trendingnesia.com
situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Inilah Cara Mudah Menghapus Akun Tokopedia Sebagai Penjual

Hapus Toko di Tokopedia

Trendingnesia -Cara Menghapus Akun Tokopedia Sebagai Penjual- Memiliki akun Tokopedia sebagai penjual yang bermasalah, pasti bingung bagaimana cara menghapus tokonya. Banyak alasan kenapa penjual di Tokopedia menutup akun tersebut.

Ingin menghapus akun Tokopedia sebagai penjual? Simak bagaimana cara menghapus akun Tokopedia dengan mudah dan simple di bawah ini.

Apa Itu Tokopedia

Menurut Wikipedia, Tokopedia adalah media perdagangan jual beli online yang paling populer nomor dua di Indonesia. Anda pasti kenal yang namanya Tokopedia, kan? Banyak orang yang ingin menutup akun tokonya di Tokopedia karena beberapa alasan.

 

Alasan Menghapus Akun Penjual di Tokopedia

Berikut alasan penjual menghapus akun toko di Tokopedia secara umum:

1. Takut Membagikan Identitas

Sebelum menjual di Tokopedia, penjual harus memverifikasi bahwa dia benar-benar layak sebagai penjual di Tokopedia. Jadi penjual tersebut harus memberikan identitas dengan sebenarnya berdasarkan KTP atau KK.

Bagi sebagian orang mungkin merasa risih dengan memberikan identitas tersebut. Tidak ada salahnya jika kita ingin menutup akun toko di Tokopedia agar tidak diketahui oleh siapapun meskipun admin Tokopedia itu sendiri.

2. Memiliki Banyak Akun yang Sama

Ketika ingin memiliki toko yang banyak pembeli, biasanya orang menggunakan trik untuk membuat akun banyak di Tokopedia. Tujuannya adalah untuk membanjiri produk yang dijual agar banyak pembeli.

Banyak akun ternyata membuat kita bingung tentang mana yang lebih diprioritaskan. Pendaftaran menggunakan identitas pun juga dibatasi. Lalu bagaimana cara menghapus akun Tokopedia yang kebanyakan akun? Simak penjelasannya di halaman berikutnya ini.

3. Memiliki Masalah dengan Pembeli

Akun Tokopedia Anda menjual produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli? Atau sedang dikejar-kejar pembeli? Mungkin saja Anda memiliki alasan privasi.

Biasanya penjual merasa tidak nyaman karena pembelinya memberikan feedback buruk. Bisa jadi feedback yang diberikan tidak sesuai dengan penjual. Dari situlah alasan mengapa penjual menghapus akun tokonya.

 

Bagaimana Cara Menghapus Akun Tokopedia

1. Melalui Aplikasi Android

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam menghapus toko di Tokopedia yaitu dengan menggunakan HP Android. Ada beberapa cara yang bisa dikerjakan dan sementara kita berfokus pada HP Android untuk menghapus akun sebagai penjual.

  1. Pastikan punya aplikasi Tokopedia atau download dulu aplikasinya di play store.
  2. Silakan login dengan akun toko penjual tersebut.
  3. Masuk ke pengaturan aplikasi Tokopedia dan cari manajemen akun
  4. Pilih batalkan sebagai toko atau penjual.
  5. Konfirmasi dan selesai.

2. Menggunakan Laptop (Website)

Cara kedua yaitu dengan menggunakan laptop pada browser seperti Google Chrome. Sebelumnya, pastikan Anda memiliki aplikasi browser seperti Google Chrome atau Opera. Langkah selanjutnya menghapus akun Tokopedia ikuti panduan di bawah ini :

  1. Silakan buka halaman www.tokopedia.com di browser kamu.
  2. Silakan login menggunakan akun yang akan dihapus.
  3. Setelah itu masuk ke halaman dashboard Tokopedia
  4. Cari di menu pengaturan toko biasanya ada di bagian atas halaman.
  5. Pilih ‘Informasi Toko’
  6. Pilih menu ‘Status toko’
  7. Di kolom ‘Atur jadwal toko’, Anda bisa mencentang dengan tulisan ‘Tutup toko sekarang’
  8. Yang terakhir adalah memberi alasan mengapa Anda menutup toko.
  9. Kirimkan dan selesai

3. Hubungi CS

Solusi terakhir dan paling manjur adalah menghubungi customer service Tokopedia. Bisa saja Anda menghapus akun tersebut secara mandiri. Namun, cara paling akurat adalah menghubungi customer service Tokopedia itu sendiri.

Terdapat dua cara untuk menghubungi customer service Tokopedia agar toko bisa terhapus. Kedua cara tersebut yaitu  menggunakan website resmi dan melalui Facebook. Adapun link untuk menghubungi customer service yaitu:

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/help/form

Facebook : Facebook: https://www.facebook.com/tokopedia

Kesimpulan

Terdapat tiga alasan dan tiga cara menghapus akun Tokopedia sebagai penjual. Cara menghapus akun Tokopedia, pertama menggunakan aplikasi Android, browser di laptop dan yang terakhir adalah dengan menghubungi langsung customer service Tokopedia.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda