4 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop, Solusi Jika Ingin Mengembalikannya Lagi

Terdapat berbagai cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop dengan cara yang praktis dan efisien. Aplikasi mempermudah tugas-tugas yang dilakukan oleh banyak individu. Tanpa adanya aplikasi, akses ke laptop dapat menjadi terbatas.

Tetapi, tidak sedikit pengguna yang secara tidak sengaja menghapus aplikasi dari laptop mereka. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika ingin mengembalikan aplikasi tersebut. Dibawah ini, kami sajikan panduan untuk menginstal kembali aplikasi di laptop.

1. Melalui Control Panel

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop yang pertama adalah menggunakan kontrol panel yang tersedia di laptop. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan aplikasi:

  • Mulailah dengan membuka control panel pada laptop yang sedang digunakan. Lanjutkan dengan memilih opsi recovery dan klik open system restore.
  • Selanjutnya, tunggu sampai proses restore selesai dilaksanakan. Setelah itu, klik opsi undo system restore dan kemudian klik opsi next.
  • Sementara menunggu konfirmasi dari system restore, klik pilihan finish. Ketika muncul pemberitahuan, klik opsi oke dan tutup proses dengan mengklik opsi close setelah semua proses selesai.
  • Dengan demikian, aplikasi akan kembali muncul di laptop.

2. Melalui Windows Powershell

Untuk memulihkan aplikasi yang telah terhapus dari laptop menggunakan Windows PowerShell, langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, cari dan buka Windows PowerShell dari menu Start di laptop. Setelah PowerShell terbuka, klik kanan pada ikon aplikasi tersebut untuk menjalankannya sebagai administrator.

Setelah itu, tunggu hingga muncul kotak dialog untuk menautkan aplikasi yang akan dipulihkan. Tujuannya adalah untuk mengembalikan aplikasi yang telah terhapus ke dalam sistem laptop. Kemudian, tekan tombol “Enter” dan tunggu proses pemulihan selesai dilakukan.

Baca juga :  5 Aplikasi Editan Foto Lucu, Sarana Berkreasi Dengan Foto di Android

3. Melalui Pengaturan

Pengguna juga dapat mengembalikan aplikasi yang telah terhapus dari laptop menggunakan pengaturan pada sistem operasi Windows. Proses ini sangat mudah dilakukan jika memilih opsi yang satu ini. Untuk rincian langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, tekan tombol Windows+I, lalu pilih opsi Update & Security yang terletak di bagian kanan.
  • Setelah masuk ke menu Update & Security, user akan melihat beberapa pilihan aplikasi. Klik opsi Recovery, dan tunggu aplikasi membuka.
  • Geser layar ke bawah dan pilih opsi Restart Now. Setelah laptop direstart, tunggu hingga muncul opsi di layar. Pilih Troubleshoot, lalu klik opsi Advance Option.
  • Langkah terakhir, klik opsi Startup Setting dan pilih Restart. Tunggu sampai semua proses selesai dilakukan.

4. Menggunakan Aplikasi 10AppsManager

Pengguna juga dapat memanfaatkan 10 AppsManager untuk merestorasi aplikasi di laptop. Prosesnya melibatkan langkah-langkah tambahan di mana user a perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut sebelum memasangnya di laptop yang digunakan. Untuk langkah lebih lanjutnya seperti berikut:

  • Setelah berhasil dipasang, pengguna akan diarahkan ke antarmuka 10 AppsManager yang menampilkan daftar aplikasi yang pernah terinstall di laptop tersebut.
  • User dapat dengan mudah mengembalikan aplikasi yang diinginkan dengan mengklik opsi reinstall yang tertera di sebelah aplikasi yang ingin dikembalikan.
  • Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya berfungsi untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang sudah ada di laptop.

Penting untuk dicatat juga bahwa penggunaan metode ini memerlukan sistem operasi Windows 10. Dengan begitu, prosesnya akan berlangsung lebih cepat dan lebih mudah untuk dilakukan.

Demikian penjelasan singkat tentang cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop. Jadi jika ada aplikasi yang mungkin tidak sengaja terhapus di laptop dan pengguna ingin mengembalikannya lagi, cara-cara diatas bisa langsung dipraktekkan.

Baca juga :  Cara Melihat Email Sendiri di Smartphone
lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">