trendingnesia.com
trendingnesia.com adalah situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

cara daftar portal ltmpt 2020 Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi

portal ltmpt 2020

0 808

trendingnesia.com – ingin jadi mahasiswa baru tahun 2020, pada tahun ini siswa yang ingin masuk perguruan tinggi harus daftar portal ltmpt 2020, dalam surat edaran TIM Nomor: 10/SE.LTMPT/2019 TENTANG REGISTRASI AKUN LTMPT 2020.

yang ditujukan kepada, Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi,Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kota/Kabupaten, Kepala Sekolah SMA/MA/SMK, Guru/Tenaga Pendidik SMA/MA/SMK di Seluruh Indonesia

bagaimana cara daftar portal ltmpt 2020 ? dalam portal ltmpt 2020 Registrasi akun LTMPT dilakukan oleh sekolah dan juga siswanya secara mandiri.

  1. Registrasi Akun Sekolah Untuk mendapatkan akun sekolah di LTMPT, masukkan kombinasi NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS
  2. Registrasi Akun Siswa Untuk mendapatkan akun siswa di LTMPT, masukkan kombinasi NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

alamat pendaftaran portal ltmpt 2020 yaitu :

untuk siswa alamat https://portal.ltmpt.ac.id/reg/siswa

untuk sekolah https://portal.ltmpt.ac.id/reg/sekolah

dalam surat tersebut berisi, Sehubungan dengan perkembangan registrasi akun LTMPT yang dilakukan oleh Sekolah dan Siswa sampai dengan hari Selasa 03 Desember 2019.

[wp-embedder-pack width=”100%” height=”400px” download=”all” download-text=”” attachment_id=”1475″ /]

  1. Registrasi akun LTMPT dilakukan oleh sekolah dan juga siswanya secara mandiri.(portal ltmpt 2020)
  2. Siswa lulusan tahun 2020 dan akan mengikuti SNMPTN 2020 wajib melakukan registrasi akun pada tanggal 02 Desember 2019 – 07 Januari 2020. Bagi siswa lulusan 2020 yang tidak akan mengikuti SNMPTN 2020 tapi akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2020, dapat melakukan registrasi akun pada tanggal 07 Februari 2020 – 05 April 2020 bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan 2018 dan 2019.
  3. Sebelum melakukan registrasi akun, pihak sekolah atau siswa harus sudah membaca petunjuk Alur Registrasi Akun Sekolah dan Siswa serta melihat Video Tutorial Registrasi Akun di https://www.ltmpt.ac.id pada menu Unduhan Tahun 2020.
  4. Sekolah yang sudah registrasi akun untuk TIDAK MELAKUKAN SIMPAN PERMANEN sebelum data sekolah yang tercantum sudah benar. Dalam hal ini, sekolah tidak perlu menunggu siswa melakukan verifikasi dan permanen data. Walaupun sekolah sudah permanen data, sekolah tetap bisa memantau status registrasi akun siswanya.
  5. Akreditasi sekolah yang “TMT selesai Akreditasi” setelah tanggal 31 Desember 2018, masih dianggap berlaku.
  6. Semua perbaikan atau update data sekolah dan siswa harus dilakukan oleh operator sekolah melalui Sistem Dapodik PDSP Kemdikbud atau Sistem EMIS Pendis Kemenag termasuk tentang Nomor Registrasi sekolah diperoleh dari PDSP Kemdikbud atau Emis Kemenag

Berikut ini tahapan pendaftaran SNMPTN 2020 portal ltmpt 2020

tahapan portal ltmpt 2020
tahapan portal ltmpt 2020

1. Registrasi Akun LTMPT portal ltmpt 2020

Registrasi Akun LTMPT
Registrasi Akun LTMPT
  •  Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada tanggal 2 Desember 2019-7 Januari 2020.

2. Pengisian Data PDSS portal ltmpt 2020

Pengisian Data PDSS portal ltmpt 2020
Pengisian Data PDSS portal ltmpt 2020
  • Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
  • Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.
  • Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Pengisian Data PDSS oleh Sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.

3. Pemeringkatan portal ltmpt 2020

  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  • Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah: Akreditasi A: 40 persen Akreditasi B: 25 persen Akreditasi C dan lainnya 5 persen
  • Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (a).
  • Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  • Sekolah mengisikan daftar siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2020 sesuai jumlah yang ditetapkan pada butir (b) dari tanggal 13 Januari 2020 – 06 Februari 2020.
  • Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah sebagaimana butir (b).
  • LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.

4. Pendaftaran SNMPTN portal ltmpt 2020

Pendaftaran SNMPTN portal ltmpt 2020
Pendaftaran SNMPTN portal ltmpt 2020
  • Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  • Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Prinsip Penerimaan Mahasiswa Baru

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan 5 prinsip  yaitu :

  1. adil, yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan;
  2. akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas;
  3. fleksibel, yaitu pelaksanaan TPS diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh lebih dari satu kali tes;
  4. efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu; dan
  5. transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses secara mudah.

sekian artikel cara daftar portal ltmpt 2020 Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, semoga bermanfaat dan sukses masuk perguruan tinggi yang di inginkan.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda