Laptop Kemasukan Air? Tenang, Ini Cara Penangannya

Situasi yang tidak diinginkan seperti laptop kemasukan air atau terkena tumpahan cairan memang sangat tidak diharapkan. Ini menjadi peristiwa yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat elektronik dengan cepat karena risiko konsleting komponen listrik yang tinggi.

Setelah mengetahui bahwa laptop terkena air, langkah-langkah penting harus segera diambil untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin timbul. Dengan penanganan yang tepat, ada kemungkinan bahwa laptop masih dapat diselamatkan dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Yuk, lanjut baca untuk informasi lebih lanjut.

1. Matikan Laptop

Saat menyadari bahwa laptop terkena air, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan laptop segera dan mencabut kabel charger atau baterainya. Pastikan juga untuk melepaskan kabel laptop yang masih terhubung ke stop kontak untuk menghindari risiko korsleting yang dapat menyebabkan kerusakan serius.

Jika diperlukan, segera letakkan laptop dalam posisi terbalik untuk mencegah genangan air dan memungkinkan air keluar dari celah-celah komponen. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi risiko air masuk ke bagian dalam yang krusial seperti motherboard dan harddisk.

2. Lepas Semua Aksesoris yang Terpasang

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa semua perangkat atau aksesoris yang terhubung ke laptop saat penggunaan sebelumnya dilepaskan. Ini termasuk flashdisk, earphone, mouse bluetooth, atau perangkat lain yang terhubung melalui port USB laptop.

Selain untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat lain, langkah ini juga mempermudah proses pembersihan. Dampak kerusakan yang lebih besar tentunya tidak diinginkan dan harus dihindari sebisa mungkin.

Baca juga :  4 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop, Solusi Jika Ingin Mengembalikannya Lagi

3. Keringkan Air yang Tersisa

Setelah itu, langkah berikutnya dalam penanganan laptop kemasukan air adalah membersihkan area yang terkena cairan dengan menggunakan tisu, kapas, atau kain yang tersedia. Meskipun mungkin sulit untuk mencapai celah-celah sempit, tetapi usaha membersihkannya tetap diperlukan.

Dalam situasi ini, sangat penting untuk segera mengeringkan sisa air yang masih basah sebelum meresap ke dalam komponen. Jika langkah ini tidak berhasil membersihkan area yang terkena, langkah-langkah lanjutan akan diperlukan.

4. Bongkar Body Laptop Untuk Memeriksa Komponen di Dalam

Untuk membersihkan sisa air secara lebih efektif, langkah yang perlu diambil adalah membongkar body laptop. Namun, kebutuhan untuk langkah ini tergantung pada seberapa parahnya cairan yang tumpah, apakah dalam jumlah banyak atau hanya sedikit.

Namun, tidak ada kerugian dalam melakukan pembongkaran untuk membersihkan bagian dalam yang tidak dapat dijangkau oleh pembersihan dari luar. Tindakan ini juga memberikan kesempatan untuk memeriksa area mana yang mungkin terkena dampak dari tumpahan air.

5. Diamkan Beberapa Saat

Setelah memastikan bahwa laptop sudah bebas dari air, sebaiknya tidak segera menyalakannya kembali. Lebih baik diamkan terlebih dahulu setidaknya beberapa jam ke depan agar komponen benar-benar kering dari kelembapan yang disebabkan oleh air yang tumpah sebelumnya.

Diamkanlah laptop selama 8-10 jam sambil dibiarkan terkena angin untuk memastikan bahwa proses pengeringan berlangsung dengan sempurna. Jika perlu, pengguna dapat menggunakan kipas angin atau alat pengering rambut untuk mempercepat proses tersebut. Setelah itu, pasang kembali body laptop seperti semula.

6. Bawa ke Tempat Service

Setelah menyelesaikan semua langkah penanganan awal, cobalah untuk menyalakan perangkat dan periksa apakah ada tanda-tanda yang mencurigakan. Jika terdapat asap, bau terbakar, suara aneh dari komponen, atau perangkat tidak menyala secara normal, segera matikan kembali.

Baca juga :  4 Cara Download Video Pinterest Android, Bisa Langsung Save Dari Pinterest

Disarankan untuk segera membawa laptop ke jasa servis karena kemungkinan besar air telah merusak komponen di dalamnya. Tindakan ini penting untuk menentukan komponen mana yang terkena dampak dan kemungkinan perlu penggantian spare part.

Itulah penjelasan cara penanganan laptop kemasukan air. Disarankan untuk hati-hati dalam menggunakan laptop. Sebaiknya jangan dekat-dekat dengan sumber air karena jika laptop terkena air atau tersebut tentu akan menjadi masalah.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">