Cara Mengetahui Kata Sandi Email dan Cara Mengatasi Kata Sandi yang Lupa

Tidak semua orang tahu mengenai cara mengetahui kata sandi email di smartphone ataupun laptop bahkan komputer. Kata sandi atau password sering dipakai ketika ingin membuat aku. Akun tersebut diantaranya tweeter, tiktok atau bahkan aplikasi lainnya yang memerlukan kata sandi email.

Bagi yang ingin mengetahui caranya maka bisa simak selengkapnya dibawah ini. Berikut beberapa cara mengetahui kata sandi email dengan mudah.

Cara Mengetahui Kata Sandi Email di HP

Jika ingin menggali rahasia kata sandi email di ponsel pintar, tak perlu repot-repot. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Akses aplikasi Gmail di ponsel.
  • Sentuh ikon profil di sudut kanan atas layar.
  • Klik opsi ‘Kelola Akun Google pengguna’ dalam aplikasi Gmail.
  • Pilih tab ‘Keamanan’ dan gulir ke bawah, lalu ketuk ‘Pengelola Sandi’.
  • Di dalam ‘Pengelola Sandi’, pengguna dapat menemukan kata sandi untuk aplikasi Gmail atau Google.
  • Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menemukan kata sandi untuk aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, Twitter, aplikasi pembelajaran, aplikasi pemutar musik, aplikasi pengedit foto atau video, dan masih banyak lagi.
  • Saat pengguna sudah masuk ke dalam pengaturan sandi, cukup pilih aplikasi yang ingin pengguna periksa kata sandinya. Sebagai contoh, jika pengguna ingin mengetahui kata sandi aplikasi Instagram, cukup pilih aplikasi Instagram dan lihat kata sandinya.
  • Selesai.

Hal serupa seringkali juga terjadi di komputer. Lupa kata sandi email adalah masalah umum yang dirasakan oleh banyak orang, terutama saat menggunakan komputer. Hampir semua orang tidak tahu bagaimana cara mengetahui kata sandi email, terutama di komputer.

Baca juga :  5 Aplikasi Pengubah Suara Jadi Wanita Untuk Seru Seruan Bareng Teman

Tidak mengherankan jika kebanyakan orang tidak akrab dengan cara mengetahui password email di komputer. Karena lebih mudah bagi orang untuk menggunakan ponsel pintar daripada komputer. Ponsel pintar lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana dan lebih mudah dipahami dalam penggunaannya dibandingkan dengan komputer.

Cara Mengetahui Kata Sandi Email di PC

Pengkodean sandi elektronik pada komputer adalah rahasia yang langka untuk diketahui banyak orang. Oleh karena itu, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, mulailah dengan membuka Google Chrome pada komputer pengguna.
  • Kedua, arahkan kursor pengguna ke pojok kanan atas dan pilih opsi ‘Pengaturan’.
  • Ketiga, di dalam menu Pengaturan, pengguna akan menemukan tab kanan dan tab kiri. Fokuslah pada tab kiri.
  • Keempat, di tab kiri, pilih opsi ‘Isi Otomatis’.
  • Kelima, dalam opsi ‘Isi Otomatis’, carilah dan klik pada ‘Sandi’.
  • Keenam, setelah masuk ke opsi ‘Sandi’, gulir ke bawah untuk menemukan akun Google atau Gmail yang sesuai dan akses kata sandi emailnya.
  • Secara perbandingan, mengetahui kata sandi email baik di ponsel maupun komputer sama-sama dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Mengatasi Kata Sandi yang Lupa

Terdapat beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mengatasi situasi yang kerap kali mengejutkan, yakni lupa kata sandi. Mari kita bayangkan, pengguna tengah asyik menggunakan aplikasi favoritmu, tiba-tiba, permintaan login muncul, dan oh tidak, kata sandi yang biasa pengguna gunakan tak terpikirkan oleh otakmu.

Atau, ketika pengguna berniat untuk menciptakan sebuah akun baru yang menjanjikan petualangan tak terduga, namun dihadapkan pada kebingungan akibat kelupaan kata sandi.

Namun, janganlah resah. Ada metode yang bisa dijalankan dengan cukup lancar dan cepat untuk mengatasi kondisi ini. Pertama, cobalah mengingat kembali informasi yang mungkin terkait dengan kata sandi tersebut. Mungkin saja ada petunjuk yang terlupakan di dalam pikiranmu, atau mungkin pengguna memiliki catatan di tempat yang tersembunyi.

Baca juga :  2 Cara Pemasangan CCTV Online BARDI dan Konvensional

Jika metode itu tidak berhasil, langkah berikutnya adalah memanfaatkan fitur pemulihan kata sandi yang biasanya disediakan oleh platform aplikasi atau situs web yang pengguna gunakan. Proses ini seringkali melibatkan verifikasi melalui email atau nomor telepon yang terdaftar sebelumnya. Setelahnya, pengguna akan diberikan opsi untuk menetapkan kata sandi baru.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengetahui kata sandi email. Pada pembahasan di atas tadi terdapat cara cara mudahnya serta cara mengatasinya.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">