Dean Jika tanganmu tidak mampu membalas suatu kebaikan maka perbanyaklah lisanmu dengan ucapan terimakasih.” (Imam Ali bin Abi Thalib ra ) menekuni dunia online dan menulis informasi yang baik demi kemajuan trendingnesia.com

Begini Cara Hapus Cache iPhone, Dijamin Berhasil!

13. Cara Hapus Cache iPhone

Bagi pengguna baru iPhone, mungkin kamu akan merasa bingung bagaimana cara hapus cache iPhone. Berbeda dengan perangkat Android yang menyediakan opsi hapus cache, pada IOS tidak ada opsi untuk yang satu ini.

Nah, di sini kamu bisa belajar cara hapus cache untuk iOS. Namun, sebelum menuju topik utama, ketahui dulu pengertian cache itu sendiri.

Apa itu Cache? 

Secara sederhana, cache dapat diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh sistem ataupun browser untuk menyimpan data maupun informasi sementara sehingga berdampak pada proses loading yang jauh lebih cepat daripada seharusnya.

Misalkan saja ketika kamu sering membuka aplikasi Instagram, secara otomatis sistem pada sebuah sistem operasi akan menyimpan cache sehingga ketika membuka aplikasi tersebut pada lain waktu, waktu tunggu untuk loading tidak lama.

Contoh lainnya misalkan saja kamu melihat video di Twitter, sistem akan menyimpan video tersebut dalam cache sehingga ketika nantinya kamu memutar video yang pernah kamu tonton, kamu tidak akan menunggu lama loading video tersebut.

Ini sebenarnya merupakan salah satu keuntungan tersendiri bagi kamu. Namun, hal ini bisa menjadi masalah jika dibiarkan terus menerus karena file cache lama lama akan membesar dan membuat ruang penyimpanan jadi penuh.

Perlukah Menghapus Cache? 

Dalam beberapa kasus, cache kerap jadi penyebab smartphone menjadi lemot atau loading lama. Untuk itu, sangat disarankan untuk sesekali menghapus cache iPhone untuk mempercepat kinerja sehingga kamu tetap nyaman untuk menggunakannya. Namun, sebuah sumber manyatakan jika sebaiknya jangan terlalu sering menghapus cache.

Setelah mengetahui pengertian dan apakah sebuah cache di iPhone perlu dihapus atau tidak, mari kita bahas topik utama yakni tentang bagaimana cara membersihkan cache iPhone. Ini dia beberapa caranya:

Cara Hapus Cache iPhone

Dikutip dari halaman resmi Apple, sebenarnya Apple sudah memiliki sistem yang bisa menghapus cache secara otomatis sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan penghapusan cache.

Namun, jika kamu ingin melakukan pembersihan cache secara manual, kamu dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini:

Baca juga :  6 Aplikasi Merubah Baground Foto, Solusi Foto Menjadi Lebih Menarik

Membersihkan Cache iPhone Pada Situs Web

Jika kamu sering melakukan kegiatan browsing, umumnya browser akan menyimpan banyak cache. Nah untuk membersihkannya, kamu harus mengakses menu pengaturan (klik ikon bergerigi pada iPhone kamu), lalu scroll ke bawah hingga kamu menemukan tulisan “Safari”, setelah ketemu, klik opsi tersebut. Step selanjutnya adalah mencari dan memilih opsi “Bersihkan Riwayat dan Data Situs”.

Sementara jika kamu menggunakan web browser yang lainnya, kamu bisa melakukan step-step serupa untuk menghilangkan cache pada browser iPhone.

Lalu, bagaimana membersihkan cache iPhone yang ada di aplikasi?

Cara Membersihkan Cache iPhone di Aplikasi

Cara bersihkan cache di iPhone yang selanjutnya adalah  melalui penyimpanan setiap aplikasinya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tuju menu setting dengan klik ikon gerigi pada layar iPhone
  2. Setelah masuk menu pengaturan, cari pilihan “kata sandi & akun”
  3. Pilih salah satu aplikasi yang ingin hapus cachenya
  4. Jika sudah, pilihlah opsi “Hapus Riwayat & Data”
  5. Cache setiap aplikasi akan terhapus

Apakah cara untuk membersihkan memori iPhone dari cache hanya itu saja? Tentu saja tidak. Kamu bisa juga membersihkannya melalui foto dan video. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa step yang bisa kamu lakukan.

Cara Hapus Cache di iPhone Melalui Foto dan Video

Untuk menghapus cache iPhone lewat foto dan video, caranya cukup simple. Kamu hanya tinggal buka pengaturan, lalu pilihlah opsi foto atau video lalu hapus file file foto atau video yang masih tersimpan di backup 30 hari dan kamu hanya tinggal mengikuti perintah selanjutnya dari penghapusan ini. Caranya cukup mudah bukan?

Cara Menghapus Cache iPhone Lewat Install Ulang Aplikasi

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan  menginstall ulang aplikasi yang memiliki konsumsi penyimpanan terbesar. Risiko dari alternatif cara yang satu ini adalah kamu perlu untuk log-in ulang aplikasi tersebut. Jika kamu ingin menggunakan alternatif ini, berikut ini step-nya :

  1. Klik ikon bergerigi pada iPhone kamu untuk mengakses menu pengaturan
  2. Jika sudah masuk di pengaturan, silakan untuk mencari pilihan “umum” atau “general”
  3. Scroll ke bawah hingga kamu temukan pilihan “Penyimpanan iPhone”
  4. Lihat mana aplikasi yang sudah memakan banyak penyimpanan. Kamu bisa uninstall dari aplikasi dengan size terbesar dulu
  5. Hapus aplikasi tersebut
  6. Jika sudah berhasil dihapus, kamu tinggal mengunduhnya ulang lalu login ulang. Cara ini memang terkesan ribet namun patut dicoba.

Nah itulah keempat tips membersihkan cache iPhone. Selain cara tersebut, kamu juga bisa memuat ulang perangkat kamu. Memuat ulang perangkat hanya akan menghapus data sementara yang memiliki sifat ringan. Contohnya kode atau perintah yang berjalan di iPhone kamu. Cara memuat ulang tiap iPhone berbeda – beda tergantung seri iPhone yang kamu miliki.

Baca juga :  Cara Restart HP OPPO Mudah dan Cepat, Dengan atau Tanpa Tombol Fisik

Kapan Waktu yang Tepat untuk Clear Cache? 

Sangat mungkin bagi kamu untuk merasa bingung kapan waktu terbaik untuk menghapus cache di iPhone. Terkait pertanyaan ini, ada dua waktu terbaik untuk clear cache iPhone.

Yang pertama tentu saja ketika kamu merasa penyimpanan pada iPhone kamu sudah mulai penuh dan merasa kinerja dari iPhone yang kamu miliki sudah mulai melambat. Waktu terbaik yang ke dua adalah saat kamu ingin mengembalikan setelan aplikasi pada setelan default pabrik.

Nah itulah cara hapus cache iPhone yang wajib iPhone user ketahui. Salah satu pertanyaan yang sering muncul yang masih berkaitan dengan cache iPhone adalah penggunaaan aplikasi peningkatan kinerja yang ditawarkan sejumlah aplikasi.

Ya, memang benar di Apple Store ada banyak aplikasi untuk meningkatkan kinerja, namun sebaiknya kamu tidak perlu untuk menggunakan aplikasi tersebut karena umumnya tidak akan berjalan dengan semestinya. Lebih baik kamu menghapusnya secara manual atau otomatis resmi dari Apple.

Lalu, selain menghapus cache, apalagi yang harus dilakukan untuk bisa meningkatkan kinerja iPhone?

Cara Meningkatkan Kinerja iPhone

Menonaktifkan Layanan Lokasi di Aplikasi yang Tidak Perlu GPS

Cara pertama untuk tingkatkan kinerja iPhone adalah memastikan semua layanan lokasi di aplikasi aplikasi yang tidak membutuhkan GPS mati. Hal ini tentu saja karena sebenarnya hal ini tidak dibutuhkan, namun layanan lokasi nyala bisa menguras baterai dan juga kinerja iPhone.

Mengurangi Fitur Animasi

Cara selanjutnya adalah mengurangi fitur animasi seperti Parallax dan peningkatan kontras. Untuk menonaktifkan fitur yang satu ini, kamu perlu untuk datang ke panel accesabilityaccesability pada pengaturan umum iPhone kamu.

Menonaktifkan “Background App Refresh”

Kamu mungkin sekali lupa menutup aplikasi yang sebelumnya kamu buka. Jika kasusnya seperti ini, aplikasi akan tetap berjalan meskipun kamu tidak menggunakannya sehingga kinerja iPhone menjadi melambat. Nah untuk itu, kamu bisa menonaktifkan “Background App Refresh” pada menu pengaturan.

Nah selain dengan cara hapus cache di iPhone, itu dia tadi beberapa tips untuk membuat kinerja iPhone kamu meningkat. Selamat mencoba, semoga berhasil.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">
Dean Jika tanganmu tidak mampu membalas suatu kebaikan maka perbanyaklah lisanmu dengan ucapan terimakasih.” (Imam Ali bin Abi Thalib ra ) menekuni dunia online dan menulis informasi yang baik demi kemajuan trendingnesia.com