trendingnesia.com
trendingnesia.com adalah situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Inilah Tren Teknologi Terbaru di Tahun 2020

Hingga tahun 2020 ini, sudah banyak sekali teknologi canggih yang digunakan

0 75

trendingnesia.com Inilah Tren Teknologi Terbaru di Tahun 2020 – yang Tak Pernah Terpikirkan Teknologi merupakan hal yang selalu berkembang sesuai perkembangan zaman. Hampir setiap tahun teknologi mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut selalu bisa mempermudah pekerjaan manusia. Teknologi tersebut memang dirancang khusus untuk membantu pekerjaan manusia.

Hingga tahun 2020 ini, sudah banyak sekali teknologi canggih yang digunakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan mereka. Kecanggihan tersebut tentunya ditemukan oleh orang-orang cerdas mulai dari kaum muda hingga yang sudah tua. Berikut ini beberapa teknologi canggih yang mulai tren tahun 2020.

Jaringan 5G

Teknologi Terbaru

Salah satu teknologi terbaru di tahun 2020 ialah jaringan 5G. Jaringan ini telah lama dikembangkan. Namun baru di tahun 2020 prakteknya menjadi kenyataan. Sebelumnya kita mengenal jaringan 3G dan 4G. Jika dibandingkan, jaringan 3G menempati urutan terbawah karena jaringan ini bisa dikatakan lebih lambat dari 4G dan 5G.

Jaringan 5G mungkin bisa lebih cepat dari jaringan lainnya. Saat ini beberapa pabrikan telah berkomitmen untuk merilis perangkat yang mendukung 5G pada akhir tahun. Bahkan beberapa kota dapat segera menikmatinya. Hanya ada beberapa kota saja yang akan memiliki opsi untuk menggunakan teknologi seluler yang sangat cepat ini. Hal tersebut bisa memberikan waktu kepada pengguna untuk meng-upgrade ponsel mereka agar segera dapat terhubung dengan 5G.

Kecerdasan Buatan

Teknologi Terbaru

Teknologi terbaru di 2020 berikutnya ialah teknologi untuk kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini merupakan teknologi yang paling berperan membantu kegiatan manusia. Contohnya mobil yang bisa mengemudi sendiri dan robot pencuri pekerjaan. Keduanya akan segera mengambil alih pekerjaan Anda. Di satu sisi, Anda tidak akan terlalu kelelahan untuk mengerjakan pekerjaan Anda.

Teknologi ini dinamakan AL. Anda tidak perlu lagi menjadi peneliti top untuk menggunakan AI. Bisa jadi “AI Skill” akan segera menjadi cara lain untuk menghiasi CV Anda. Manfaat yang bisa digunakan yaitu untuk mengidentifikasi proses bisnis, meningkatkan cybersecurity, melakukan analisis data yang lebih baik, dan mengotomatiskan beberapa pekerjaan manusia yang berulang.

Blockchain

Teknologi Terbaru

Blockchain ialah teknologi terbaru di 2020 untuk melacak informasi dan merampingkan transaksi yang kompleks. Teknologi blockchain terbesar akan kita lihat di tahun 2020 dan tahun-tahun setelahnya. Hal tersebut merupakan urusan perusahaan yang berskala besar. Selain itu teknologi ini sangat fleksibel yang dapat diimplementasikan di mana saja.

Sebagian besar data transaksional seperti keuangan, rantai pasokan, manajemen hak media, Internet of Things, verifikasi identitas, dan banyak lagi. Akan tetapi teknologi ini tidak begitu mudah dipahami. Hanya orang tertentu yang bisa membuatnya.

Internet of Things

Teknologi Terbaru

Internet menjadi salah satu teknologi yang paling digandrungi oleh semua kalangan. Jaringan 5G memang mulai diterapkan. Hal itu akan membuat lebih banyak bandwidth yang tersedia untuk “Internet of Things” (IoT) yang sedang berkembang. Sebuah handphone hanyalah salah satu bagian dari jaringan perangkat yang luas; sensor, tag RFID, dan mesin online. Dengan begitu, jaringan nirkabel akan terus meningkat dan semakin meluas.

Dengan adanya teknologi terbaru di 2020 ini, Anda bisa menemukan mobil-mobil kemudi otomatis walaupun mungkin belum menjadi mainstream untuk sementara waktu. Anda juga bisa memiliki mobil yang dapat mengirimkan informasi diagnostik (tekanan ban, tingkat minyak, dan lain-lain) langsung melalui ponsel kita. Ya, semua hal bisa Anda kendalikan melalui ponsel Anda.

Edge Computing

Teknologi Terbaru

Istilah ini mengacu pada jaringan dan perangkat yang paling jauh dari cloud, seperti smartphone. Pada saat Anda bertanya kepada Google Assistant, permintaan Anda harus diunggah terlebih dahulu ke cloud, diproses, dan baru dikembalikan kepada jawabannya. Hal tersebut bisa menciptakan banyak waktu jeda.

Selain itu juga bisa memberikan tekanan pada server, memakan bandwidth, dan memerlukan banyak fungsi perangkat untuk terkoneksi internet. Dengan teknologi terbaru di 2020  yang terus berkembang, mungkin akan jauh lebih cepat, lebih personal, dan lebih aman untuk menyimpan dan memproses lebih banyak data secara lokal.

Proses terjadinya desentralisasi cloud dengan menempatkan lebih banyak penyimpanan data dan kekuatan pemrosesan di tingkat lokal (di lingkungan dan rumah individu). Hal tersebut mungkin memakan waktu yang cukup lama, tetapi sudah ada tanda-tanda bahwa ini akan menjadi tren untuk jangka yang panjang.

Virtual/Augmented Reality

Teknologi Terbaru

Istilah tersebut biasa disebut dengan VR dan AR. Keduanya akan semakin baik seiring berjalannya waktu. Dunia gaming telah menjadi pasar besar yang paling utama untuk teknologi. Teknologi terbaru di 2020  ini juga mendapatkan daya tarik dalam bidang pendidikan, pelatihan, dan pemasaran.

Dengan menggunakan VR dan AR Anda bisa melihat dunia gaming lebih dalam dan detail. Dengan meningkatnya teknologi, harga perangkat juga akan turun dan aplikasi akan semakin inovatif. Hal tersebut bisa memudahkan Anda untuk membayangkan masa depan yang didukung oleh VR dan AR.

Kulit Manusia Hasilkan Listrik

Teknologi Terbaru

Melanin merupakan pigmen di bawah kulit yang memiliki kemampuan mewarnai kulit dan rambut kita. Hal tersebut merupakan platform yang bisa digunakan membangun implan bionik. Di awal tahun 2020  hal ini direalisasikan oleh para ilmuwan. Ilmuwan Italia yakni Paolo Tassini berhasil meningkatkan kemampuan pigmen kulit untuk menghantarkan listrik.

Teknologi terbaru di 2020  ini akan jadi momen instrumental dalam bidan bioteknologi dan penanaman perangkat bioeletronik dalam tubuh manusia. Proses ini tak akan lagi menggunakan plat metal, dan menggunakan sesuatu yang secara alami diproduksi tubuh dan tidak ditolak sistem imun.

Penyembuhan Alzheimer

Teknologi Terbaru

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang tak ada obatnya. Para ilmuwan saraf di Picower Institute MIT kini telah menemukan cara menyembuhkan alzheimer pada tikus. Hal tersebut dilakukan dengan memapari tikus dengan lampu berkedip dan suara ketukan yang cepat. Adanya kilatan lampu dan suara klik berkecepatan tinggi dapat meningkatkan keterampilan memori yang menurun karena Alzheimer.

Teknologi terbaru di 2020  ini menginduksi gelombang otak secara positif mengubah komposisi protein di otak. Walaupun demikian, para ilmuwan masih belum menemukan kombinasi yang tepat dari kilatan cahaya dan suara yang harus dipaparkan agar kapasitas otak meningkat maksimal. Namun jika dikembangkan lagi teknologi ini bisa diterapkan pada manusia.

Pasien HIV Sembuh

Teknologi Terbaru

Salah seorang pasien di London telah mengukir sejarah setelah menjadi orang kedua yang sembuh dari penyakit HIV. Pasien tersebut bebas dari virus mematikan tersebut setelah menerima transplantasi sumsum tulang. Pendonoran sel induk atau stem cells yang ditransplantasikan memiliki mutasi genetik yang tahan terhadap HIV.

Pada awal 2020 , HIV tidak muncul kembali meski tanpa meminum obat antiretroviral. Akan tetapi teknologi terbaru di tahun 2020  ini bukanlah hal yang bisa jadi metode penyembuhan masal. Hal itu dikarenakan terdapat rentetan risiko serius, dan pasien yang satu ini adalah salah satu yang beruntung.

 

Itulah beberapa teknologi terbaru di 2020  yang mungkin sebelumnya belum terpikirkan oleh Anda bisa terjadi. Dengan kecerdasan dan kecanggihan teknologi setiap hal akan menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda