6 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sebagai salah satu cairan yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi, manfaat cuka apel untuk kesehatan ini tak perlu diragukan lagi. Seperti yang telah diketahui bahwa, cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang memang terbuat dari apel.

Cuka apel, yang dihasilkan melalui proses fermentasi sari apel, memiliki beragam manfaat yang luas dalam kehidupan sehari-hari. Selain digunakan dalam proses memasak dan sebagai pembersih untuk perlengkapan rumah tangga yang bermasalah dengan noda membandel, cairan ini juga dikenal banyak digunakan dalam perawatan kesehatan tubuh.

Namun, penting untuk mengkonsumsinya dengan tepat dan seimbang. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan berlebihan dari cuka apel.

Penasaran apa saja manfaat dari cuka apel ini untuk kesehatan tubuh manusia? Untuk itu, simak beberapa diantaranya:

1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Cuka apel memiliki manfaat pertama dalam membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat memberikan efek panjang yang berpotensi menurunkan berat badan, meskipun hasilnya tidak signifikan.

Namun, penurunan berat badan tetap memerlukan dukungan dari pola makan sehat dan aktivitas fisik. Mengandalkan cuka apel saja tidaklah cukup untuk mencapai tujuan penurunan berat badan yang efektif.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Banyak yang meyakini bahwa cuka apel memiliki potensi untuk mengurangi tekanan darah tinggi pada individu yang menderita hipertensi. Namun, hingga saat ini, bukti yang mendukung klaim ini masih terbatas pada penelitian pada hewan, dan belum ada bukti klinis yang cukup untuk menegaskan manfaatnya pada manusia.

Baca juga :  Bayi Susah Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Memberikan Perlindungan pada Sel Tubuh

Apakah Anda tahu persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan coklat? Mereka semua mengandung antioksidan polifenol, yang berperan penting dalam melindungi sel tubuh dari penyakit dan kanker.

Ternyata, polifenol juga dapat ditemukan dalam cuka apel. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang secara langsung mendukung manfaat polifenol dalam cuka apel, namun diduga bahwa manfaatnya serupa dengan yang terdapat dalam jenis makanan lain.

4. Mengendalikan Kadar Insulin

Bagi individu yang mengidap diabetes, cuka apel memiliki potensi untuk membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh. Insulin dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi sumber energi. Namun, kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan ketidakpekaan tubuh terhadap insulin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan resistensi insulin dan mengakibatkan diabetes tipe 2.

5. Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Salah satu manfaat yang paling umum diketahui dari cuka apel adalah kemampuannya untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Individu yang menderita diabetes perlu memantau kadar gula dalam darah mereka secara teratur, dan cuka apel telah terbukti membantu dalam hal ini.

Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, dengan cara memperlambat pelepasan gula dari makanan yang dikonsumsi ke dalam aliran darah. Dengan demikian, cuka apel dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula dalam darah yang tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

6. Memutihkan Gigi

Menginginkan gigi yang putih dan senyum yang menawan? Banyak yang merekomendasikan berkumur dengan cuka apel. Namun, bagi beberapa orang, asam asetat di dalamnya dapat merusak lapisan enamel gigi yang penting sebagai perlindungan.

Itulah uraian terkait dengan beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan yang bisa diketahui. Sehingga tak hanya untuk kecantikan saja, ternyata cuka apel ini cukup banyak manfaatnya bagiĀ  kesehatan.

Baca juga :  bantuan sosial untuk masyarakat kapan pkh cair tahun 2020
lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">