2 Cara Membuka WiFi yang Diblokir Tanpa Aplikasi Tambahan

Sambungan WiFi yang tiba tiba hilang ataupun tidak dapat terdeteksi biasanya perangkat tersebut telah diblokir oleh pihak WiFi. Cara membuka wifi yang diblokir tanpa aplikasi ini menjadi salah satu solusi agar dapat terkoneksi kembali.

Seperti yang telah diketahui bahwa, jika perangkat tidak dapat tersambung WiFi tentu pengguna akan merasa panik dan ingin segera mengetahui bagaimana solusinya. Namun jika tidak ingin menambah isi ruang penyimpanan, ternyata masih ada cara lain yang bisa dilakukan.

Sehingga masalah tersebut akan dapat segera teratasi. Kemudian, perangkat akan dapat tersambung kembali dengan WiFi tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara yang bisa dilakukan berikut ini:

1. Melalui Command Prompt

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka blokir WiFi tanpa dengan adanya bantuan aplikasi yakni pengguna bisa memanfaatkan sebuah fitur command promot. Dimana, CMD ini memang memiliki peran penting dalam hal pengaturan jaringan.

Sebenarnya langkah yang harus dilakukan tidaklah rumit. Pengguna hanya perlu mengikuti tahapan berikut ini:

  • Buka desktop dan tekan Win+R, kemudian masukkan perintah CMD.
  • Tekan Enter.
  • Atau, Anda dapat mencari aplikasi CMD melalui tombol Start, lalu klik kanan dan pilih “Run as Administrator” untuk membuka fitur admin.
  • Setelah terbuka, masukkan perintah “netsh wlan show filters” dan tekan Enter untuk mengeksekusi cara membuka blokir dari CMD.
  • Anda akan melihat informasi mengenai Mac Address yang pernah Anda blokir.
  • Anda dapat melepaskan status tersebut dengan perintah “netsh wlan delete filter” untuk membuka semua perangkat.
  • Untuk membuka sebagian, tambahkan perintah khusus seperti “permission = block ssid = nama jaringan WiFi type = infrastructure”.
  • Tekan Enter, dan tunggu proses pencopotan status terblokir terlepas.
Baca juga :  6 Aplikasi Cek Plagiasi, Solusi Anti Plagiat Cocok Untuk Skripsi

2. Melalui Konfigurasi Modem

Cara membuka wifi yang diblokir tanpa aplikasi yang kedua, pengguna bisa memanfaatkan sebuah fitur konfigurasi modem. Konfigurasi modem ini memang mengatur terkait dengan modem yang digunakan.

Sehingga akan berpengaruh dengan jaringan yang tersambung tersebut. Langkah yang harus dilakukan sebenarnya tidaklah rumit. Pengguna hanya perlu mengikuti tahapan berikut:

  • Hubungkan perangkat Anda ke jaringan WIFI yang ingin Anda buka blokirannya. Ini dapat dilakukan melalui ponsel pintar, komputer, atau laptop.
  • Buka browser pada perangkat Anda dan cari IP address modem WIFI dengan mengetikkan 192.168.100.1 di bar alamat, kemudian tekan Enter.
  • Ketika halaman Login muncul, masukkan username dan password untuk akun WIFI Anda.
  • Setelah berhasil login, navigasikan ke menu Security yang terletak di bagian atas layar.
  • Selanjutnya, pilih submenu MAC filter configuration.
    Modem akan menampilkan daftar perangkat yang telah diblokir.
  • Untuk membuka blokir, cukup centang kotak di samping alamat MAC perangkat yang ingin Anda izinkan.
  • Kemudian klik opsi Delete untuk menghapus perangkat dari daftar blokir.
  • Setelah selesai, perangkat tersebut dapat kembali terhubung ke jaringan WIFI.

Selain digunakan untuk mengatasi pemblokiran akses, tindakan-tindakan tersebut juga memiliki kemampuan untuk menonaktifkan koneksi perangkat yang terhubung dengan jaringan nirkabel. Strategi ini melibatkan penambahan alamat MAC perangkat yang terhubung ke dalam konfigurasi filter MAC.

Itulah uraian terkait dengan cara membuka wifi yang diblokir tanpa aplikasi. Dimana, cara ini bisa dilakukan baik itu melalui fitur command prompt ataupun melalui sebuah konfigurasi modem.

Pengguna bisa pilih salah satu cara yang dirasa mudah untuk dilakukan. Tentunya dengan menggunakan salah satu cara tersebut, maka jaringan internet akan dapat tersambung kembali ke perangkat yang digunakan tersebut.

Baca juga :  Hemat Biaya Internet dengan Internet Rumah Unlimited
lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">