trendingnesia.com
situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Hari Guru Sedunia. Apa yang Sudah Kita Lakukan Untuk Para Guru?

Hari Guru Sedunia

0

Hari Guru Sedunia. Apa yang sudah kita lakukan untuk para guru? Guru, sebuah profesi yang sering orang menyebutnya sebagai “Pahlwan tanpa tanda jasa” ini tentunya bukan tanpa maksud. Setiap orang berhak medefinisikan istilah “Pahlawan tanpa tanda jasa” dengan pendapatnya sendiri.

Jasa guru amatlah besar dan tidak bisa diukur hanya dengan gaji, sertifikat, pengakuan atau apapun yang lainnya. Sudah sepantasnya ada sebuah apresiasi yang ditujukan untuk para guru, baik di Indonesia atau pun di seluruh dunia. Dari bentuk apresiasi atas jasanya inilah Hari Guru Sedunia atau pun Hari Guru Nasional diperingati setiap tahunnya.

Hari Guru Internasional

Hari guru sedunia jatuh pada tanggal 5 Oktober yang ditetapkan oleh organisasi PBB yang bergerak di bidang pendidikan (UNESCO). Peringatan ini bertujuan untuk memberi penghargaan kepada guru di seluruh dunia atas dedikasi, kepedulian, pemahaman serta pengabdian seorang guru dalam mengajarkan ilmu dan mengentas masyarakan dari kebodohan.

Materi Tentang Hari Guru

Pada tahun ini, untuk memperingati Hari Guru Sedunia tentulah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan kewajiban kita untuk patuh terhadap protokol kesehatan atas mewabahnya virus corona. Lalu, bagaimana cara memperingati Hari Guru tahun ini?

1. Menjalin Silaturahmi Daring

Meski kita tidak bisa bertatap langsung dengan guru di dalam kelas, tidak lantas kita meniadakan atau melupakan peran guru. Untuk memperingatinya, jalinlah silaturahim dengan gurumu lewat daring seperti halnya kamu belajar daring.

Luangkan sedikit kuota Internet untuk video call pada gurumu. Ucapkan beberapa kalimat yang pantas untuk diucapkan. Seperti, ucapan terima kasih dan lainnya.

2. Update Ucapan Terima Kasih di Sosial Media.

Jika kuota Internetmu minim, kamu bisa memperingati World Teacher’s Day dengan cara yang satu ini, yaitu update atau posting ucapan terima kasih di sosial media. Buatlah gambar yang menarik dengan disertai kata-kata bijak (quote) yang masih berkenaan dengan guru.

3. Tetap Raji Belajar

Meski saat ini masih dalam keadaan pandemi yang mengharuskan School from Home, kamu harus tetap belajar. Belajar yang giat ternyata sudah cukup membuat hati para guru merasa bahagia. Fotolah kegiatan belajar, dan kirim foto tersebut pada gurumu.

Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional

Mungkin sebagian orang masih bingung dengan peringatan Hari Guru Sedunia. Seperti yang dilansir di atas, pada 5 Oktober 1994 organisasi PBB -UNESCO- telah mencetuskan dan menetapkan pada tanggal 5 oktober adalah peringatan Hari Guru Sedunia. Sedangkan untuk hari guru nasional diperingati pada tanggan 25 November.

Hari Guru Sedunia
Hari Guru Nasional

Meskipun sama-sama hari guru, namun jangkauannya berbeda. Jika Hari Guru Internasional adalah peringatan bagi para guru sedunia, Hari Guru Nasional adalah dikhususkan bagi para guru di Indonesia dan untuk memperingati hari jadi Persatuan Guru Republik Indonesia(PGRI). Inilah letak perbedaannya.

Sekarang Hari Guru yang Keberapa

Sekarang hari guru yang ke berapa? Tinggal hitung mundur saja. Penetapan World Teachers’ Day adalahah pada tahun 1994. Jika sekarang tahun 2020, maka tinggal hitung sisa pengurangan tahun sekarang (2020) dengan tahun ditetapkannya World Teachers’ Day. Dari 2020-1994 mempunyai hasil pengurangan 26, maka tahun ini adalah hari guru yang ke 26.

Apakah Hari Guru Libur

Tentang pertanyaan apakah Hari Guru libur, tentunya jika di Indonesia belum ada keputusan yang mengatakan jika hari guru merupakan hari libur nasional. Namun, untuk World Teachers’ Day, bagi sebagian negara, ada beberapa negara yang menetapkan sebagai hari libur sekolah.

Itulah tadi beberapa ulasan tentang peringatan Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional. Semoga setelah ini pemerintah lebih menyoroti lagi tentang kesejahteraan para guru. Kenapa? Karena semua profesi terhebat pun dimulai dari jasa-jasa para guru.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda