in ,

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Bisa Membuat Cepat Tua

Kebiasaan Minum Kopi yang Membuat Cepat Tua

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Bisa Membuat Cepat Tua
Hati-Hati! 5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Bisa Membuat Cepat Tua

Trendingnesia.ComMinum Kopi Cepat Tua – Tidak lagi hanya orang tua, minum kopi belakangan ini sudah menjadi gaya hidup bagi para remaja. Banyak coffee shop dan resto yang menyediakan minuman hitam ini dengan varian rasa dan toping yang beragam, membuat remaja masa kini ikut menikmati sensasi rasa kopi yang mikmat dan mantap.

Memang, manfaat minum kopi ini banyak sekali, mulai dari menghilangkan kantuk, menyegarkan tubuh dan pikiran, sampai pada memanfaatkan kopi sebagai menu diet. Namun, di balik semua manfaat tersebut, minum kopi juga bisa berakibat buruk bagi remaja, yaitu penuaan dini.

Tidak mau kan akibat minum kopi yang salah penyajian membuatmu mengalami penuaan dini? Oleh karena itu kali ini Trendingnesia menyajika beberapa kebiasaan yang salah saat minum kopi yang bisa membuatmu tua lebih cepat.

Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Membuat Cepat Tua

Apa saja kebiasaan ngopi yang salah tersebut? Langsung saja baca tulisan di bawah ini:

1. Melewatkan Menu Sarapan Sehat dan Menggantikannya dengan Minum Kopi

Kopi memang asyik dinikmati di pagi hari, akan tetapi hal itu tidak lantas membuatmu melewatkan sarapan dengan menu makan pagi yang sehat. Sarapan bisa menciptakan energi untuk beraktivitas dan meningkatkan konsentrasi.

Bayangkan jika kamu tidak makan menu sarapan pagi yang sehat dan menggantinya hanya dengan minum kopi. Kira-kira, apa kamu bisa kenyang lebih lama? Lalu kalau lapar, apa tidak menyebabkan penurunan dalam berpikir? Aktivitas belajar dan bekerjamu akan terganggu.

Bukan hanya itu. Menu sarapan sehat seperti sayur, buah, telur, yoghut, dan makanan yang mengandung antioksidan lainnya bisa membuatmu awet muda, lho? Jika kamu lebih memilih kopi ketimbang menu di atas, bisa dipastikan kamu akan cepat tua.

 

2. Mencampurkan Gula atau Krimer dengan Takaran Berlebih

Pada dasarnya rasa kopi itu pahit dan pasti tidak disukai para remaja. Jalan pintas untuk tetap menikmati kopi adalah dengan menambahkan gula atau krimer yang berlebih agar tercipta rasa manis. Namun, tahukah kalian bahaya yang mengincar kesehatan di balik manisnya krimer dan gula?

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Bisa Membuat Cepat Tua
mencampurkan gula atau krimer  dengan takaran berlebih

Jika kamu terlalu banyak menambahkan krim atau gula berlebih saat minum kopi, apalagi jika kalian melakukannya secara rutin tiap hari itu bisa meningkatkan kadar gula darah. Itu efek jangka panjangnya.

Jangka pendeknya, lonjakan berat badan yang menyebabkanmu terlihat gendut tentu juga memberikan kesan tua dari umurmu yang sebenarnya. Tidak mau kan di umur 20 tahun mempunyai badan gendut dan terlihat seperti umur 39 tahun?

 

3. Melupakan Kebiasaan Minum Air Putih Secara Rutin

Air putih sangat dibutuhkan dan perannya banyak sekali bagi tubuh. Namun, kebiasaan sehat minum air putih ternyata sering diabaikan oleh sebagian orang, terlebih para remaja yang lebih suka manis pahitnya kopi daripada air putih yang memang tidak ada rasa.

Tahukan kamu jika kafein dalam kopi ternyata bisa menyebabkan dehidrasi?

Jika badan sudah dehidrasi atau kekurangan cairan, tidak hanya pencernaan terganggu, lemas dan energi menurun. Dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit kering dan keriput. Sangat tidak oke di usia 19 tahun tapi kulit keriput seperti nenek-nenek.

 

4. Menjadikan Minum Kopi Sebagai Minuman Sepanjang Hari

Saking nikmatnya minuman satu ini sampai bisa membuat para penikmatnya ketagihan. Apalagi di zaman sekarang tidak perlu repot-repot lagi untuk minum kopi. Banyak kopi siap seduh yang dijual di pasaran.

Banyak juga kedai kopi yang bisa ditongkrongi, bahkan kita bisa menikmati kopi dengan membelinya secara online. Hal yang mempermudah akses minum kopi ini juga merupakan satu alasan para remaja bisa minum kopi kapan saja dan di mana saja.

Dengan alasan pagi ngopi untuk meningkatkan konsentrasi, siang ngopi agar tidak bosan bekerja, malam ngopi supaya tidak ngantuk saat lembur. Jadilah mereka mengkonsumsi kopi sepanjang hari. Padahal mereka tahu jika kopi bisa menghilangkan kantuk dan merusak suasana hati jika diminum berlebihan.

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Ternyata Bisa Membuat Cepat Tua
peuaan dini akibat kebiasaan yang salah dalam minum kopi

Jika tidak mengantuk, kapan tidurnya? Jika tidak tidur, kapan istirahatnya? Akibat susah tidur atau tidak bisa tidur bisa membuat kulit muka menjadi pucat dan munculnya mata panda serta kerutan di sekitar mata yang menjadi ciri penuaan dini. Bagaimana? Masih mau minum kopi sepanjang hari?

Nah, itulah tadi beberapa risiko penuaan dini yang bisa ditimbulkan karena kebiasaan minum kopi yang salah. Bukan melarang untuk ngopi karena memang faktanya kopi juga bagus untuk kesehatan, akan tetapi minumlah kopi sewajarnya saja untuk mendapatkan manfaat dari kopi tersebut.

Jangan karena tahu jika kopi banyak manfaatnya, lantas kamu menjadikannya sebagai pengganti air putih yang diminum sepanjang hari.

Imbangi minum kopi dengan hidup sehat lainnya, seperti olahraga, makan sayur dan buah, juga istirahat yang cukup. Karena efek menikmati kopi yang salah bisa membuatmu terlihat cepat tua. Semoga bermanfaat.

Report

Written by Shalys Chan

Penulis online, baik fiksi maupun non-fiksi.
Siap Menulis untuk Website-mu

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *