trendingnesia.com
trendingnesia.com adalah situs yang membahas informasi trending topic di indonesia, berbagi berita terkini, di media sosial, inspirasi dan tips trik.

Catat Jamnya! Gerhana Bulan Penumbra Bakal Terjadi Besok, 11 Januari 2020

Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi pada Sabtu 11 Januari 2020

0 82

Beberapa waktu lalu, Indonesia sempat di sambangi peristiwa dan fenomena alam yaitu Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada Kamis 26/12/2019.

Dan kini, Indonesia kembali mendapatkan kenikmatan dari alam, yakni fenomena Gerhana Bulan Penumbra.

Gerhana ini di perkirakan bakal terjadi pada Sabtu 11/01/2020 yang dapat disaksikan di Seluruh wilayah Indonesia. Dengan catatan “tidak tertutup oleh awan dan hujan”.

Buat yang belum tau, Gerhana Bulan merupakan suatu kejadian yang dimana cahaya matahari terhalang oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Sedangkan Gerhana Bulan Penumbra adalah suatu peristiwa dimana bulan masuk ke wilayah penumbra bumi. Penumbra sendiri merupakan bayangan kabur ketika terjadi nya fenomena gerhana.

Ilustrasi terjadi nya Gerhana Bulan Penumbra | Sumber: BMKG

Berdasarkan informasi yang di dapat dari BMKG, bahwa fenomena ini akan terjadi pada dini hari nanti, tepat nya pukul 00.57 WIB gerhana pertama di mulai.

Dan pada pukul 02.10 WIB terjadinya puncak dari gerhana itu. Di lanjut pada pukul 04.14 WIB fenomena gerhana bulan ini berakhir.

Selain di Indonesia, seluruh proses terjadi nya gerhana juga dapat dilihat di negara-negara Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia seperti dituliskan di website resmi milik BMKG.

Proses terjadi nya gerhana pada saat Bulan terbit dapat dilihat di negara Afrika bagian barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian timur laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian timur.

Sementara itu, proses gerhana pada terbenam nya Bulan dapat diamati di negara Amerika Utara bagian barat laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur.

Sayangnya, gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian timur.

Di tahun 2020 ini, diperkirakan setidaknya akan terjadi 6 kali fenomena gerhana. Empat kali Gerhana Bulan dan Dua kali Gerhana Matahari.

Yang pertama kali ada Gerhana Bulan Penumbra atau GBP yang terjadi pada 11 Januari dan dapat di saksikan di Indonesia. Kemudian Gerhana Bulan Penumbra yang kembali terjadi pada 06 Juni 2020.

Lanjut di susul dengan Gerhana Matahari Cincin atau GMC terjadi pada 21 Juni 2020 yang merupakan Gerhana Matahari sebagian.

Kemudian Gerhana Bulan Penumbra pada 05 Juli 2020 yang tidak dapat disaksikan di Indonesia.

Lalu terjadi lagi Gerhana Bulan Penumbra pada 20 November 2020.

Dan yang terakhir ada Gerhana Matahari Total atau GMT pada 14 Desember 2020 yang tidak dapat di amati Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Silahkan isi komentar Anda

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More