in

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan, Bebas Bakteri dan Bau Apek

Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan
Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

Trendingnesia.ComTips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan – Di musim hujan seperti saat ini, banyak orang mengeluhkan jemuran yang tidak kering sempurna meski sudah dijemur dari pagi sampai sore hari. Memang saat musim hujan kita memerlukan tenaga dan usaha lebih agar pakaian bisa kering dan tidak apek.

Pakaian yang lembab dan gagal kering akan berjamur dan tentu tidak baik untuk kesehatan kulit dan tubuh kita. Selain itu, pakaian tersebut juga bisa membuat serat kain rusak. warna pakaian akan berubah pucat dan mudah koyak.

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

Tidak ingin kan pakaian kita bau apek, mudah rusak dan warna menjadi berubah? Untuk itu kali ini Trendingnesia bagikan tips mencuci pakaian saat musim hujan agar pakaianmu kering maksimal, bebas bakteri dan bau apek. Berikut tips-tips yang bisa kamu praktekkan.

1. Mencuci dengan Mesin Cuci

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan
tips mencuci pakaian saat musim hujan – mencuci dengan mesin cuci

Sudah jelas jika kita mencuci baju dengan mesin cuci akan mempercepat proses pencucian. Itu artinya kamu juga menghemat waktu dalam mencuci pakaian. Cucian akan lebih cepat selesainya dan waktu menjemur pun bisa lebih lama. Sehingga pakaian pun akan cepat kering.

 

2. Pakailah Detergen Terbaik

Tidak ada rekomendari merek detergen terbaik di sini. Yang jelas detergen terbaik pasti akan menjadikan pakaianmu lebih bersih dan bebas bau apek.

Kriteria detergen terbaik adalah pilihlah detergen yang sudah dikombinasikan dengan pewangi agar pakaianmu segar dan wangi meski musim hujan.

 

3. Memeriksa Buih Saat Proses Pencucian

Saat mencuci pakaian, buih yang berlimpah akan sangat bagus dalam menghilangkan kotoran yang membandel. Namun, buih yang dihasilkan detergen ini juga bisa menyebabkan bau apek dan memudarnya warna pakaian, lho.

Oleh karenanya tetap periksa buih detergen saat pencucian terakhir. Pastikan buih-buih sudah hilang dan tidak terlihat. Jika masih ada, ulangi proses pembilasan cucian sampai bersih.

 

4. Pakailah Pewangi dan Pelembut Pakaian

Tips mencuci pakaian saat musim hujan selanjutnya adalah memberi pewangi atau pelembut pakaian pada bilasan terakhir. Pelembut dan pewangi pakaian ini mengandung antibakteri yang bisa menghilangkan bau apek. Ini sangat membantumu terutama saat musim hujan seperti ini.

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan
tips mencuci pakaian saat musim hujan – pakailah pewangi dan pelembut pakaian

Bagaimana jika stok pewangi dan pelembutmu habis? Mudah saja. Pergilah ke dapur dan cari cuka. tambahkan beberapa tetes cuka pada cucianmu sebagai pengganti pewangi dan pelembut. Meski tidak bisa membuat wangi, cuka ini bisa menghilangkan bakteri.

 

5. Keringkan Pakaian Setelah Dicuci

Setelah proses pencucian selesai, tips mencuci pakaian saat musim hujan selanjutnya adalah dengan langsung mengeringkannya pada pengering mesin cuci. Menunda untuk mengeringkan pakaian dan membiarkan pakaian terendam air, akan membuat bajumu bau apek meski sudah pakai pewangi.

 

6. Menjemur Pakaian dengan Hanger

Setelah pakaian diperas sempurna sampai tidak ada sisa air yang menetes, cepatlah untuk menjemurnya. Hal ini dilakukan agar pakaianmu bisa lebih lama dalam proses penemuran. Jangan lupa juga dengan menjemurnya pakai hanger agar cepat kering.

Proses penjemuran tanpa hanger akan membuat pakaianmu lama untuk kering karena dalam keadaan terlipat. Ini juga bisa membuat pakaian menjadi lembab, apalagi saat musim hujan yang matahari lebih sering tertutup mendung.

 

7. Setrika Pakaian yang Sudah Kering

Tips Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan
tips mencuci pakaian saat musim hujan – setrika pakaian yang sudah kering

Setelah proses penjemuran dan baju sudah pada kering, tips mencuci pakaian saat musim hujan selanjutnya adalah dengan menyetrika pakaian. Jangan kamu membiasakan pakaian menggunung di keranjang sampai pada kusut. Segeralah strika pakaian dan langsung melipatnya.

 

7 tahapan di atas adalah merupakan tips tips mencuci pakaian saat musim hujan. Kamu bisa mempraktekkannya di rumah agar cucianmu bebas bakteri dan bau apek. Jangan biarkan pakaianmu lembab, karena itu akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti ruam kulit dan lainnya.

Tidak mau kan hanya gara-gara pakaian yang tidak kering sempurna menjadikan kulitmu gatal-gatal? Oleh karena itu cucilah pakaianmu secara benar, terlebih saat musim hujan. Praktekkan tips mencuci pakaian saat musim hujan ini agar pakaianmu bebas bakter dan bau apek. Dan yang terpenting kesehatan kulitmu bisa terjaga. Semoga Bermanfaat.

Report

Written by Shalys Chan

Penulis online, baik fiksi maupun non-fiksi.
Siap Menulis untuk Website-mu

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *