncul. Namun, jika ternyata masih muncul juga, maka bisa jadi permasalahan tersebut bersumber dari ketidakberesan OS yang digunakan.

Nah, untuk melakukan update OS Windows, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Klik start pada menu Windows di perangkat kamu
  • Setelah itu, ketik check for update dan tekan enter
  • Pilih program system
  • Klik check for update dan tunggu pemberitahuan adakan versi Windows lebih baru yang tersedia
  • Apabila ternyata sudah ada versi terbaru dari OS Windows yang kamu gunakan, maka klik download untuk memulai proses download
  • Tunggu hingga proses download tersebut selesai

Apabila proses download selesai, klik pada opsi restart now dan tunggu beberapa saat hingga perangkat melakukan restart secara otomatis. Setelah itu, cek kembali program yang kamu jalankan tadi.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi solusi untuk mengatasi pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul. Bisa dikatakan bahwa dengan adanya beberapa cara, kamu sebenarnya memiliki cukup banyak opsi untuk mengatasi masalah ini.

Sebagai tambahan, apabila ternyata pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing berulang kali muncul, solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset atau instal ulang OS Windows. Semoga bermanfaat.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">