5 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup Secara Mandiri dan Servis

Munculnya layar hitam pada laptop yang masih menyala bisa menjadi masalah yang mengganggu dan membuat frustasi. Masalah ini sering disebut laptop blank hitam yang umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah perangkat keras hingga masalah perangkat lunak. Sehingga banyak yang mencari tahu cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup ini.

Mungkin sebagian orang akan merasa panik ketika laptop mengalami masalah seperti ini. Namun tenang jangan panik. Bagi yang ingin mengetahui cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup ini maka bisa simak pembahasannya dibawah ini:

1. Task Manager

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang pertama adalah dengan melalui Task Manager. Solusi ini tergolong sederhana dan dapat diterapkan pada berbagai jenis laptop. Saat layar laptop menjadi hitam, pengguna dapat mematikan perangkat dengan menekan tombol daya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik kanan pada area taskbar dan pilih Task Manager.
  • Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan.
  • Pilih menu File dan pilih Run New Task.
  • Ketik cmd dan tekan OK.
  • Di jendela command prompt, ketik shutdown -r -t 01 dan tekan Enter.

2. Tekan Tombol Power

Jika layar tetap hitam meskipun laptop masih menyala, pengguna bisa mencoba menahan tombol daya selama 30 detik. Setelah itu, sambungkan laptop ke adaptor dan hidupkan kembali dengan menekan tombol daya.

3. Masuk ke BIOS

Cara lain untuk mengatasi masalah layar hitam pada laptop adalah dengan masuk ke BIOS. Berikut langkah-langkahnya:

  • Mematikan laptop dengan menekan tombol daya.
  • Hidupkan kembali laptop.
  • Tekan tombol F2, F12, Delete, atau ESC secara berulang ketika laptop booting.
  • Jika pengaturan BIOS muncul di layar, maka tidak ada kerusakan pada hardware. Jika layar tetap hitam, mungkin ada masalah pada komponen laptop.
Baca juga :  Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10 dan Penyebab Kemunculannya

4. Menyambungkan Laptop ke Monitor Lain

Pengguna juga dapat mencoba menghubungkan laptop ke monitor eksternal atau proyektor untuk mengatasi layar hitam. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Ambil kabel HDMI atau VGA dan pastikan monitor eksternal terhubung dengan baik ke laptop.
  • Setelah memastikan koneksi fisik antara laptop dan monitor eksternal, nyalakan kembali laptop dengan menekan tombol daya.
  • Begitu laptop menyala, biarkan sistemnya boot hingga mencapai layar login atau desktop.
  • Jika laptop memiliki tombol fungsi khusus untuk mengaktifkan output eksternal, cari tombol FN (biasanya berwarna biru) di keyboard.
  • Dengan hati-hati, cari tombol dengan simbol layar atau monitor eksternal (biasanya terdapat di salah satu tombol fungsi F1-F12). Tekan dan tahan tombol FN bersamaan dengan tombol yang memiliki simbol tersebut.
  • Sementara menekan kedua tombol FN dan tombol fungsi untuk layar eksternal, perhatikan monitor eksternal. Dalam beberapa detik, laptop seharusnya mendeteksi monitor eksternal dan mengalirkan tampilan ke sana.
  • Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, dapat mencoba untuk melakukan pengaturan secara manual. Matikan laptop dan pastikan koneksi antara laptop dan monitor eksternal masih terhubung dengan benar.
  • Hidupkan kembali laptop dan biarkan sistemnya boot hingga mencapai layar login atau desktop.
  • Pada keyboard laptop, cari tombol FN (biasanya berwarna biru) dan tombol dengan simbol layar atau monitor eksternal. Tekan tombol FN dan secara bersamaan cek tombol dengan simbol layar.

5. Servis Laptop

Jika masalah layar hitam terus berlanjut, pengguna bisa mempertimbangkan untuk membawa laptop ke pusat servis. Layar hitam bisa disebabkan oleh berbagai masalah seperti VGA, LCD, gangguan RAM, dan lainnya. Dengan mendapatkan bantuan profesional, pengguna dapat memperbaiki masalah tersebut dan memastikan laptop berfungsi dengan baik.

Baca juga :  Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll Dengan Mudah, Cek di Sini!

Begitulah sekilas pembahasan mengenai cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup. Pada pembahasan di atas terdapat lima cara mudah untuk mengatasi ketika laptop ngeblank. Selain itu pada pembahasan di atas juga sudah disebutkan langkah langkahnya. Oleh karena itu perhatikan langkahnya dengan teliti supaya laptop dapat dengan mudah digunakan.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">