Cara Melihat Pemakai Wifi, Solusi Untuk Mencegah Kebobolan

Dalam era yang terkoneksi secara digital ini, akses Wi-Fi menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Namun, seringkali merasa curiga terhadap siapa yang menggunakan jaringan Wi-Fi. Jika ingin mengetahui cara melihat pemakai WiFi di jaringan, maka akan dibahas berikut ini.

Seperti yang diketahui bahwa ketika pasang wifi namun banyak penyusup yang secara tidak langsung memakai wifi ini, maka pengguna akan mencari tahu siapa saja yang menggunakan wifi ini. Bagi yang penasaran maka bisa simak selengkapnya dibawah ini:

Cara Melihat Pemakai WiFi Tanpa Aplikasi

Sekarang, jaringan nirkabel atau yang sering disebut wifi telah menjadi salah satu sarana komunikasi yang sangat diminati oleh masyarakat. Kenapa? Karena aksesnya yang tanpa batas kuota dan bisa digunakan kapan saja.

Namun, terkadang kecepatan internetnya bisa melambat. Jadi, jika ingin mengetahui siapa saja yang menggunakan jaringan wifi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan Perintah CMD

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan perintah CMD. CMD adalah singkatan dari Command Prompt, sebuah fitur pada sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai perintah pada komputer. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Mulailah dengan mengklik tombol start dan cari CMD di kolom pencarian.
  • Ketika jendela Command Prompt muncul, ketiklah perintah arp -a tanpa pengguna kutip. Pastikan penulisan sesuai dengan format yang benar, dipisahkan dengan spasi agar perintah dapat dijalankan dengan baik.
  • Jika berhasil, maka daftar semua pengguna wifi akan ditampilkan dengan jelas.
Baca juga :  cara mudah ambil no hp dan email facebook teman

2. Menambahkan Alamat IP pada Kolom URL

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, pengguna bisa mencoba menambahkan alamat IP pada kolom URL. Cara ini cukup mudah dilakukan karena hanya memerlukan alamat agar router dapat diakses. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan laptop atau komputer pengguna sudah dilengkapi dengan peramban web (browser). Kemudian buka peramban web tersebut.
  • Ketik alamat http://192.168.0.1/ di bilah alamat peramban.
  • Pengguna akan diarahkan ke halaman router untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandinya.
  • Setelah masuk, pengguna akan melihat menu pengaturan router dengan berbagai pilihan.
  • Pilihlah menu advanced, kemudian pilih MAC Filtering.
  • Terakhir, klik pada nama komputer untuk melihat daftar pengguna wifi yang terhubung.

Cara Melihat Pemakai Wifi Menggunakan Aplikasi

Pada dasarnya, para penikmat Wi-Fi bukanlah tugas yang terlampau rumit. Namun, ia lebih merintang, menyuruh bantuan aplikasi tambahan agar ppenggunangan terbuka. Berikut, daftar aplikasi yang membuka pintu itu:

1. Aplikasi FING

Penggunaan kedua mengenai penikmat Wi-Fi ialah lewat alat yang bernama FING. Aplikasi ini dipuji mampu meraba perangkat yang bersentuhan dengan Wi-Fi. Dengan tegas, perangkat yang bersentuhan akan muncul dengan lengkap, memperlihatkan jati diri dan rupa bawaan perangkat yang terhubung. Untuk mencari penikmat Wi-Fi melalui alat ini, ikuti langkah di bawah:

  • Mengunduh alat FING terlebih dahulu, kemudian memasangnya di telefon pintar.
  • Buka alat FING dan beri izin yang dibutuhkan.
  • Bila disuruh mengaktifkan lokasi, hidupkanlah.
  • Setelah itu, temukan tombol raba perangkat yang terletak di sudut atas sebelah kanan.
  • Setelah proses penjarakan selesai, para penikmat Wi-Fi yang bersentuhan akan muncul secara langsung.

2. Aplikasi WiFi Scanner

Selanjutnya, ada alat Pemindaian Wi-Fi yang punya kegunaan serupa. Aplikasi ini membolehkan pengguna melihat kronologi penikmat Wi-Fi berdasarkan hari. Berikut jalan menyelami penikmat Wi-Fi dengan alat pemindaian Wi-Fi:

  • Mulanya, unduh alat Pemindaian Wi-Fi dan pasang di perangkat Android.
  • Lalu, bukalah alat Pemindaian Wi-Fi.
  • Setelah itu, jelaskan proses penjarakan dengan mengetuk ikon pemindaian dalam menu pengaturan.
  • Jika proses penjarakan telah selesai, perangkat yang terpasang pada Wi-Fi akan terlihat.
Baca juga :  Hemat Biaya Internet dengan Internet Rumah Unlimited

Demikianlah beberapa jalan menyelami penikmat Wi-Fi yang dapat ditempuh. Sehingga, bila Internet mengalami kecepatan rendah, para pengguna bisa meneliti perangkat yang terhubung serta menutupnya agar kelancaran Internet terjamin.

lock" data-ad-client="ca-pub-3769951651532537" data-ad-slot="8665803941" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">