4 Cara Root Android Nougat, Solusi Buat yang Mau Ngoprek

Sistem operasi Android Nougat merupakan produk dari Google yang ditujukan untuk perangkat Android. Versi ini menyuguhkan beragam tambahan dan perbaikan fitur yang lebih unggul dibandingkan versi sebelumnya. Bagi pengguna yang ingin lebih lagi mengeksplor atau biasa yang dikenal dengan sebutan oprek bisa lakukan cara root android Nougat yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bukanlah hal yang mengherankan bahwa banyak pengguna yang melakukan pembaruan sistem pada perangkat HP mereka. Prosedur rooting Android Nougat dapat dijalankan tanpa perlu menggunakan komputer. Berikut adalah cara-cara yang dapat diikuti oleh pengguna untuk melakukan root pada sistem operasi android Nougat.

1. Menggunakan Aplikasi Towelroot

Rooting perangkat Android Nougat dapat dilakukan dengan memanfaatkan Towelroot. Aplikasi ini awalnya ditujukan untuk root perangkat dengan sistem Android Lollipop atau Marshmallow, namun juga dapat diterapkan pada sistem diatasnya, termasuk Android Nougat. Untuk melakukan rooting dengan Towelroot, ada beberapa langkah yang dapat diikuti oleh pengguna, berikut penjelasan step by stepnya:

  • Silakan unduh Towelroot pada perangkat seluler yang digunakan. Situs resmi penyediaan dapat diakses untuk melakukan pengunduhan.
  • Setelah berhasil mengunduh, lakukan proses instalasi perangkat lunak.
  • Pastikan untuk memeriksa pengaturan keamanan perangkat dan pastikan bahwa opsi Sumber Tidak Dikenali dicentang jika pilihannya untuk mengijinkan. Tunggu hingga proses instalasi selesai sepenuhnya.
  • Setelah instalasi selesai, buka Towelroot dan cari opsi Mod Strings. Pilih opsi tersebut dan tekan make it ra1n.
  • Terakhir, restart perangkat untuk menyelesaikan proses rooting.

2. Menggunakan Aplikasi Kingroot

Proses rooting Android Nougat dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Kingroot, yang dapat diakses baik melalui perangkat seluler maupun komputer. Pembahasan kali ini akan fokus pada penggunaan aplikasi Kingroot di perangkat seluler. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan proses rooting pada perangkat Android Nougat menggunakan Kingroot di ponsel:

  • Dapatkan aplikasi Kingroot dengan mengunduhnya dari sumber yang terpercaya.
  • Selanjutnya, lakukan instalasi aplikasi ini pada perangkat ponsel yang digunakan.
  • Setelah berhasil terpasang, jalankan aplikasi dan cari opsi One Click Root.
  • Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama dan tunggu proses rooting hingga selesai.
  • Setelah selesai, pastikan untuk merestart ponsel agar sistem Android dapat diperbarui dengan baik.
Baca juga :  Cara menulis di WPS via HP android yang bisa anda terapkan

3. Menggunakan SuperSU

Cara root android Nougat berikutnya, pengguna dapat memanfaatkan SuperSU untuk melakukan proses rooting pada perangkat HP mereka. SuperSU adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Chainfire, yang berguna bagi pengguna untuk mendapatkan akses rooting pada perangkat Android mereka. Adapun untuk penjelasan atau perincian step by step nya bisa simak berikut di bawah ini:

  • Sebelum memasang file recovery, pastikan ponsel telah dipasangi Custom Recovery terlebih dahulu, seperti CWM, TWRP, atau yang sejenis.
  • Setelah Custom Recovery terpasang, ponsel secara otomatis akan masuk ke mode recovery yang sesuai dengan jenis Custom Recovery yang dipasang.
  • Selanjutnya, siapkan file zip SuperSU yang dapat diunduh melalui browser. Tempatkan file tersebut di luar folder.
  • Setelah memasuki mode recovery, pilih opsi Install atau Install from Zip dan pilih file SuperSU.zip.
  • Pengguna dapat melakukan reboot setelah proses rooting berhasil.

4. Dengan Menggunakan Root Genius

Cara selanjutnya untuk root perangkat Android Nougat adalah dengan menggunakan Root Genius. Proses ini memerlukan koneksi ke komputer pengguna untuk berhasil. Berikut adalah panduan lengkap untuk melakukan rooting menggunakan Root Genius pada perangkat Android Nougat:

  • Silahkan mengunduh Root Genius di PC. Selanjutnya, carilah aplikasi tersebut melalui windows explorer untuk melakukan proses unduhan.
  • Setelah berhasil diunduh, lakukan proses pemasangan. Pastikan untuk mematikan antivirus agar proses pemasangan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
  • Setelah pemasangan selesai, buka aplikasi dan hubungkan perangkat HP dengan PC menggunakan kabel USB yang tersedia.
  • Pada tahap berikutnya, silahkan centang kotak yang berisi tulisan I Accept. Kemudian, tekan tombol Root It untuk memulai prosesnya.
  • Sistem akan mulai memproses perangkat. Jika proses telah selesai, user akan melihat aplikasi Kinguser muncul di ponsel.
Baca juga :  3 Aplikasi Convert Terbaik untuk Android: Kelebihan, Fitur, Spesifikasi

Nah itulah cara root android Nougat. Jadi ada 4 cara yang bisa dilakukan, silahkan sesuaikan dengan kondisi atau device yang dimiliki pengguna. Pastikan untuk mengikuti step by stepnya dengan urut agar proses rooting bisa sukses.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">