informasi trending topic di indonesia

Ragam Cara Membuat Link WhatsApp, Langsung Terhubung ke Chat Pribadi!

Apakah kamu pernah menemukan sebuah link WhatsApp dan membawa kamu langsung terhubung ke halaman chat di nomor tertentu? Ya, bisa dikatakan bahwa fitur link WhatsApp kini semakin banyak digunakan, terutama untuk mereka yang menggunakan WhatsApp sebagai salah satu platform pemasaran bisnis.

Secara umum, adanya link WhatsApp memang sangat membantu dan memudahkan. Pasalnya, berbekal link tersebut calon konsumen, misalnya, tidak perlu mengetik nomor untuk mengirim pesan WhatsApp, melainkan hanya tinggal mengklik link tersebut.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara membuat link WhatsApp tersebut? Pada kesempatan ini akan dibahas tentang ragam cara mudah untuk membuat link aplikasi WhatsApp, terutama membantu kamu untuk melayani konsumen dengan lebih efisien.

Penasaran? Simak ulasannya!

Fungsi Link WhatsApp

Sebelum membahas tentang cara untuk membuat link WhatsApp, ada baiknya jika kita membahas fungsi atau kegunaan dari link ini. Seperti yang disinggung sebelumnya, fitur ini secara umum digunakan untuk memudahkan komunikasi dengan calon konsumen. Link WhatsApp tersebut bisa dipasang di platform media sosial lain seperti Instagram dan lainnya.

Dengan adanya link tersebut, maka calon konsumen akan langsung dihubungkan ke chatroom dengan penjual. Selain itu, link WhatsApp juga bisa digunakan oleh seorang customer service untuk memberikan pelayanan pada pelanggan, terlebih berkaitan dengan keluhan yang dimiliki.

Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Mudah

Berbincang tentang cara untuk membuat link WhatsApp tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu aplikasikan dengan cukup mudah dan simple. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Membuat link WhatsApp secara manual

Untuk membuat link WhatsApp, kamu bisa melakukannya secara manual. Tentu saja, cara ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak perlu cara khusus dan kamu hanya tinggal memasukkan nomor telepon pada short link WhatsApp. Nah, cara ini bisa diaplikasikan pada beragam media sosial, seperti Facebook, Instagram atau bahkan toko online yang dikelola.

Terkait cara ini, kamu hanya perlu menggunakan kode nomor telepon internasional. Jika nomor kamu berawalan 08, maka kamu hanya perlu mengubah menjadi 628. Angka 62 adalah kode internasional untuk nomor telepon Indonesia.

Selain itu, penulisan nomor juga tidak diperkenankan menggunakan tkamu strip atau spasi. Pasalnya, hal tersebut akan membuat nomor tidak terbaca oleh server api WhatsApp.

Misalnya, ketika kamu menggunakan nomor 0897123456, maka kamu tinggal mengubahnya menjadi 62897123456. Nah, sedangkan link WhatsApp yang dibuat adalah sebagai berikut:

  • https://api.whatsapp.com/send?phone=62897123456

 

  • https://wa.me/62897123456

Cara manual ini sangat mudah diaplikasikan. Setelah berhasil membuat link tersebut, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu dengan menggunakan device yang lain untuk memastikan link yang dibuat sudah berhasil.

  • Menggunakan bit.ly 

Untuk membuat link WhatsApp dengan mudah, kamu juga bisa menggunakan bit.ly yang merupakan shortened link. Shortened sendiri adalah fitur yang bisa digunakan untuk memendekkan link URL sehingga link tersebut cenderung lebih mudah diingat.

Sebenarnya, ada cukup banyak shortened link URL yang tersedia dan bisa digunakan. Namun, untuk kemudahan membuat link WhatsApp, kamu bisa menggunakan bit.ly.

Adapun beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat short link dengan bit.ly adalah sebagai berikut:

  • Buka website bit.ly melalui browser yang kamu gunakan. Untuk memudahkan, kamu juga bisa menggunakan mesin pencari Google
  • Jika sudah terbuka, kamu akan menemukan kolom besar yang ada di bagian tengah. Nah, pada kolom tersebut masukkan link yang akan dipendekkan. Misalnya saja link WhatsApp yang dibuat secara manual tadi
  • Hasil link WhatsApp yang dipendekkan akan langsung terlihat dan bisa digunakan. kamu hanya tinggal menyalin link tersebut

Dengan menggunakan layanan ini, maka membuat link WhatsApp tidak hanya akan semakin mudah tetapi juga mendapatkan hasil yang cenderung lebih menarik. Bahkan, kamu pun sebenarnya juga bisa menggunakan layanan custom link yang disediakan oleh bit.ly.

Jika kamu menggunakan layanan custom link ini, maka nantinya kamu bisa membuat kreasi nama link yang lebih menarik. Hanya saja, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Selain itu, jika tidak salah, ada biaya yang perlu dibayarkan.

  • Menggunakan linktree

Apakah kamu pernah membuka salah satu profil Instagram yang di dalamnya ada kontak untuk dihubungi dan setelah diklik maka kamu akan melihat adanya linktree yang digunakan? Nah, linktree memang menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh para pebisnis online.

Dengan menggunakan layanan ini, kamu nantinya bisa melakukan share beragam jenis link untuk memudahkan pelanggan menghubungi kamu sebagai seller. Tentu saja, salah satu jenis link yang bisa ditambahkan dalam layanan linktree tersebut adalah link WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat link WhatsApp tersebut dengan menggunakan linktree?

Cara membuat link WhatsApp dengan linktree sebenarnya sangat mudah. Adapun langkah untuk membuatnya adalah:

  • Kunjungi terlebih dahulu laman website dari linktree
  • Jika sudah, lakukan registrasi untuk menggunakan layanan tersebut. Registrasi dilakukan dengan menggunakan alamat email dan nantinya kamu akan disuruh untuk mengisi username serta kata sandi
  • Apabila proses registrasi sudah selesai, maka lakukan proses verifikasi melalui email
  • Jika sudah, buat link yang kamu butuhkan dengan cara memilih opsi add new link yang tersedia
  • Nah, kamu akan menemukan kolom yang bisa diganti namanya, seperti ‘WhatsApp Bisnis Maju’ dan langsung saja masukkan nomor WhatsApp yang kamu gunakan dengan format https://wa.me/62897123456
  • Selesai

Dengan langkah di atas, kamu sudah berhasil untuk membuat link WhatsApp menggunakan linktree. Nah, hasil link WhatsApp yang didapatkan adalah https://linktr.ee/BisnisMaju. Tentu, ketika menggunakan cara ini maka bisnis yang kamu kelola pun akan terlihat lebih menarik serta profesional.

  • Menggunakan generator

Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk membuat link WhatsApp dengan mudah adalah menggunakan generator. Cara yang satu ini tentu sangat simple karena kamu bisa membuat link secara otomatis dan sangat cepat. Selain itu, kamu pun tidak perlu menuliskan rumus seperti beberapa cara yang ditawarkan sebelumnya.

Nah, cara menggunakan generator ini sangat mudah. kamu hanya tinggal memasukkan atau menuliskan nomor WhatsApp yang digunakan dan melakukan generate. Setelah beberapa saat, kamu akan mendapatkan link WhatsApp yang bisa digunakan untuk beragam keperluan yang berbeda.

Adapun beberapa generator link WhatsApp yang bisa digunakan diantaranya adalah:

  • PostCron
  • WASAP
  • wa.link
  • wa.wizard.id

Nah, kamu tinggal memilih mana generator yang paling mudah digunakan. Jika diperlukan, lakukan pengecekan satu per satu untuk memilih generator tersebut.

Beberapa hal di atas adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat link WhatsApp dengan sangat mudah. Tentu, adanya beberapa cara akan memberikan keleluasaan pada kamu untuk memilih mana cara yang sesuai. Selain itu, dengan menggunakan link WhatsApp tersebut, pelayanan bisnis yang kamu berikan akan semakin maksimal. Semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More