Cara Aktifkan Dark mode Facebook, WhatsApp, Twitter dan Instagram

Cara Aktifkan Dark mode Facebook, WhatsApp, Twitter dan Instagram

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

trendingnesia.com Cara Aktifkan Dark mode Facebook, WhatsApp, Twitter dan Instagram – iPhone & Android dengan tampilan visual serba gelap ternyata telah menjadi tren baru untuk aplikasi Ponsel Android dan iOS saat ini. Selain karena lebih nyaman di mata, mode gelap ini juga konon bisa menghemat daya baterai sebuah ponsel. Dark mode ini sudah diadaptasi beberapa aplikasi Android dan iOS. Aplikasi tersebut antara lain Instagram, Facebook, WhatsApp, Gmail, Youtube, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan aplikasi tersebut dengan mode gelap, berikut ini akan dibahas mengenai cara mengaktifkannya.

cara instagram dark mode atau dark mode ig

instagram Dark Mode
cara instagram dark mode atau dark mode ig

Sebelum mengaktifkan Instagram dark mode, pastikan iPhone sudah menggunakan iOS 13. Hal tersebut karena fitur dark mode pada Instragam untuk iOS hanya bisa diaktifkan jika perangkat sudah mendukung fitur dark mode system wide, dimana fitur tersebut hadir bersama sistem operasi iOS 13. Jika syarat pertama ini telah terpenuhi, lakukan pengaktifan mode gelap pada perangkat.

Caranya yaitu dengan masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display dan pilih opsi Dark mode. Setelah fitur dark mode diaktifkan, pastikan Instagram versi terbaru sudah terunduh dan tentunya sudah ter-install pada perangkat. Buka aplikasi Instagram pada perangkat Anda, dan tampilan aplikasi secara default akan berubah menjadi gelap. Jika Anda ingin mengubahnya menjadi mode normal, lakukan penonaktifan mode gelap secara langsung pada pengaturan iPhone.

Lalu apakah mudah untuk mengaktifkan Instagram dark mode pada Android? Untuk mengaktifkan fitur dark mode Instagram pada Android, pastikan ponsel Anda sudah menggunakan sistem operasi Android 10. Hal ini karena Android 10 sudah mendukung fitur dark mode system wide. Anda juga bisa menggunakan fitur dark mode Instagram pada ponsel yang menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung dark mode.

Sama halnya dengan cara sebelumnya, untuk mengaktifkan fitur dark mode pada Instagram lakukan pengaktifan mode gelap di aplikasi Settings pada ponsel. Pilih Display, kemudin pilih opsi Night mode dan aktifkan. Anda harus tergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta, karena Instagram dark mode ini baru tersedia dalam versi beta.

Caranya yaitu dengan membuka Google Play Store, kemudian cari aplikasi Instagram. Klik pada halaman Instagram dan scroll hingga menemukan Join the Beta, kemudian klik. Perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi memiliki batas minimal jumlah pengikut uji coba beta. Jumlah slot yang penuh dapat dilihat dari pesan yang dibuat pihak penyedia.

Jika Anda sudah berhasil bergabung dalam uji coba beta, lakukan pengunduhan aplikasi Instagram dalam versi beta. Aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan dark mode setelah proses instalasi selesai.

cara dark mode WhatsApp

WhatsApp Dark Mode
cara dark mode whatsapp

Selain Instagram, WhatsApp juga dikabarkan memberikan pembaruan lagi. Pembaruan tersebut berupa penawaran fitur Dark mode yang hadir selama obrolan. Pembaruan estetika ini dapat mengubah platform pengiriman pesan untuk 1,5 miliar penggunanya nanti. Tidak hanya Instagram dark mode, aplikasi olah pesan gratis juga mengharapkan dampak ketegangan pada mata penggunanya dapat dikurangi dengan dark mode ini.

WhatsApp memulai pengerjaan fitur dark mode ini pada bulan September tahun lalu. Namun, belum ada tanggal rilis yang resmi untuk pembaruan tersebut dan hanya pengguna tertentu saja yang dapat melakukan pengetesan pada versi beta. Walaupun demikian, Anda bisa mencoba menggunakan WhatsApp Dark mode meskipun fitur ini belum dirilis secara resmi.

Anda bisa mencoba melakukannya dengan mengatur ponsel Anda. Langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi Settings pada ponsel dan pilih opsi “tentang ponsel”. Gulir ke bawah sampai menemukan “build number”. Klik tujuh kali pada bagian nomor tersebut, dan lakukan hingga muncul notifikasi “mode pengembang telah diaktifkan”. Cara yang dilakukan pada Instagram dark mode cukup berbeda dengan cara ini.

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan opsi “override force-dark”. Opsi ini digunakan untuk memastikan bahwa tema gelap ini juga diaplikasikan pada WhatsApp. Untuk mendapatkan kesan WhatsApp Dark mode yang sebenarnya, lakukan pemilih background dengan warna gelap.

Bagi Anda yang sudah menggunakan iOS 13 Public Beta, mode gelap bisa dengan mudah diaktifkan. Caranya yaitu dengan mengatur pada bagian Brightneess and Display dan lakukan pengaktifan mode gelap. Pengaktifan dark mode juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur smart inverse, dimana fitur ini bisa mengubah warna layar dari terang menjadi gelap.

Meskipun terbilang berbeda dengan Instagram Dark mode pada iOS, pengaktifan dark mode pada fitur smart inverse sama saja, yaitu diaktifkan melalui aplikasi Settings. Pilih opsi accessibility – display accommodations kemudian pilih smart inverse. Gunakan background WhatsApp berwarna gelap untuk mendapatkan fitur dark mode yang lengkap.

cara dark mode Facebook Mesengger

aktifkan Dark Mode
cara dark mode facebook mesengger

Aplikasi lain yang bisa menggunakan mode gelap adalah facebook messenger. Aplikasi pesan instan buatan facebook ini ternyata mulai mengadopsi dark mode. Berbeda dengan aplikasi lain, dark mode pada aplikasi chatting facebook dapat diaktifkan dengan cara yang terbilang unik. Dengan mengirim emoji ke pengguna lain, Anda sudah bisa menikmati mode gelap pada aplikasi messenger ini.

Untuk mendapatkan tampilan yang gelap seperti Instagram Dark mode, Emoji yang dikirim harus bulan sabit. Saat terkirim, secara otomatis tampilan Messenger akan berubah menjadi serba gelap. Ketika Anda berhasil mengaktifkan mode gelap, sebuah pesan pop-up akan muncul. Pesan ini berisi sebuah informasi yang memberitahukan bahwa fitur terkait masih dalam proses pengembangan. Cara mengaktifkan dark mode ini bisa digunakan oleh pengguna Messenger di iOS maupun Android. Namun perlu diketahui bahwa fitur dark mode Messenger masih dalam tahap uji coba.

cara dark mode Twitter

Sosial Media Dark Mode
cara dark mode twitter

Layaknya Instagram, twitter juga menawarkan fitur baru berupa mode gelap pada tampilannya. Dark mode ini akan mengubah background feed pengguna hitam, tidak lagi biru atau abu-abu seperti sebelumnya.

Twitter pertama kali memperkenalkan mode gelap pada tahun 2016. Berbeda halnya dengan Instagram Dark mode, pengguna twitter banyak yang mengeluhkan tampilan yang ditawarkannya tidak cukup gelap. Banyak pengguna yang mengatakan bahwa pemberian warna biru dan abu-abu tidak memberikan efek gelap. Twitter kemudian melakukan pembaruan dengan menawarkan 3 jenis opsi, yaitu Dim, Lights Out dan Automatic.

Dim akan mengubah tampilan twitter menjadi biru dan abu-abu, sedangkan Lights Out akan mengubah tampilan menjadi hitam. Untuk pilihan automatic sendiri akan secara otomatif mengaktifkan mode gelap yang dipilih pada saat matahari terbenar.

Cara mengaktifkan dark mode pada twitter ini cukup berbeda dengan cara mengaktifkan mode gelap pada WhatsApp, Facebook Messenger dan Instagram Dark mode. Untuk mengaktifkannya pada twitter, lakukan swipe ke kanan dari halaman utama, pilih Settings. Pada menu settings pilih ‘Display and Sound’, kemudian pilih mode gelap yang Anda inginkan.

Penggunaan mode gelap pada aplikasi yang banyak digunakan akan memberikan kenyamanan tersendiri. Bagi mereka yang tidak banyak menggunakan aplikasi pada ponsel dengan alasan mata mudah lelah, kini dapat teratasi dengan fitur dark mode ini. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengaktifkan mode gelap pada WhatsApp, Facebook Messenger, twitter, dan Instagram Dark mode. Semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda